WP-Admin Tidak Bisa Diakses Karena Gagal Login Authentication

WP-Admin Tidak Bisa Diakses

WP-Admin tidak bisa diakses? Pasti kalian gagal login karena user authentication yang kalian masukan salah. Ini lho cara mengatasinya. Sama seperti gue pertama kali ketika mendapatkan permasalahan ini, bahkan beberapa kali mencoba dengan username dan password tetap salah dan menghasilkan authenthication failed. Gimana cara ngatasinya?

Cara Mengatasi WP-Admin Tidak Bisa Diakses WordPress

WP-Admin Tidak Bisa Diakses di WordPress

Ada beberapa hal penyebabnya, namun yang paling umum ketika muncul pesan authetication ini adalah blog atau website kalian sedang mengalami kejadian brute force attack. Apa itu? Kalian bisa cari sendiri arti lengkapnya apa, cuma singkatnya adalah banyak yang mencoba login kedalam blog atau website kalian melalui halaman wp-admin ini. Bagaimana mengatasinya?

Bersihkan Cache Browsers Kalian

Jangan terburu-buru panik, yang perlu kalian lakukan adalan mencoba terlebih dahulu dari browser lain. Karena gue selalu menggunakan google chrome, gue mencoba menggunakan mozilla. Kalau disana bisa, kemungkinkan cache browser kalian. Bagiamana membersihkannya?

  1. Pergi ke menu setting browser google chrome kalian, caranya ketika tanda titik 3 diujung kanan, lalu pilih setting.
  2. Di menu pencarian, kalian ketik saja cache agar lebih cepat. Kemudian muncul pilihan clear browsing data.
  3. Pilih basic untuk lebih mudah, atau advanced untuk memilih bagian mana yang ingin kalian bersihkan.
  4. Klik clear data.
  5. Selesai

Setelah melakukan hal tersebut, silahkan kalian coba login wp-admin kalian. Apakah sudah bisa diakses atau belum? Kalau belum, lakukan cara kedua.

Matikan Plugin Terinstall Kalian

Kemungkinan kedua adalah ada plugin yang konflik setelah kalian melakukan pembaharuan. Karena kalian tidak tahu, matikan dulu semuanya lantas aktifkan kembali atau cek terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, kalian pergi ke cpanel blog atau website kalian.
  2. Masuk ke halaman file manager, kemudian cari public_html/wp-content/plugins.
  3. Ubah semua nama folder plugin yang kalian gunakan,
  4. Cek wp-admin apakah sudah bisa diakses atau belum.
  5. Ulangi langkah nomor 3.
  6. Selesai.

WP-admin masih tidak bisa diakses juga? Kemungkinan ada yang salah dengan file .httaccess kalian. Silahkan kalian cari file tersebut di file manager. Kalian bisa menghapusnya, atau mengubah sementara untuk melihat apakah bisa digunakan kembali atau tidak halaman wp-admin kalian. Kalau masih belum bisa, gunakan cara ketiga.

Menambahkan 1 Perintah Di .httaccess

Iya, kalian hanya perlu menambahkan 1 baris kode dibagian paling bawah sekali untuk melakukan ini. Silahkan masukan Satisfy any pada bagian paling terakhir dari file .httaccess kalian. Setelah kalian simpan, silahkan kalian coba apakah wp-admin sudah bisa diakses kembali atau belum.

Dari ketiga cara diatas, masalah gue selesai dengan cara yang ketiga. Ternyata, ketika muncul halaman authetication user ini solusinya menggunakan Satisfy any dan semuanya kembali normal. Lantas, bagaimana dengan kalian? Apakah sudah bisa mengakses dan masalah WP-Admin tidak bisa diakses sudah selesai?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA