Bikin Keren, Ini Aksesoris Helm Motor Full Face Untuk Kalian Gunakan!

Untuk para pecinta helm motor tentu untuk membuat keren atau “ganteng” helm full face, kalian akan menggunakan beberapa aksesoris helm yang kalian beli secara terpisah. Paling banyak yang dilakukan pertama kali adalah dengan mengubah kaca helm kalian dengan menggunakan flat visor seperti layaknya pebalap motogp.

Beberapa Daftar Aksesoris Helm Full Face

Untuk kalian yang ingin tahu apa saja nama aksesoris helm motor full face yang biasa digunakan, silahkan kalian baca sampai selesai. Siapa tahu, membuat kalian ingin menambah aksesoris pada helm yang kalian gunakan. Berikut ini beberapa daftar aksesoris helm full face yang bisa kalian gunakan:

Flat Visor

Flat Visor

Flat visor atau visor ini merupakan bagian pelindung untuk mata kalian saat berkendara. Saat ini, cukup banyak digunakan oleh beberapa pecinta helm untuk membuat tampilan helm motor menjadi lebih keren. Tidak hanya itu, beberapa pabrikan mengeluarkan flat visor ini dengan beragam warna yang tentu membuat pandangan kalian lebih sempurna.

Salah satu kelebihan flat visor adalah kalian bisa menggunakan tear off post/pin untuk memasang tear off pada helm yang kalian gunakan sehari-hari. Ini akan membuat kaca helm motor kalian lebih terlindungi. Kalian bisa membaca pengalaman gue menggunakan tear off di artikel lainnya. Selain kelebihan, tentu ada kekurangan flat visor itu sendiri yaitu mengurangi tingkat aerodinamika pada saat berkendara dibandingkan dengan penggunaan visor cembung.

Selain bentuknya, flat visor sendiri memiliki beberapa warna yang memberikan efek berbeda. Mulai dari clear, smoke, dark smoke, rainbow, silver dan iridium blue, iridium yellow, iridium gold dan lain-lain. Silahkan pilih dan gunakan sesuai dengan keinginan kalian masing-masing, ya.

Antifog

Berikutnya, kalian bisa menggunakan antifog atau lapisan pelindungan kaca helm bagian dalam untuk menghindari embun atau uap yang keluar saat kalian bernafas pada keadaan kaca tertutup. Kelebihan menggunakan antifog sendiri, kalian akan lebih nyaman berkendara pada saat turun hujan dan kalian tidak perlu membuka kaca helm.

Namun, ada beberapa kekurangan menggunakan antifog pada helm kalian, selain memiliki harga antifog helm yang cukup mahal, kalian juga hanya dapat menggunakannya pada flat visor atau kaca helm yang sudah datar, bukan yang cembung. Jadi, silahkan ganti terlebih dahulu kaca helm motor kalian menggunakan flat visor ya.

Tear Off

Tear Off

Untuk melengkapi tampilan helm motor kalian, aksesoris helm motor berikutnya adalah penggunaan tear off. Bukan hanya sebagai aksesoris helm full face, tetapi tear off sendiri memiliki fungsi untuk melindungi kaca kalian dari debu, goresan ataupun lemparan kerikil saat berkendara. Hal ini biasa terjadi saat keadaan balap.

Saat ini, sudah banyak pengguna helm motor harian yang menggunakan tear off pada helm mereka masing-masing. Tentu, dengan beragam tujuan masing-masing ya. Kalian bisa juga menggunakannya pada helm motor 2 jutaan, atau helm full face 3 jutaan yang penting sudah mendukung flat visor pada helm tersebut.

Stiker Visor

Stiker Visor

Salah satu aksesoris helm motor full face yang biasa digunakan sebagai pelengkap flat visor adalah stiker visor. Stiker ini biasa digunakan oleh para pebalap untuk menunjukan siapa saja yang menjadi sponsor untuk mereka. Namun, di Indonesia dan beberapa negara lainnya sudah cukup banyak yang menempelkan stiker visor ini pada helm motor full face mereka untuk digunakan sehari-hari.

Spoiler Helm

Spoiler Helm

Untuk kalian yang menyukai bentuk helm AGV Pista ataupun AGV Corsa, tentu kalian sudah tahu bentuk spoiler yang merekat pada helm tersebut bukan? Fungsi spoiler tersebut sebenarnya sebagai bagian dari aerodinamis helm yang digunakan saat balap agar laju angin tidak menghambat bagian belakang pebalap tersebut.

Namun, untuk saat ini banyak para penggunakan helm full face yang tidak memiliki bagian spoiler berusaha untuk menambahkan aksesoris helm motor ini untuk digunakan. Tentu, ini akan membuat tampilan helm lebih keren dan membantu juga untuk digunakan sehari-hari atau sekedar berlatih balap motor.

Saat ini, spoiler helm motor full sendiri tersedia untuk helm full face dan juga half face. Mulai dari yang pemasangan spoiler menggunakan baut, ataupun hanya ditempel dengan perekat 3M. Untuk gue pribadi, lebih menyarankan untuk menggunakan spoiler helm dengan perekat dibandingkan dengan baut.

Ada kekurangan spoiler helm saat kalian menggunakan versi baut, karena harus melubangi bagian shell helm tersebut yang akan mengubah struktur dari helm motor yang kalian gunakan.

Intercom

Intercom BT Rider V6

Apabila kalian cukup sering berkendara dengan membawa penumpang dan ingin berkomunikasi dengan lancar, tentu menggunakan intercom adalah jawaban yang paling tepat. Selain itu, apabila kalian berada dalam 1 grup berkendara dan masing-masing menggunakan intercom, kalian bisa saling berkomunikasi secara langsung.

Selain kelebihan menggunakan intercom ini bisa membuat kalian berkomunikasi dalam 1 grup berkendara, menerima panggilan telepon, tentu ada kekurangan saat kalian menggunakan intercom helm motor ini. Salah satunya adalah jangkauan yang tidak terlalu jauh, dan apabila kalian menggunakannya tidak pada semestinya akan membuat berbahaya saat berkendara.

Untuk kalian yang ingin menggunakan intercom pada helm kalian, ada beberapa rekomendasi intercom helm motor yang bisa kalian gunakan, salah satunya merk Sena. Kalian bisa baca artikel tersebut untuk lebih jelas apa saja yang bisa kalian gunakan.

Kamera

Aksesoris helm motor yang terakhir adalah kamera. Ini sebenarnya bisa kalian gunakan, bisa juga tidak. Biasanya, yang menggunakan kamera pada helm mereka adalah seorang MotoVlogger yang cukup aktif membuat konten untuk channel youtubenya. Tetapi, ada juga yang menggunakan kamera sebagai salah satu cara dokumentasi perjalanan mereka tanpa harus diunggah ke YouTube.

Sampai disini, ada yang ingin menambahkan? Apa saja aksesoris helm yang biasa kalian gunakan atau saat ini sudah kalian gunakan, silahkan tulis dikolom komentar di bawah ya.