Memperbaiki Error: ERR_TOO_MANY_REDIRECTS WordPress

Memperbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Bagaimana cara mengatasi ERR_TOO_MANY_REDIRECTS di wordpress kalian? Apa solusi untuk menyelesaikan masalah ini? Gue akan tulis berdasarkan pengalaman gue. Pertanyaan pertama gue waktu mengalami ini adalah “gimana caranya buat perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ini?” Bingung gak karuan karena beberapa cara semuanya menggunakan bahasa Inggris.

Memperbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Bentar, kalau kalian masih bingung sama tulisa ERR_TOO_MANY_REDIRECTS di browser kalian, coba kalian lihat gambar diatas deh. Pertanyaanya, kenapa ini bisa terjadi di blog aldyputra.net atau mungkin blog kalian ya? Berdasarkan pengalaman gue ketika terjadi ini, gue baru saja mencoba untuk menghentikan beberapa plugin yang ada di blog gue ini.

Salah satunya adalah plugin SSL yang gue gunakan, padahal plugin tersebut tidak boleh gue hentikan. Maklum, karena gue kan gak tau waktu itu. Ketika gue mencari solusi atau cara perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ini, ada beberapa hal yang dibutuhkan. Apa saja?

  • Akses ke kontrol panel akun hosting atau akses FTP.
  • Akses ke dashboard admin WordPress.

Pertanyaan lanjutan tiba-tiba muncul diotak gue, gimana caranya kalau buat buka halaman dashboard aja gak bisa? Panik gue waktu itu, setelah gue cari tahu ternyata kalian cukup masuk terlebih dahulu kehalaman control panel (cpanel). Terus, apa yang gue lakuin setelah masuk ke halaman tersebut untuk perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ini?

Cara Mudah Perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Setelah kalian masuk ke halaman control panel, yang perlu dilakukan adalah masuk ke wp-config blog kalian. Kemudian, kalian tambahkan script dibawah ini.

if($_SERVER[‘PHP_SELF’]==”/index.php”)
{
define(‘WP_HOME’,’https://yourdomain.com’);
define(‘WP_SITEURL’,’https://yourdomain.com’);
}
else
{
define(‘WP_HOME’,’http://yourdomain.com’);
define(‘WP_SITEURL’,’http://yourdomain.com’);
}

Setelah kalian copy-paste script diatas, yang perlu kalian lakukan adalah ganti tulisan yourdomain.com dengan url blog kalian. Kok gue bisa tahu kode diatas? Kode ini gue dapatkan dari sini dan ternyata itu ampuh untuk masuk kedalam halaman admin gue dan ampuh untuk perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS yang terjadi ketika gue akses blog di google chrome.

Tapi gimana kalau tiba-tiba setelah kalian masukan script diatas, tetap gak selesai masalah ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ini? Tenang, yang perlu kalian lakukan adalah langkah dibawah ini, silahkan kalian ikuti dulu.

Cek setingan URL

Biasanya jika website wordpress mengalami error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS maka untuk dashboard admin tidak dapat diakses. Sehingga untuk perbaiki error ini, kalian harus mengecek atau mengubah setingan URL harus dilakukan melalui file wp-config.php. Apa yang diganti?

  • Silakan login ke cPanel, kemudian akses File Manager.
  • Silakan temukan file wp-config.php yang ada pada direktori utama instalasi WordPress.
  • Klik kanan dan pilih Edit.
  • Silakan tambahkan baris code berikut ini pada bagian bawah code yang sudah ada di dalam file wp-config.php.

define(‘WP_HOME’,‘http://domainanda.com’); define(‘WP_SITEURL’,‘http://domainanda.com’);

  • Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.
  • Silakan akses website kalian untuk mengecek apakah error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS sudah berhasil diatasi atau belum.

Kalau dengan cara diatas kalian masih tidak bisa mengakses blog atau website kalian, alias masalah ERR_TOO_MANY_REDIRECTS belum teratasi. Ada beberapa langkah alternatif yang bisa kalian lakukan. Diantaranya:

Nonaktifkan plugin

Salah satu penyebab ERR_TOO_MANY_REDIRECTS yang terjadi pada wordpress adalah plugin yang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup mudah, nonaktifkan semua plugin yang kalian gunakan dan lihat apakah masih terjadi error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS atau tidak? Jika tidak, kalian aktifkan kembali 1 per 1 plugin kalian.

Nonaktifkan file .htaccess

Selain masalah plugin, penyebab lainnya yang membuat error ini adalah file .htaccess kalian. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan nonaktifkan file tersebut. Caranya gimana? Gampang kok, lihat aja langkah dibawah ya.

  1. Akses File Manager melalui kontrol panel hosting.
  2. Pilih file .htaccess, kemudian klik kanan dan pilih Rename.
  3. Silakan ubah nama file .htaccess misalnya menjadi .htaccessnon
  4. Setelah diubah, silakan akses website untuk memastikan apakah masih error atau sudah teratasi.

Kesimpulan

Sebelum melakukan sebuah tindakan pada website atau blog yang kalian gunakan, silahkan diingat terlebih dahulu apa yang bisa kalian lakukan dan apa yang tidak boleh kalian lakukan. Jangan kaya gue, main sikat panik kemudian. Untung aja gue bisa nemuin penyebab dan cara perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS ini, Kalau ga bisa jadi wassalam ini blog gue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini