aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Kode Error HTTP, Apa Sih Artinya?


By on December 22nd, 2017 in Domain Dan Hosting

Siapa diantara kalian yang sering ketemu sama yang namanya kode error http di website atau blog? Mungkin, kalian sering dapat laporan dari teman kalian ketika membuka website atau blog yang kalian miliki dan kalian ga tau apa arti kode error http yang dimaksud. Tenang, gue coba kasih tahu beberapa yang bisa gue kasih ke kalian ya :)

Kode

Error 400 : Bad Request

Kode error ini akan muncul apabila kalian salah mengetikkan alamat url situs pada address bar, sehingga server tidak dapat mengenali permintaan kalian. Silakan periksa kembali alamat situs yang ingin dituju.

Error 401 : Unauthorized

Kalau kalian menemukan atau mendapatkan laporan dengan kode seperti ini pada laman situs internet, itu artinya pengunjung situs tidak mempunyai hak akses terhadap file yang diminta karena dilindungi dengan kata kunci atau password.

Error 402 : Payment Required Error

Kode ini sebenarnya jarang terjadi, menunjukkan adanya kesalahan pada layanan pembayaran dari bagian beberapa bentuk digital cash atau skema micropayment.

Error 403 : Forbidden

Ini berarti pengunjung tidak diberi akses untuk melihat file atau data yang ada pada laman situs, baik karena data disembunyikan atau dilindungi dengan kode pemrograman tertentu. Sehingga server akan menolak permintaan tersebut.

Error 404 : Not Found

Kode error ini yang cukup terkenal di kalangan para penghobi browsing internet. Arti dari kode ini adalah data atau file yang anda minta tidak tersedia pada database laman situs tersebut. Bisa karena data sudah hilang atau terhapus.

Error 405 : Methode Not Allowed

Kode ini akan tampil jika request yang kita minta menggunakan metode yang tidak diizinkan oleh komputer server.

Error 406 : Not Acceptable

Kemunculan kode ini memberikan informasi kalau server tidak memberikan izin atau tidak dapat memenuhi perintah dari browser untuk membuka situs yang kalian minta.

Error 407 : Proxy Authentication Required

Bahwa klien harus mengotentikasi dirinya pada proxy server agar server dapat mengenali perintah dan menjalankan perintah yang diminta klien.

Error 408 : Request Timeout

Artinya koneksi kita pada laman tersebut telah diputus komputer server karena batas waktu yang diberikan telah habis. Hal ini bisa saja terjadi misalnya karena koneksi lelet, sehingga waktu yang diperlukan terlalu lama.

Error 409 : Conflict

Telah terjadi perbenturan laman situs. Seringkali hal ini disebabkan klien mengunjungi laman situs yang di mana di saat bersamaan pemilik laman situs tersebut sedang mengedit halaman yang kalian akses.

Error 410 : Gone

Jika kode ini muncul, menjelaskan kalau laman situs yang anda tuju sudah tidak aktif lagi (expired) atau kemungkinan memang sudah dihapus.

Error 411 : Length Required

Bahwa permintaan anda tidak sesuai dengan panjang isi laman dari situs yang kalian butuhkan.

Error 412 : Precondition Failed

Persyaratan gagal. Server yang dituju tidak memenuhi persyaratan atas permintaan klien. Dengan terpaksa, laman situs tak dapat ditampilkan.

Error 413 : Request Entity Too Large

Mengandung arti data yang ingin kita buka terlalu besar ukuran. Sementara komputer server tidak mampu menampilkan data dengan ukuran yang besar melebihi kapasitas komputer server itu sendiri.

Error 414 : Request URL Too Long

Alamat Url yang kita buat di address bar terlalu panjang, dan hal itu tidak dapat diproses oleh server. Tapi saat ini kode error jenis ini sangat jarang kita temui, karena alamat url yang ada saat ini sudah lebih singkat.

Error 415 : Unsupported Media Type

Menjelaskan bahwa jenis media yang kita gunakan tidak cocok atau tidak didukung oleh server. Server pun tidak akan menjalankan perintah sebab pengaturan format file yang kita buat tidak tersedia pada server. Misalnya, kita ingin mengupload video berformat MP4, sementara server menyediakan jenis format 3GP maka file yang kita upload tidak akan ditampilkan dengan muncul kode error ini.

Error 416 : Requested Range Not Satisfiable

Kode ini menjelaskan ada bagian file yang diminta klien, tetapi tidak dipenuhi oleh server karena server tidak menyediakan bagian file tersebut secara terpisah.

Jadi, sekarang kalian sudah tahu beberapa kode error http di website atau blog yang kalian temui ya. Diatas baru beberapa, masih ada yang lainnya dan mungkin bakalan disambung di artikel berikutnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Baca Juga  Semua Tentang NiagaHoster, Kamu Sudah Tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *