Membuka Link Tautan Menuju Tab Baru Secara Otomatis di WordPress!

Link Tautan Menuju Tab Baru

Ketika kalian membuat sebuah artikel dan memasukan script html untuk membuka link tautan menuju tab baru, tentu kalian harus memikirkan bagaimana cara melakukannya. Untuk kalian yang sudah paham menggunakan script html, pasti hal ini cukup mudah dilakukan. Begitu juga dengan para pengguna wordpress yang rajin menulis artikelnya.

Lantas, pertanyaannya adalah bagaimana caranya untuk membuat link terbuka di pada tab baru saat pembaca melakukan sebuah klik pada artikel lama yang kalian buat. Untuk link di artikel baru, tentu sangat mudah. Kalian cukup menambahkan atribut target=”_blank” pada link yang ada di artikel kalian nantinya.

Link Tautan Menuju Tab Baru

Apa Fungsi Target Pada Sebuah Script?

Sebenarnya, ketika kalian menggunakan fungsi target pada link html atau script php yang kalian gunakan bertujuan untuk menentukan apakah link yang diklik pada halaman tersebut akan terbuka seperti apa.

Apakah saat diklik, link tersebut terbuka pada halaman yang sama atau menuju sebuah halaman baru. Begitu juga pada wordpress, fungsi ini bisa kalian gunakan untuk memberikan atribut pada sebuah link yang kalian tujukan untuk pengunjung kalian melakukan klik ke artikel lainnya.

Secara default, apabila kalian tidak menambahkan atribut target, makan browser akan membuka link pada tab yang sama. Untuk membuatnya ketika diklik terbuka pada tab baru, kalian harus menambahkan atribut target=”_blank” pada suatu link, maka jika kita klik link tersebut  akan terbuka pada window.atau tab baru pada browser.

Membuat Link Terbuka Otomatis Ke Halaman Baru

Untuk melakukan hal ini, kalian bisa menggunakan beberapa cara, diantaranya dengan menggunakan sebuah plugin atau dengan menambahkan script pada file functions.php pada halaman wordpress kalian.

Plugin yang bisa kalian lakukan untuk membuka tab baru pada window atau tab ketika ada yang melakukan klik pada sebuah link, kalian bisa menggunakan plugin ini. Kekurangannya, kalian akan membuat kinerja server hosting kalian akan bertambah. Cara yang paling mudah adalah menambahkan script pada functions.php blog wordpress kalian.

Menggunakan Script Membuka Link Otomatis

Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan agar semua link yang berada pada artikel kalian membuka tab baru ketika link tersebut diklik:

  • Buka halaman theme editor wordpress kalian.
  • Pilih functions.php
  • Masukan script ini pada bagian bawah semua link yang pengunjung klik terbuka pada tab baru

//—————————————————–
// Otomatis Menambahkan Target Blank
//—————————————————–
function autoblank($text) {
$return = str_replace(‘target="_blank" href=’, ‘target=”_blank” target="_blank" href=’, $text);
$return = str_replace(‘target=”_blank” target="_blank" href=”http://domain.com’, ‘target="_blank" href=”http://domain.com’, $return);
$return = str_replace(‘target=”_blank” target="_blank" href=”#’, ‘target="_blank" href=”#’, $return);
$return = str_replace(‘ target = “_blank”>’, ‘>’, $return);
return $return;
}
add_filter(‘the_content’, ‘autoblank’);
add_filter(‘comment_text’, ‘autoblank’);

  • Setelah itu, kalian simpan file functions.php tersebut.

Cara diatas berjalan dengan baik pada blog ini. Salah satu trik agar blog kalian menambah jumlah pageviews dan mengurangi bounce rate blog kalian. Gampang bukan untuk membuat link tautan menuju tab baru ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *