Setelah Visor, Sekarang NHK Terminator Pasang TOP dan TO

TOP dan TO NHK Terminator

“Emang ada TOP dan TO NHK Terminator? Apa sih TOP sama TO itu? Itulah pertanyaan pertama gue ketika tahu sama dua hal ini. Gue juga yakin ketika kalian lihat judul artikel ini pasti bakalan nanya yang sama tentang TOP sama TO itu sendiri. Sabar, gue bakalan jelasi seluk beluknya disini karena helm NHK terminator gue udah pakai ini.

Sebenarnya masalah ini udah pernah gue bahas di artikel mengenai mengenal helm dan perangkatnya. Tapi, mungki kalian belum pernah baca artikel itu dan gue share juga deh disini apa sebenarnya TOP (Tear of post) dan TO (Tear Off) itu sendiri.

TOP dan TO NHK Terminator

Tear-off & tear-off post

Tear off adalah lapisan seperti plastik yang disematkan di bagian luar visor. Tear off hanya bisa digunakan pada visor helmet yang sudah dibekali dengan dudukan tear off (berbentuk pin berwarna hitam di bagian kiri-kanan luar visor) atau disebut dengan tear-off post. Fungsi utama dari tear-off sendiri adalah untuk menjaga visor utama dari benda2 asing yang mungkin terhempas ke arah visor seperti kerikil dll sehingga visor utama tetap aman dari scratch.

Terus, emang semua helm full face sudah ada fitur ini? Beberapa helm lokal, seperti NHK dan KYT sudah memiliki fitur ini, tapi kebanyakan yang menggunakan fitur ini adalah pabrikan dari luar sana seperti Shoei, Arai, Nolan, dll.

Pasang Tear Off dan Tear Off Post NHK Terminator

“Lho, kok TOP dan TO NHK terminator bisa dipasang?” iya, gue tahu kalian akan tanya seperti itu. Sejujurnya, TOP dan TO yang terpasang di helm NHK Terminator gue ini adalah kepunyaan dari helm KBC, dan lubang di kaca helm itu sendiri dibuat sendiri alias dibolongin sendiri dengan mengukur seberapa panjang tear off KBC tersebut.

Lantas, gunanya itu sendiri apa sih? Gini, kalau gambar diatas (helm memang punya pribadi) gue menggunakan tear off post iridium, yang selain melindungi kaca dari pentalan batu, atau apapun yang merusak kaca helm juga melindungi mata gue dari sinar matahari yang mencolok. Selain itu? Ya kalau gue lagi nguap ga keliatan, udah gitu doang :)

Harganya berapa, Terr? Ini sih relatif ya, tergantung penjualnya. Kalau gue kemarin beli IDR 260.000 udah lengkap semuanya. Beda sama ketika gue pasang flat visor kemarin. Jadi, gue beli lagi kacanya? Iya, gue beli lagi dan sekarang gue punya 2 kaca flat dirumah. Satu gelap, satu lagi terang.

“Bukannya, NHK Terminator itu double visor ya, Terr?” Iya, itu pertanyaan pasti ada dipikiran kalian karena helm gue ini sudah menggunakan double visor (dark). Sejujurnya, sampai saat ini gue jarang banget pakai karena setelah coba cari tahu di google, fitur tersebut berbahaya untuk kita. Kenapa? Cari tahu aja sendiri ya :)

So, buat kalian yang mau pasang TOP sama TO kaya gue mending cari bahannya sama orang-orang yang memang tahu dan menjualnya. Tapi, buat pemilik NHK Terminator kaya gue ini harus rela bersabar ya karena kebanyakan yang jual sudah kehabisan stok. Jadi, jangan tanya lagi tentang TOP dan TO NHK Terminator setelah baca artikel ini ya.

9 Replies to “Setelah Visor, Sekarang NHK Terminator Pasang TOP dan TO”

      1. Beli diseller mna bang .mnta info seller nya dong,.visor flat nhk yang udh ada pinlock nya ya bang?sma to & top nya ukuran 30 ya.sory banyak tanya lagi ngebet kaya pnya ente bang hehe

  1. Beli diseller mna bang .mnta info seller nya dong,.visor flat nhk yang udh ada pinlock nya ya bang?sma to & top nya ukuran 30 ya.sory banyak tanya lagi ngebet kaya pnya ente bang hehe

  2. kalo seumpama masih gada top nya, terus dikasih top sendiri (ngelubangin) itu nyediain sama tear off nya juga? meskipun beda tipe bisa kan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *