Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan 7 Langkah Ini

Menghilangkan Karat Pada Besi

Karat merupakan salah satu akibat yang terjadi dari proses oksidasi, lantas bagaimana cara menghilangkan karat pada besi yang kalian alami? Banyak diantara kita yang cukup sering mengeluhkan saat barang besi yang dimiliki menjadi berkarat. Gak sedikit juga yang lantas membuang besi tersebut, padahal kita masih bisa untuk membersihkan karat itu.

Menghilangkan Karat Pada Besi

7 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Mudah

Sebenarnya, seperti apa cara mudah untuk membersihkan karat yang terjadi para perlengkapan besi atau barang lain yang kalian punya? Dibawah ini cara mudah untuk menghilangkan karat yang bisa gue bagikan:

Dengan Menggunakan Garam, Bubuk Soda Kue dan Air Jeruk

Bubuk Soda Kue

Cara yang mudah paling pertama adalah dengan menggunakan ketiga hal ini. Bahannya bisa kalian dapatkan dengan mudah, dan tentu harganya murah juga. Bagaimana melakukannya agar karat pada besi hilang dengan menggunakan ini?

Caranya adalah dengan mencampurkan terlebih dahulu ketiga bahan ini, kemudian diamkan kurang lebih 1 atau 2 jam. Setelah itu, barulah kalian oleskan pada besi yang berkarat, bersihkan dengan air dan lihat hasilnya. Apakah sudah berkurang atau belum? Ulang langkah tersebut beberapa kalia sampai karat benar-benar hilang dan bersih.

Dengan Menggunakan Cuka

Cuka

Cara kedua dengan menggunakan cuka biasa, kalian bisa mendapatkannya diwarung atau toko kelontong terdekat dengan harga yang terjangkau. Kalian cukup menuangkan barang besi yang berkarat dengan cuka kurang lebih selama kurang dari 24 jam.

Setelah itu, gosok pada karat yang menempel dengan menggunakan spons atau sikat yang memiliki bahan dasar foil agar lebih maksimal hasilnya. Sebenarnya, cara kerja cuka biasa untuk menghilangkan karat pada besi tidak secepat apabila kita menggunakan cuka putih, tapi ini bisa menjadi alternatif lainnya.

Dengan Menggunakan Ampelas

Ampelas

Membersihkan karat pada besi dengan menggunakan ampelas biasa terjadi ketika kalian pecinta otomotif khususnya. Biasa digunakan saat membersihkan karat motor atau saat ingin menambal knalpot bocor yang disebabkan oleh karat.

Selain mudah didapat, cara penggunaan ampelas terbilang mudah. Kalian cukup menggosokan pada bagian yang berkarat, tapi perlu diingat jangan terlalu keras saat menggosoknya. Apabila terlalu kencang, karat akan hilang namun akan terjadi kebocoran pada benda tersebut.

Dengan Menggunakan Bahan Bakar Solar

Bahan Bakar Solar

Cara menghilangkan karat pada besi dengan solar ternyata tidak terlalu susah dilakukan. Kalian cukup merendam barang yang berkarat pada bahan bakar solar ini. Setelah kalian rasa cukup dan terlihat karat sudah mulai menghilang, angkat benda tersebut dan keringkan.

Dengan Menggunakan Kentang dan Sabun Cuci

Menghilangkan Dengan Kentang dan Sabun Cuci

Kombinasi antara kentang dan sabun cuci adalah salah satu cara menghilangkan karat pada besi. Caranya cukup simple, kalian potong kentan dan tumbuk halus kentang tersebut dan campurkan dengan sabun cuci yang kalian pakai sehari-hari. Setelah itu aduk hingga merata dan oleskan pada bagian yang berkarat.

Biarkan terlebih dahulu beberapa saat agar campuran kentang dan sabun cuci meresap ke bagian yang berkarat. Setelah itu, gosok dengan spons berbahan dasar kawat atau yang berbahan aluminium foil agar lebih maksimal. Kalau sudah, silahkan kalian bersihkan dengan air biasa dan keringkan.

Dengan Menggunakan Minuman Soda

Menghilangkan Karat Dengan Minuman Soda

Bukan sekedar minuman yang bisa menyegarkan, ternyata soda juga bisa menghilangkan karat perlatan makan juga. Cara menghilangkan karat pada besi dengan minuman bersoda ini juga terbilang cukup mudah dilakukan.

Caranya kalian cukup menuangkan minuman soda tepat dibagian yang berkarat, kemudian diamkan beberapa saat sampai karat memudar dan menghilang. Setelah itu, cukup kalian bersihkan dengan air agar tidak lengket dan keringkan benda tersebut.

Dengan Menggunakan Asam Sitrat

Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Asam Sitrat

Cara menghilangkan karat menggunakan asam sitrat adalah cara terakhir yang bisa kalian lakukan. Biasanya, asam sitrat bisa kalian dapatkan dari toko kue yang ada disekitar kalian. Untuk menggunakannya, silahkan kalian campurkan dengan air hangat, kemudian rendam besi yang berkarat kedalamnya.

Menggunakan cara ini, lama-kelamaan karat pada besi akan melunak. Kalian tinggal membersihkan karat tersebut dengan menggunakan spons atau sikat yang kalian miliki dirumah.

Kelima cara menghilangkan karat besi yang gue berikan diatas bisa kalian praktikan dengan barang sehari-sehari yang ada dirumah kalian. Kalau ada cara lainnya, kalian bisa tambahkan dikolom komentar ya. Selamat mencoba cara menghilangkan karat pada besi ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *