Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen!

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen

Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen sebenarnya apa sih perbedaannya? Apa arti komitmen? Apa arti konsisten? Apa itu konsekuen? Tenang, disini akan gue bahas dengan lengkap untuk kalian ketahui. Gambar diatas gue ambil dari salah satu blog yang gue temukan di google kok tuh udah ada referensi gambarnya dari mana. Karena gambar diatas nulis tentang komitmen dan konsisten, ya udahlah gue mau bahas itu dulu.

Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen adalah sebuah rangkaian kata yang sering kita dengar atau jangan-jangan mungkin sering banget kita bicarakan. Setuju? Udah tahu bedanya dari ketiga kata diatas? Sebenarnya, perbedaan dari kata yang ada diatas itu ga beda jauh sih, cuma kadang ada aja yang bingung ngebedain satu sama lain.

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen
Source: ini-ghozi.com

Perbedaan Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen

Sebenarnya, apa sih perbedaan komitmen dan konsisten ini? Apakah sama komitmen dan konsisten itu? Untuk kalian yang masih bingung antara perbedaan konsisten dan komitmen, silahkan kalian lihat penjelasannya dibawah ini:

Komitmen

Komitmen adalah sebuah perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu. Jadi, ketika kalian punya sebuah perjanjian atau apapun itu namanya berarti kalian sudah memiliki sebuah komitmen dan ini sepertinya mau tidak mau harus kalian jalankan. Iya, kan?

Contohnya gini, misalnya gue mau ngelanjutin kuliah S2 gue di universitas luar negeri. Terus, mau ga mau ya gue harus punya tindakan untuk mencapai itu. Misalnya, cari informasi tentang universitas tersebut. Selain itu, pasti gue nyiapin keperluan apa aja yang mau gue bawa, iya dong! Nah, kedua langkah diatas itu pasti gue ambil karena mau gue pake buat menopang pilihan tindakan gue, yaitu Melanjutkan uliah. Tindakan itu adalah sebuah KOMITMEN.

Konsisten

Arti konsisten adalah tetap (tidak berubah-ubah). Jadi kalau gue jabarin lagi nih, konsisten itu berarti sifat yang selalu memegang teguh pada prinsip yang telah di canangkan dalam diri seseorang. Contohnya untuk saat ini, misalkan kalian ingin membuat konten video tentang makanan, kalian harus terus melakukannya dengan konten tersebut.

Konsekuen

Arti konsekuen adalah sesuai dengan apa yg telah dikatakan atau diperbuat. Jadi, kalau gitu konsekuen merupkan tindakan atau ucapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Udah paham kan ya? Kalau belum paham, kebangetan sih karena udah gue jelasin juga itu semuanya secara detail. Ya emang, terkadang ketiga kata diatas (konsisten, komitmen dan konsekuen) gampang banget buat kita ucap, dan ketiga perbuatan diatas sangat sulit untuk dipahami dan dilaksanakan. Karena sikap/perbuatan itu menyangkut prinsip hidup seseorang.

FAQ

Apa yang dimaksud konsisten?

Konsisten adalah sebuah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian berhasil diraih.

Apa bedanya komitmen dengan janji?

Komitmen itu sendiri adalah menunjukan keterikatan hati dan pikiran pribadi terhadap sesuatu hal. Sedangkan janji adalah sesuatu angan yang akan diwujudkan di masa depan.

Mengapa komitmen itu perlu?

Tujuan komitmen adalah untuk memberikan sebuah jaminan sehingga sesuatu tersebut tidak berubah dimasa depan dan akan selalu tetap sesuai dengan isi komitmen.

Apa itu konsisten dalam bekerja?

Konsisten dalam bekerja berarti menjaga stabilitas kinerja tetap seimbang, dalam hal ini bekerja dengan baik sesuai dengan kemampuan dan terus menerus di lakukan tanpa rasa lelah atau penurunan baik kuantitas dan kualitas semangat maupun hasilnya.

Oia, ada yang setuju sama pengertian diatas? Kalau ga setuju, boleh komentar dibawah ya. Siapa tahu kalian punya contoh atau ada yang mau ditanyain, silahkan. Tapi, jangan tanya gampang atau ga ya untuk ngelakuin 3 kata diatas. Jawabannya, tergantung dari diri kita sendiri. Kalian kan sudah tahu apa perbedaan Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen.