Pemanfaatan Sampah Organik

Pemanfaatan Sampah Organik

Pemanfaatan sampah organik sebenarnya untuk apa sih? Lantas, bagaimana cara pemanfaat sampah organik ini? Artikel ini akan menjawab apa itu! Setiap rumah perharinya bisa menghasilkan sampah lebih dari 3 kg kalau dirata-ratakan. Ratusan ton tiap harinya sampah diangkut ke tempat pembuangan akhir. Lantas, bagaimana kita mengubah sampah tersebut menjadi sesuai?

Selain 3kg sampah tadi yang dibahas, bukah hanya itu. Bahkan, sampah tersebutbelum semua terangkut, masih banyak sampah di jalan-jalan yang belum diangkut dan menjadi pemandangan yang tidak menarik di perkotaan. Padahal kalau kita mengaca pada negara lain yang begitu bersih dengan penanganan sampahnya yang begitu disiplin.

Negara lain memisahkan antara sampah organik dan non organik, sehingga pemandangan di kota mereka terlihat lebih bersih dan teratur untuk masalah sampah ini. Sepertinya, Indonesia bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh mereka yang sudah menjalankannya.

Pemanfaatan Sampah Organik

Sampah organik merupakan sampah sisa makanan yang dapat mudah membusuk seperti daun, sayuran, buah-buhan dan lain sebagainya. Pemanfaatan sampah organik ini bisa sebagai pakan ikan, atau juga kita jadikan sebagai pupuk organik yang dapat menyuburkan serta menggemburkan tanah.

Selain itu sampah jenis ini harus dipisahkan dalam tempat yang tidak mudah bocor karena ditakutkan ada cairan sisa pembusukkan makanan yang menetes dan akan membuat lingkungan menjadi tidak enak harumnya.

Kemudian ada juga sampah non organik yang mana sampah jenis ini yaitu sampah yang tidak bisa cepat membusuk seperti plastik, kaleng, dan besi. Sampah non organik bisa dimanfaatkan dengan cara mendaur ulang menjadi barang baru kembali, bisa juga dijadikan kerajinan dan dimanfaatkan untuk hiasan.

Jika ada sampah non organik yang tidak terpakai , maka kita mesti membakar atau juga menguburnya karena jika tidak dibakar maka tidak akan cepat mengurai. Sampai sini semoga teman-teman semuanya paham, bagaimana untuk memanfaatkan sampah organik ataupun non organik ya.

Udah ah, segitu aja dulu bahas masalah pemanfaatan sampah ini. Semoga kalian paham dan tahu sih gimana caranya. Kalau ada sumber atau informasi, silahkan kalian tambahkan bagaimana menurut kalian pemanfaatan sampah organik.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *