Cara Mengatasi Font Powerpoint Berubah di Komputer Lain

Font Powerpoint Berubah

Pernah bingung kenapa font powerpoint berubah saat menggunakan komputer atau versi powerpoint lain? Artikel ini kasih solusi buat kalian. Sebenarnya, versi dari microsoft powerpoint ada cukup banyak, mulai dari powerpoint 2003, 2007, 2010 dan lain sebagainya. Gue juga pernah bingung, akhirnya solusi untuk hal tersebut gue temukan.

Secara default untuk kalian yang menggunakan powerpoint, software atau aplikasi powerpoint akan mengganti font aslinya dengan font yang ada di komputer lain. Itulah mengapa ketika kalian membuat sebuah file presentasi di powerpoint, font powerpoint berubah dengan sendirinya dan hal ini membuat kalian akan bekerja cukup ekstra. Solusinya seperti apa agar font tidak berubah?

Font Powerpoint Berubah

Solusi Mengatasi Font Powerpoint Berubah di Komputer Lain

Ada 2 solusi font powerpoint berubah ketika kalian membuka melalui komputer lain. Yaitu dengan melakukan embed font powerpoint tersebut atau menyimpan file tersebut menjadi gambar. 

Melakukan Embed Font Powerpoint

  1. Silahkan kalian jalankan aplikasi powerpoint,
  2. Klik menu FILE yang berada disudut kiri jendela bagian atas,
  3. Pilih bagian options, yang kemungkinan akan berbeda posisi setiap versi powerpoint.
  4. Kemudian pilih save,
  5. Scroll ke bagian bawah sampai kalian menemukan tulisan embed fonts in the file,
  6. pilih antara embed only the characters used in the presentation atau Embed all characters.
  7. Terakhir, klik OK.

Embed Fonts Powerpoint 2007

  1. Klik tombol Office di pojok kiri atas.
  2. Klik PowerPoint Options.
  3. Pilih Save di antara menu.
  4. Centang boks Embed fonts in file lalu pilih antara Embed only the characters used in the presentation atau Embed all characters. Terakhir, klik OK.

Embed Fonts Powerpoint 2003

  1. Klik File kemudian Save As.
  2. Kemudian klik Tools dan pilih Save Options.
  3. Centang Embed True Type Fonts.

Simpan File Sebagai Gambar

Solusi berikutnya dengan menyimpan file tersebut menjadi gambar. Semua halaman silahkan kalian save as atau export menjadi jpeg. Kemudian, yang kalian lakukan berikutnya adalah kalian insert ke bagian powerpoint yang ingin kalian presentasikan.

Solusi ini membuat kalian bekerja dua kali, dan beberapa animasi yang sudah kalian pasangkan didalamnya akan ikut terbawa ke file yang baru kalian buat atau ingin presentasikan file powerpoint tersebut.

Perbedaan Embed Font Powerpoint

Apa sih perbedaan dari kedua jenis embed font yang gue sebutkan diatas? Embed only the characters used in the presentation adalah PowerPoint hanya menyimpan file font untuk huruf, simbol, atau angka yang dipakai di dalam slide. Sedangkan Embed all characters menyertakan semua karakter dalam font, tidak peduli apakah karakter itu ada dalam slide atau tidak.

Sampai disini, apakah kalian sudah menemukan solusi font powerpoint berubah dengan sendirinya? Cara ini bisa kalian gunakan disetiap versi powerpoint yang gue sebutkan diatas, mulai dari 2003, 2007, 2010 dan yang lainnya. Kalau ada cara lainnya sebaga solusi mengatasi font powerpoint berubah disetiap versi, silahkan tuliskan dikolom komentar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *