aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Persija Vs Persib, Sebuah Pertandingan Adu Gengsi


By on September 25th, 2018 in Lain - Lain

Kalau ngomongin dua tim ini, persija dan persib udah barang pasti kalian bakalan langsung inget sama pendukung masing-masing tim, The Jack Mania dan Juga Bobotoh, Viking dll. Artikel ini bukan untuk membahas pertandingan yang mengakibatkan nyawaHarlinggaSirla hilang, tapi ya untuk membahas masalah serunya pertandingan kedua tim bahkan yang lainnya juga.

Persija vs Persib

Dari dulu, sejarah memang mencatat kalau sudah kedua tim ini bertemu udah barang pasti pertandingan bakalan seru. Bukan cuma dilapangan, bangku penonton juga udah pasti penuh. Sayangnya, penuh dengan pendukung salah satu tim saja tergantung kota mana yang menjadi tuan rumah pertandingan itu.

Gue, bukan tipe orang yang terlalu fanatik akan sebuah tim sepak bola khususnya Indonesia. Gue hanya suka dengan pertandingan tim manapun yang bermain dengan tempo cepat. Itulah kenapa, gue lebih suka melihat pertandingan liga Inggris dibanding liga Italia.

Baca Juga  Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen!

Liga Indonesia sendiri, ga cuma pertandingan antar tim papan atas kok yang berlangsung dengan tempo cepat. Beberapa tim papan tengah dan bawah mainnya tidak kalah cepat, terkadang malah menghasilkan gol yang banyak untuk 1 pertandingan itu sendiri.

Apa sih buah dari pertandingan dengan tempo cepat selain gol yang banyak? Iya, pendukung masing-masing tim semakin semangat melihat tim kesayangannya bertanding. Bukan cuma itu, tingkat emosi pemain tentu meningkat pula. Disanalah, tugas para pemain untuk menahan emosi itu dengan adanya sang kapten tim atau siapapun untuk menenangkan pemain yang emosinya meningkat.

Suporter Indonesia

Kalau ga diredam gimana? Udah tentu, emosi para pendukung juga akan meningkat dan kita semua tidak mau hal yang tidak diinginkan terjadi bukan? Itu akan merugikan semua pihak, termasuk tim dan penyelenggara pertandingan tersebut.

Berbicara mengenai pendukung kedua tim, tentu setiap orang punya pandangan yang berbeda akan hal tersebut. Lantas, bagaimana pandangan gue tentang hal tersebut? Begini, mari kita lihat pertandingan liga Inggris yang cukup bergengsi di dunia.

Batasan antara tim yang sedang bertanding, dengan penonton yang mungkin membela tim lainnya sangat dekat. Bahkan, tidak ada pagar yang membatasi ketika pertandingan tersebut. Aman? Bisa dilihat, tetap aman sentosa pertandingan tersebut. Tidak ada yang membuat kerusuhan disana, bahkan sampai selesai pertandingan.

Menyuarakan yel-yel atau chant sebuah tim diutarakan dengan penuh kreatifitas, dan memang ada beberapa yang sedikit membuat “tensi” pendukung lain meningkat. Damai? Bisa terlihat cukup damai, aman dan sentosa. Disanalah tingkat kedewasaan penonton diperlukan.

Baca Juga  Kata Kata Bijak Mario Teguh

Lantas, bagaimana dengan pendukung Indonesia? Gue cukup salut dengan tingkat kreatifitas yang luar biasa, aksi dukungan yang diliput dan diikuti beberapa negara lainnya, dan hal baik lainnya. Itulah yang kita butuhkan untuk mendukung tim kesayangan masing-masing.

Kalau ngomongin pendukung kedua tim,persija danpersib. Ada baiknya kalian baca sendiri di website resmi masing-masing aja, (the jack mania bobotoh) bukan kapasitas gue untuk membahas keduanya. Namun, kejadian kemarin yang akhirnya menghilangkan nyawa seseorang menurut gue itu tidak layak untuk dilakukan OLEH SIAPAPUN, PENDUKUNG TIM MANAPUN.

KESIMPULAN

Apa sih sebenarnya yang harus dilakukan oleh para pendukung tim kesayangan masing-masing? Kedewasaan. Itu adalah kunci yang nantinya akan membuat sebuah industri dalam sepak bola seperti diluar negeri sana. Tingkat kreatifitas dan dukungan pada tim kesayangan, untuk mendapatkan apresiasi tinggi dari luar sana. Mari kita berdo’a yang terbaik untuk korban kemarin, dan keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran ekstra menerimnya. Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *