Berkenalan dengan HTTPS dan SSL CERTIFICATE

HTTPS dan SSL CERTIFICATE

Untuk pemilik blog atau website, tentu tau dan menggunakan https dan ssl certificate ini. Apa sih https itu? Apa sih ssl certificate itu? Untuk sebagian orang memang tidak begitu berpengaruh, apalagi untuk kalian yang hanya memiliki blog dan tidak ada kegiatan transaksi didalamnya. Sekarang, yuk kita kenalan dulu tentang kedua hal ini.

Berkenalan Dengan HTTPS dan SSL!

Secure Sockets Layer atau SSL adalah teknologi keamanan standar untuk membangun link yang dienkripsi antara web server dan browser. Link ini memastikan bahwa semua data yang melewati antara web server dan browser tetap terjaga secara pribadia dan aman. SSL merupakan suatu standar industri dan digunakan oleh jutaan situs dalam perlindungan informasi transaksi online mereka dengan pelanggan mereka.

Untuk dapat membuat koneksi SSL server web membutuhkan sertifikat SSL. Kalau kalian memilih untuk mengaktifkan SSL pada server web kalian, pasti kalian bakalan diminta untuk menyelesaikan sejumlah pertanyaan tentang identitas website yang kalian kelola dan perusahaan tempat kalian bekerja atau memiliki usaha tersebut. Web server Anda kemudian menciptakan dua kunci kriptografi Private Key dan Public Key.

Biasanya Sertifikat SSL akan berisi nama domain, nama perusahaan, alamat, kota, dan negara. Selain itu juga terdapat rincian dari otoritas sertifikasi bertanggung jawab atas penerbitan Sertifikat.

Kenapa Sih Kita Perlu Menggunakan HTTPS dan SSL?

Saat kalian menjalankan situs website yang dimana situs website akan menerima informasi pribadi dari pengguna, maka yang harus kalian lakukan adalah membuat situs website menjadi aman dan membutuhkan sertifikat SSL. Apalagi jika memiliki situs e-Commerce misalnya, maka harus membutuhkan sertifikat SSL untuk menjamin keamanan informasi data pribadi pengguna, dan informasi pembayaran.

Seperti halnyatoko-toko online besarjuga menggunakan sertifikat SSL, begitu juga situs-situs bank juga mengharuskan kalian untuk memiliki koneksi yang aman menggunakan SSL. Dengan SSL ini menjadikan situs kalian terlihat lebih terpercaya bagi pelanggan.

Tapi apakah untuk situs blog tidak perlu memakai SSL? Untuk situs blog juga saat ini disarankan untuk menggunakan sertifikat SSL, karena Google saat ini menggunakan algoritma untuk penilaian peringkat hasil mesin pencarian lebih mengutamakan situs yang sudah menggunakan HTTPS dan SSL. Hal tersebut berarti bahwa jika blog kalian juga menggunakan HTTPS dan SSL akan membantu meningkatkan SEO situs yang kalian kelola.

Bagaimana Cara Mendapatkan HTTPS dan SSL Ini?

Untuk mendapatkan SSL Certificate cukuplah mudah, kalian bisa membeli sertifikat SSL langsung dari penyedia SSL Certificate atau melalui penyedia hosting yang menawarkan SSL. Untuk harga SSL sertificate sendiri berbeda-beda tergantung dimana perusahaan yang mengeluarkan sertifikat SSL. Kalian silahkan mencoba untuk membeli sertifikat SSL yang sangat murah dari berbagai penyedia SSL seperti Symantec, GeoTrust, Thawte, Rapid SSL dan Comodo. Jika ingin mudah, seperti yang saya ucapkan diatas silahkan tanyakan pada provider hosting kalian.

Sekarang, kalian udah tahu semua deh tentang https dan ssl certificate ini. Ada yang masih kurang paham? Silahkan tanya dikolom komentar ya tentang https dan ssl certificate ini!