Memperbaiki Error: The Site is Experiencing Technical Difficulties di WordPress

Untuk pengguna wordpress seperti blog sederhana ini, mungkin akan mengalami error the site is experiencing technical difficulties seperti yang baru saja terjadi sama gue beberapa waktu lalu. Sempat bingung, dan entah mengapa gue juga ga tahu sebab terjadinya itu. Sampai akhirnya, mencari informasinya di google dan menemukan beberapa sebab dan cara mengatasinya.

The Site is Experiencing Technical Difficulties

Tulisan error yang tertera seperti pada gambar diatas. Hal ini, setelah gue cari tahu penyebabnya banyak terjadi ketika menggunakan wordpress 5.2. Apakah ini bug, atau apa pastinya gue juga ga cari tahu lebih dalam lagi sih. Karena udah keburu panik duluan kenapa bisa terjadi seperti itu. Telisik punya telisik, ternyata beberapa penyebabnya adalah seperti dibawah ini ya.

Penyebab Terjadi The Site is Experiencing Technical Difficulties

Ternyata, ada 3 hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Sebenarnya, ini tuh error apa sih? Kalau kalian pengguna sistem operasi windows pada laptop atau komputer kalian, ini semacam blue screen pada windows. Jadi, terjadi beberapa konflik atau gagal fungsi pada laptop atau komputer yang kalian gunakan. Nah, untuk error ini coba kalian cari tahu beberapa hal, diantaranya:

  1. Apakah ada conflict pada theme yang kalian gunakan?
  2. Apakah ada conflict pada plugins yang kalian gunakan?
  3. Versi PHP dari hosting kalian.

Bagaimana cara melakukan pengecekannya? Berikut langkah-langkah untuk melakukannya, silahkan dilihat sendiri ya.

The Site is Experiencing Technical Difficulties: Theme Conflict

  • Masuk kedalam control panel hosting yang kalian miliki,
  • Silahkan masuk kedalam file manager website atau blog kalian,
  • Silahkan kalian menuju:public html > wp-content > themesseperti gambar dibawah ini.

Theme Conflict

  • Ganti nama themes yang kalian gunakan terlebih dahulu dengan nama yang lain. Kalau gue, cuma ditambahin tulisan OFF dibelakangnya agar tahu kalau itu berbeda.
  • Kemudian silahkan buka kembali website atau blog kalian, apakah masih terjadi error yang sama atau tidak. Kalau masih, berarti bukan terjadi konflik padatheme yang kalian gunakan.

The Site is Experiencing Technical Difficulties: Plugins Conflict

Langkahnya, sama seperti dengan diatas. Namun yang berbeda hanyalah letak folder untuk kalian ganti. Silahkan menuju public html > wp-content > plugins kemudian kalian ganti nama plugins yang kalian gunakan satu persatu. Ini adalah cara manual yang gue gunakan ketika gue belum tahu, mana plugins yang membuat error the site is experiencing technical difficultiesini.

The Site is Experiencing Technical Difficulties: PHP Versions

  • Silahkan masuk kedalamcontrol panel hosting yang kalian gunakan,
  • PilihSelect PHP Version,
  • Ubah menjadi yang terbaru, atau 7.0 – 7.2. Jika tidak bisa mengubahnya, silahkan hubungi provider hosting kalian.

Kesimpulan

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya bisa saja kalian membuka email yang kalian daftarkan untuk menggunakan domain tersebut. Disana, kalian akan mendapatkan informasi apa yang bisa kalian lakukan, dan apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Namun, ketika tidak mendapatkan informasi melalui email kalian bisa coba cara yang gue lakukan untuk mengatasi error the site is experiencing technical difficultiesini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *