Perbedaan Intercom Helm Murah dan Mahal, Kalian Perlu Tahu!

Bedanya Intercom Murah dan Mahal

Intercom helm dapat kalian gunakan untuk berkomunikasi dengan 4 sampai 5 rider lain secara bersamaan, tapi tahukah kalian apa perbedaan intercom helm murah dan mahal itu? Pasti banyak yang ingin menggunakan intercom ini untuk beragam kebutuhan, mulai dari mempermudah menerima panggilan telepon sampai berkomunikasi dengan yang kalian bonceng dibelakang.

Bedanya Intercom Murah dan Mahal

Saat ini, memang cukup banyak yang mencari intercom helm murah untuk keperluan mereka masing-masing. Ada beberapa merek intercom murah yang beredar dipasaran dengan harga 500 ribuan bahkan kurang dari itu, sebut saja intercom murah BT-S atau yang tanpa embel-embel merek pada intercom helm tersebut.

Lantas, apa sih bedanya intercom murah dan mahal seperti packtalk atau sena? Ada beberapa perbedaan yang bisa kalian ketahui secara mendasar. Berikut ini beberapa perbedaan intercom murah dan mahal yang wajib kalian ketahui:

Fitur Intercom Helm

Perbedaan pertama dari intercom helm murah dan mahal bisa terlihat cukup jelas dari sisi fitur yang kalian dapatkan. Beberapa intercom helm murah hanya memberikan fitur terbatas seperti mendengarkan musik, menerima panggilan telepon, terhubung dengan smartphone dan bisa terhubung dengan perangkat lainnya.

Tetapi, beberapa intercom helm 500 ribuan atau 1 jutaan hanya terbatas pada fitur itu saja. Selain itu, beberapa diantaranya masih belum waterproof yang artinya kalian tidak bisa menggunakannya jika saat touring menghadapi cuaca hujan. Mau tidak mau, kalian harus melepasnya terlebih dahulu.

Jumlah Pengguna Intercom

Jumlah Pengguna Intercom Helm

Hal yang membuat beda intercom helm murah dan mahal yang kedua adalah jumlah pengguna yang terhubung dengan perangkat lainnya. Biasanya, beberapa intercom helm yang dibandrol seharaga ratusa ribu hanya terbatas 4 rider sampai 5 rider saja yang bisa terhubung, selebihnya kalian harus menyesuaikan siapa saja yang akan terhubung untuk berkomunikasi satu sama lain.

Untuk jumlah rider yang dapat terhubung pada intercom helm mahal, biasanya dapat terhubung lebihd ari 8 orang secara bersamaan. Tetapi, memiliki harga yang cukup mahal dan hanya beberapa merek saja seperti packtalk ataupun intercom Sena.

Kualitas Audio Intercom

Perbedaan yang cukup mencolok antara intercom helm murah dan mahal adalah suara yang dihasilkan dari intercom helm tersebut. Sebagai contoh, intercom helm packtalk sendiri yang berharga dikisaran 2 juta rupiah, sudah bekerja sama dengan JBL. Tentu siapa yang tidak tahu kualitas audio yang dihasilkan oleh merek ini.

Untuk intercom helm yang murah, biasanya terjadi gangguan ketika jarak konektivitas melebihi 1 km ataupun kurang dari itu yang tentu membuat suara yang dihasilkan kurang baik. Ada yang punya pengalaman seperti ini saat mendengarkan musik menggunakan intercom helm?

Fitur Video Intercom

Fitur Video Intercom Helm

Bedanya intercom helm murah dan mahal yang terakhir adalah tidak adanya fitur video yang disematkan. Sepengetahuan gue sendirin, untuk intercom helm sena 10c sudah mendukung fitur video yang membuat mudah kalian yang ingin menjadi motovlogger atau sebatas ingin merekam perjalan kalian saat touring bersama teman komunitas.

Berbeda dengan intercom helm lainnya, intercom helm sena memang cukup banyak varian yang dikeluarkan dan juga harganya yang terbilang cukup mahal untuk sebatas dimiliki perseorangan yang kesehariannya jarang bepergian touring atau berkumpul dengan rider lainnya.

Untuk kalian yang ingin memiliki intercom helm untuk digunakan sebagai alat komunikasi, kalian bisa lihat beberapa rekomendasi intercom helm yang sudah pernah gue berikan lengkap dengan bagaimana cara memilih intercom helm dengan tepat.

Kalau ada yang punya pengalaman menggunakan intercom dan sudah merasakan perbedaan intercom helm murah dan mahal, silahkan tuliskan dikolom komentar ya!