Cara Menampilkan Rating Bintang di Hasil Pencarian Google

Cara Menampilkan Rating Bintang di Hasil Pencarian Google

Rating bintang sepertinya cukup banyak yang menggunakan, pertanyaannya bagaimana cara menampilkan rating bintang di hasil pencarian google? Ada beberapa plugin yang bisa kalian gunakan untuk membuat rating bintang, namun plugin tersebut membuat tampilan blog wordpress kalian menjadi berantakan, dan tidak bisa instan dalam proses menampilkannya.

Cara Menampilkan Rating Bintang

Cara Memasang Rating Bintang Skor Review Postingan Blog

Seperti gue bilang diatas, ada beberapa cara memasang rating bintang di blog dan beberapa plugin yang bisa digunakan, salah satunya adalah multi rating.

Menggunakan Plugin Multi Rating

Bagaimana cara membuat rating bintang menggunakan plugin ini?

  • Sign In ke Dashboard WordPress Anda
  • Install Plugins Multi Rating
  • Bila sudah, cari menu Multi Rating di Dashboard WordPress
  • Pilih Multi Rating.

Setelah itu, kalian tinggal melakukan beberapa pengaturan atau setting untuk menggunakan plugin ini. Apa saja yang harus kalian setting setelah memasang rating bintang di blog?

  1. Post Types. Silahkan kalian sesuaikan, rating bintang ingin dipasang pada bagain mana. Apakah artikel saja? Halaman saja? Atau kalian ingin memasang dikeduanya? Silahkan ceklis pada bagian post and pages.
  2. Duplicate Check Method. Silahkan pilih IP Address untuk mencegah 1 IP melakukan rating berkali-kalian. Pada kotak Hours silahkan teman-teman isi 24.
  3. Hide Rating Form Submit. Pilih Centang/ceklis di kotak Check this box if you want to hide the rating form on submit.
  4. Template Strip Newlines? Pilih Centang/ceklis di kotak Some plugins convert newlines to HTML paragraph similar to wpautop.

Setelah itu, silahkan kalian simpan pengaturan diatas agar plugin berjalan dengan sempurna sesuai dengan setting atau pengaturan kalian tadi.

Tanpa Menggunakan Plugin Apapun

Untuk kalian yang tidak mau repot dan ingin secara cepat memasang rating bintang di blog dan menampilkan rating bintang untuk artikel kalian, silahkan kalian ikuti langkah dibawah ini:

  • Masuk kebagian appearance, kemudian pilih themes editor.
  • Pilih file single.php untuk disisipkan script menampilkan rating bintang.
  • Copy script dibawah ini:

<script type=”application/ld+json”>
{
“@context”: “https://schema.org/”,
“@type”: “CreativeWorkSeries”,
“name”: “<?php wp_title() ?>”,
“aggregateRating”: {
“@type”: “AggregateRating”,
“ratingValue”: “4”,
“bestRating”: “5”,
“ratingCount”: “234”
}
}
</script>

  • Paste pada bagian single.php setelah script get_header(); yang ada pada file tersebut.
  • Simpan file tersebut dan bersihkan cache blog wordpress kalian.

Sampai disini, selesai sudah untuk membuat rating bintang di hasil pencarian google. Ada beberapa kekurangan ketika menggunakan script diatas, yaitu rating pada semua artikel kita otomatis mendaptkan rating 4 dari 5 bintang, dan juga jumlah votes sudah otomatis tercatat sebanyak 234 orang. Silahkan kalian masukan sesuai dengan keinginan kalian. Bagaimana hasil rating bintang di pencarian google?

Hasil Menampilkan Rating Bintang

Sekian tutorial gue tentang cara memasang script rich snippet untuk menampilkan rating bintang di hasil pencarian google ini. Pastikan kalian mengikuti langkah diatas dengan benar, sehingga kalian bisa berhasil menampilkan rating bintang di hasil penelusuran google. Kalau kalian punya cara menampilkan rating bintang yang lain, silahkan berkomentar dibawah ya.

4 Replies to “Cara Menampilkan Rating Bintang di Hasil Pencarian Google”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *