Yuk Mengenal Helm dan Perangkatnya Lebih Dekat!

Helm dan Perangkatnya

Helm dan perangkatnya atau bagian dari helm full face sepertinya masih terdengar cukup asing di telinga kalian. Mungkin teman-teman semua sudah tahu kalau gue adalah salah seorang yang menggunakan helm full face untuk harian, salah satunya NHK terminator. kalian bisa baca review helm NHK terminator selama gue gunakan.


Diantara teman-teman di luar sana, masih ada  yang belum tahu apa saja nama bagian perangkat helm full face yang ada. Biar kalian nyambung saat ngobrol sama teman kalian, dibawah ini beberapa penjelasan bagian helm dan perangkatnya yang perlu kalian ketahui:

Mengenal Nama Perangkat Helm Full Face

Secara logika sederhana yang gue miliki, penggunaan helm full face membuat bagian kepala kita lebih aman. Kepala lebih terlindungi secara sempurna, mulai dari kepala sampai dagu. Tetapi, semuanya kembali kepilihan masing-masing orang sih. Berikut beberapa bagian helm yang harus kalian tahu:

Flat visor

Flat visor itu adalah visor helmet yang tidak cembung. Maksudnya tidak cembung adalah dari atas ke bawah tidak cembung alias rata. Visor tipe ini biasanya tidak dijumpai pada helmet kondisi awal.

Beruntungnya, gue sudah mengganti kaca helm nhk terminator yang gue gunakan menggunakan flat visor, kalian bisa baca lebih jelas mengenai flat visor nhk terminator di artikel lainnya.

Antifog (Pinlock)

Sebenarnya sejauh yang gue pahamin, fungsi pinlock di helm itu sendiri adalah merk yang mengeluarkan produk antifog (beserta dengan si pengait-nya). Pada umumnya, antifog ini merupakan lapisan tambahan yang berada dibagian dalam kaca helm yang dikaitkan pada penyangganya.

fungsi pinlock helm (kegunaan pinlock pada helm) atau antifog sendiri bertujuan untuk membuat kaca helm tetap bersih dan bebas dari embun di saat kondisi tertentu (seperti kondisi hujan, suhu dingin dll). Tapi, sayangnya tidak semua helm yang ada dipasaran bisa menggunakan antifog ini.

Beberapa helm yang hampir dipastikan sudah memiliki antifog sekaligus dengan lapisan antifognya memiliki nama dan reputasi yang cukup tinggi, sebut saja Shoei, X-Lite, Nolan, HJC RPHA10/RPHA10+.

Double D-Ring

Double D-Ring adalah salah satu jenis tali pengikat helm yang diakui merupakan sistem pengikat terbaik. Sehingga, jenis strap ini merupakan standard dari helm yang diizinkan untuk digunakan pada ajang balap bergengsi.

Untuk lebih jelas mengenai jenis tali helm ini, silahkan baca beberapa jenis tali pengikat helm yang sudah gue berikan.

Chin Curtain

Chin curtain sendiri adalah aksesoris tambahan yang biasanya kalian dapatkan dari pembelian helm baru. Chin curtain adalah sebuah benda yang berbentuk sepertiga lingkaran yang diletakan pada bagian antara dagu dan chin guard helmet.

Fungsi chin curtain itu sendiri adalah agar kalian terhindar dari benda-benda asing (kerikil, daun, debu dll) masuk ke dalam helmet melewati gap antara dagu dan chin guard helmet.

Tear-off

Tear off adalah sebuah lapisan seperti plastik yang ditaruh pada bagian luar kaca helm. Biasanya, hanya bisa digunakan pada kaca helm yang sudah memiliki dudukan tear-off (berbentuk pin di bagian kiri-kanan luar visor) atau biasa disebut top helm dan kaca tersebut sudah berjenis flat visor. Kalian bisa baca artikel mengenai tear off agar lebih jelas ya. 

Fungsi utama tear-off adalah untuk menjaga agar kaca utama tidak tergores atau menghindari kerusakan akibat dari benda asing yang mungkin terhempas ke arah kaca helm ini. Kalian juga bisa membuatnya sendiri kok, silahkan baca cara membuat tear off sendiri ya.

Kurang lebih itu adalah yang bisa saya bagikan untuk kalian semuanya. Untuk lebih jelas mengenai helm yang akan kalian beli, gue sudah menyiapkan beberapa tips memilih helm yang bisa kalian lakukan.

Setelah membaca artikel ini, pasti kalian akan bertanya “emang helm full face itu lebih aman, ya” 

Kalau ada pertanyaan seperti itu, silahkan cari tahu sendiri deh ya. Kalau nanya sama gue, secara pribadi gue akan menjawab iya lebih aman. Kenapa? Selain kepala kalian terlindungi secara menyeluruh seperti diawal gue bilang, helm ini juga mengurangi kalian terkena paparan polusi dan debu yang ada dijalanan.

Gue kira, sampai disini dulu artikel gue ini. Kalau kalian sudah tahu dan mau tahu bagaimana tips merawat helm, silahkan dibaca artikel lama gue disana ya. Pertanyaan gue, ada yang punya pengalaman dengan helm yang kalian gunakan? Boleh yuk ceritain pengalama kalian mengenai helm dan perangkatnya dikolom komentar di bawah.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA