Mau Beli Helm? Ketahui Tips Memilih Helm Motor Sebelum Kalian Salah!

Pilih Bahan Helm

Salah satu perangkat yang wajib digunakan pengendara motor adalah helm, lantas bagaimana caranya memilih helm motor untuk kalian gunakan? Banyak yang masih abai ketika ingin membeli helm motor tanpa memperhatikan beberapa aspek. Hanya karena mengikuti teman yang membeli karena desain yang bagus, ternyata kalian tidak nyaman menggunakannya.

5 Tips Memilih Helm Motor Harian

Sebenarnya, ada beberapa tipe helm motor yang bisa kalian gunakan. Mulai dari helm half face, full face sampai dengan jenis helm modular. Berikut ini beberapa cara memilih helm motor harian kalian agar tetap nyaman dana aman saat digunakan:

Pastikan Mencoba Helm

Mencoba Helm Motor

Cara memilih helm motor yang pertama adalah dengan mencoba helm motor tersebut pada kepala kalian. Usahakan, semua bagian helm menempel dengan sempurna pada kepala kalian. Tetapi, jangan sampai membuat kepala kalian pusing apa bila menggunakan helm full face ataupun modular.

Hal ini akan membuat kalian terbiasa apabila menggunakan helm yang kalian pilih nantinya. Mulai dari membiasakan berat helm yang berkisar 1.350 gram sampai 1.600 gram, sampai menyesuaikan busa dan tali pengikat helm yang digunakan.

Untuk melihat beberapa tipe tali pengikat helm, mulai dari dd ring, chain strip dll. Kalian bisa lihat artikel gue yang lain mengenai tali pengikat helm agar lebih jelas dan paham terkait hal ini. Ingat, jangan sampai salah pilih ya.

Pikirkan Aksesoris Pengganti Helm

Aksesoris Pengganti Helm

Untuk cara memilih helm motor yang kedua adalah kalian harus memikirkan aksesoris penggantinya. Misalkan, rachet yang digunakan pada kaca helm, tali pengikat apakah bisa diganti dengan dd ring atau tetap yang biasa, sampai pikirkan bagian ventilasi udara pada helm saat terjadi kerusakan.

Banyak yang beranggapan helm hanya sebagai pelindung kepala semata, padahal apabila terjadi kerusakan tentu kalian harus membenarkanya bukan. Tips memilih helm ini gue dapatkan dari beberapa teman gue yang memang pecinta helm atau kolektor helm baik untuk harian atau balapan.

Jangan Salah Pilih Bahan Helm

Pilih Bahan Helm

Cara memilih helm motor yang ketiga adalah bahan pembuatan helm tersebut. Banyak yang membeli helm motor tidak memperhatikan ini. Padahal, setiap bahan pembuatan shell atau batok helm itu berbeda fungsi dan kegunaannya. Ada yang digunakan untuk harian, ada juga yang bisa digunakan keduanya baik harian atau balapan.

Pada dasarnya ada 3 jenis bahan pembuat helm yang biasa digunakan, yaitu termoplastik, Tri-Fiber Composite dan carbon. Ketiga jenis bahan pembuat helm ini tentu memiliki perbedaan mendasar baik dari sisi keamanan dan juga harga.

Jenis Bahan Pembuat Helm

  1. Termoplastik adalah salah satu jenis plastik yang bisa berubah bentuk saat terkena paparan panas. Apabila terkena suhu dingin, bahan ini akan mengeras dan begitupun sebaliknya.
  2. Tri-Fiber Composite sesuai dengan namanya, ada tiga material atau bahan yang menyusun shell helm. Pertama adalah fiber, kedua kevlar dan yang terakhir adalah karbon yang kemudian dicampur dan dibentuk sesuai dengan cetakan.
  3. Karbon merupakan bahan pembuat helm motor yang kalian bisa temukan di beberapa helm bikinan Eropda atau Amerika. Tentu saat helm motor menggunakan bahan karbon, akan semakin nyaman dan harga yang terbilang menjadi cukup mahal.

Perhatikan Bahan Bagian Dalam Helm

Bagian Dalam Helm Motor

Cara memilih helm motor untuk harian yang berikutnya adalah dengan memperhatikan bahan bagian dalam. Banyak helm yang memiliki berat sekitar 1.350 gram menggunakan bahan yang lebih lembut dibandingkan dengan yang memiliki bobot cukup berat. Tetapi, tidak semuanya helm full face atau modular yang berat memiliki bahan kasar kok.

Pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

Sesuaikan Warna Helm Dengan Motor

Warna Helm Motor

Cara memilih helm motor yang terakhir adalah sebuah tambahan, yaitu menyesuaikan dengan warna motor yang kalian gunakan. Hal ini akan memberikan kesan pada pengguna motor dengan warna helm yang senada adalah orang-orang yang suka tampil trendy saat berkendara.

Setelah kalian tahu mengenai beberapa tips atau cara memilih helm motor yang akan kalian gunakan, saat kalian membelinya tentu kalian akan merawat helm motor tersebut dengan senang hati. Jangan sampai, setelah kalian membeli dan memilih helm motor tersebut tidak kalian rawat dengan baik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *