Simple Treeview Using Visual Basic 6.0

Assalamualaikum..

ukey..sekarang mau mencoba Membuat simple treeview pake VB 6..

ya mudah2an aJa bisa dipelajarin..

pertama siapkan dulu objectnya , yaitu treeview itu sendiri deh..
trus mau di rubah set propertiesnya atau tidak Juga tidak apa – apa koq..hehehe..gimana sih bentuknya ?? oia..saya sampe lupa..untuk memunculkan Object TreeView..fita tekan tombol CTRL + T pilih Microsoft Windows Common Control 6.0..

Oke..kalo kalian sudah mendesainnya seperti diatas,maka kalian tinggal membuat sebuah coding agar program dapat dijalankan..bagaimana codingnya ?? ini dia..

[php]
<code> Dim nNode1, nNode2, nNode3, nNode4 As Node
Public Sub nodes()
‘Bikin Menu Paling Atas
Set nNode1 = TreeView1.nodes.Add(, , “nNode1”, “Master”)
Set nNode2 = TreeView1.nodes.Add(, , “nNode2”, “Transaksi”)
Set nNode3 = TreeView1.nodes.Add(, , “nNode3”, “Laporan”)
Set nNode4 = TreeView1.nodes.Add(, , “nNode4”, “Keluar”)</code>

‘Bikin Sub Menu Untuk Master
Set nNode1 = TreeView1.nodes.Add(“nNode1”, tvwChild, “Child1”, “Data Barang”)
Set nNode1 = TreeView1.nodes.Add(“nNode1”, tvwChild, “Child2”, “Data User”)

‘Bikin Sub Menu Untuk Penjualan
Set nNode2 = TreeView1.nodes.Add(“nNode2”, tvwChild, “Child3”, “Penjualan Barang”)

‘Bikin Sub Menu Untuk Penjualan Barang
Set nNode2 = TreeView1.nodes.Add(“Child3”, tvwChild, “Child3a”, “Tunai”)
Set nNode2 = TreeView1.nodes.Add(“Child3”, tvwChild, “Child3b”, “Kredit”)

‘Bikin Sub Menu Untuk Laporan
Set nNode3 = TreeView1.nodes.Add(“nNode3”, tvwChild, “Child4”, “Lap. Barang”)
Set nNode3 = TreeView1.nodes.Add(“nNode3”, tvwChild, “Child5”, “Lap. User”)
Set nNode3 = TreeView1.nodes.Add(“nNode3”, tvwChild, “Child6”, “Lap. Penjualan”)

End Sub
Public Sub form_load()
Call nodes
TreeView1.Refresh
TreeView1.LineStyle = tvwRootLines
End Sub

Private Sub TreeView1_DblClick()
If TreeView1.SelectedItem.Text = “Data Barang” Then
MsgBox “Tampilkan Data Barang Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Data User” Then
MsgBox “Tampilkan Data User Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Penjualan Barang” Then
MsgBox “Tampilkan Data Penjualan Barang Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Tunai” Then
MsgBox “Tampilkan Data Penjualan Barang Tunai Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Kredit” Then
MsgBox “Tampilkan Data Penjualan Barang Kredit Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Lap. Barang” Then
MsgBox “Tampilkan Laporan Barang Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Lap. User” Then
MsgBox “Tampilkan Laporan User Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Lap. Penjualan” Then
MsgBox “Tampilkan Laporan Penjualan Barang Disini”
ElseIf TreeView1.SelectedItem.Text = “Keluar” Then
End
End If
End Sub[/php]

Dah Tuh..komplit deh semuanya..hehehe..penjelasannya Juga sudah ada disana semua..sekarang kalian tinggal praktekan deh..hasilnya apa cobaaa ?? selamat mencoba temaaaaan.. 😀

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *