Cara Partisi Hardisk Di Windows Vista Atau 7

Partisi Hardisk Di Windows Vista

Windows Vista atau 7 memang cukup jarang yang menggunakan, tapi tetap saja harus partisi hardisk di windows vista yang kalian gunakan. Bagi penggunanya, pasti banyak yang bingung bagaimana sebenarnya untuk melakukan partisi hardisk ini. Tapi tenang, kalian datang ke artikel yang tepat untuk membahas itu kok.

Cara partisi hardisk ini sebenarnya sudah banyak terdapat didalam mesin pencarian seperti google atau yahoo dan yang lainnya. Hanya saja, masih banyak yang memberikannya tidak lengkap. Silahkan lihat langkah dibawah ini untuk cara yang paling lengkap yang bisa kalian ikuti ya.

Partisi Hardisk Di Windows Vista

Cara Partisi Hardisk Windows Vista

  • Buat dulu backup untuk data-data yang penting.
  • Untuk resize partisi yang sudah ada supaya aman dan windowsnya tidak bermasalah sebaiknya untuk mengubah ukuran space partisi hard disk C dimana Windows diinstal gunakan menu resize partition jangan menggunakan create new partition pada partisi C.
  • Setelah itu, buka bagian partition wizard, otomatis akan terlihat gambaran partisi hardisk yang sudah ada.
  • Pilih partisi yang akan diubah ukurannya [contoh saya partisi C], selanjutnya kalian klik kanan pada partisi tersebut kemudian pilih move atau resize.
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog move/resize partition. Pada kolom Partition size isikan dengan ukuran partisi yang kalian inginkan. Lalu kalian klik OK.
  • Jika sudah selesai, pilih tombol Apply yang nantinya akan muncul kotak dialog, klik Yes dan tunggu sampai proses partisi selesai
  • Jika muncul error seperti berikut “Operation ‘Resize Partition’ Cannot be completed because drive C is being used now.“, Silakan tutup semua aplikasi yang masih terbuka [kecuali Partition Wizard] lalu pilih retry atau langsung klik tombol Restart now
  • Proses partisi otomatis akan dijalankan ketika windows start up.

Bagaimana? Sampai disini mudah bukan? Untuk softwarenya sendiri gue menggunakan aplikasi bernama partition wizard. Lantas, bagaimana untuk melakukan partisi hardisk windows vista atau 7 tapa software atau aplikasi? Kalian bisa baca artikel gue sebelumnya disana. Tergantung kalian merasa lebih mudah pada bagian yang mana. Kalau ada cara lain untuk partisi hardisk di windows vista yang kalian punya, silahkan dishare dikolom komentar, ya!

2 Replies to “Cara Partisi Hardisk Di Windows Vista Atau 7”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *