Line Official Account dan Seluk Beluk Untuk Kalian Ketahui

Line Official Account

Siapa sih diantara kalian yang menggunakan line official account sekarang? Gimana cara daftar official account line ini? Pengalaman gue sih begini dan bakalan gue ceritain semuanya disini. Karena, cukup banyak yang menyamakan antara offician account dengan line biasa yang kalian gunakan, meskipun untuk loginnya bisa menggunakan line juga. Tapi, gue jelasin deh ke kalian semua tentang aplikasi ini.

Sekarang, bahas masalah line dulu. Mungkin kalian sudah pernah baca dan tahu mengenai line point kan? Gue juga sudah membahas bagaimana cara menukarkan line point yang kalian miliki, disana hanya untuk pengguna akun line saja. Apakah di line official account ada fitur itu? Ternyata, untuk official account memang berbeda fungsinya ya.

Beberapa Perbedaan Line Official Account Buat Kalian Tahu!

Line Official Account

Komunikasi Dua Arah

Untuk aplikasi line yang kalian gunakan saat ini, komunikasi hanya sebatas 1 arah. Dimana, kalian hanya bisa berkirim pesan ke 1 teman kalian. Kalaupun ingin ke banyak teman, kalian harus membuat sebuah grup terlebih dahulu. Sedangkan pada line official account, kalian bisa mengirimkan pesan secara langsung ke banyak orang. 

Biasanya, banyak yang menggunakan aplikasi line official untuk mereka yang memiliki usaha. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalian menggunakan aplikasi ini untuk menghubungkan fans atau beberapa orang yang berlangganan dengan channel youtube kalian, ataupun fanpages yang kalian miliki.

Proses Pendaftaran Line Account

Banyak yang mengira, akun line official ini proses pendaftarannya sama dengan line atau [email protected] Ternyata, perbedaan mendasarnya adalah pada proses pendaftaran. Pada dasarnya, aplikasi line official ini memiliki 2 jenis, yang pertama adalah account yang sudah tercipta lebih awal karena hasil kerja sama dengan line, dan yang kedua adalah line official account yang asli.

Nah, yang kedua ini lebih dikenal oleh banyak orang dengan nama [email protected] Perbedaannya adalah, selain cara pendaftaran yaitu pasar penggunanya. Untuk [email protected] sendiri lebih mengarah kepada pasar ukm atau pengusaha yang baru memulai usahanya, sedangkan line official untuk skala yang lebih besar.

Bagaimana pendaftarannya? Pada akun [email protected] kalian cukup mendaftarkan dengan mengunduh [email protected] dan memasukkan data diri bisnis kalian, sedangkan line official account prosesnya lebih kompleks, karena kalian bisa mendapatkan badge verifikasi yang menunjukan kalian sudah terdaftar resmi sebagai pemilik bisnisnya.

Fitur Untuk Pengguna Akun

Selain kedua hal diatas, ada beragam fitur yang ditawarkan oleh kalian yang menggunakan aplikasi ini. Apa saja? 

  • Pesan broadcast. LINE Official Account memungkinkan kita mengirimkan pesar broadcast langsung kepada pengikut kalian. Jadi, kalian gak perlu lagi untuk mengirim satu per satu kepada pelanggan kalian. Untuk pengguna yang gratis, ada batas pengiriman pesan setiap bulannya. Tapi, cukup untuk kalian yang baru memulai usaha dan belum begitu banyak pelanggan.
  • Rich messages. Kalau kalian mendownload aplikasi line account dan menggunakannya, kalian akan mendapatkan layanan ini. Kalian bisa menggabungkan gambar dan juga tulisan dalam 1 pesan. Kalian bisa membuat pesan yang lebih interaktif untuk menggunakan dan mengirimkan pesan kepada pengikut kalian nantinya.
  • PR page. Ini adahal fitur untuk membuat halama pres rilis, selain itu kalian bisa memberikan langsung kode promo atau voucher diskon dengan menggunakan halaman ini. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi repot memikirkan bagaimana untuk promosi, karena dengan fitur ini kalian bisa menggunakannya secara maksimal dalam 1 halaman saja.
  • Research page. Halaman ini kalian bisa menafaatkan untuk membuat polling, kuesioner dan lainnya. Nantinya, kalian bisa mendapatkan data berupa demografi pengisi kuesioner dan pemungutan suara yang telah kalian buat menggunakan halaman ini.
  • Informasi Statistik. Selain fitur diatas, kalian juga akan mendapatkan fitur ini untuk melihat beberapa hasil pengiriman pesan kalian, berapa banyak yang klik pesan kalian, berapa yang buka pesan kalian, dll. Jadi, kalian bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan pesan dan kepada siapa pesan itu dikirimkan.

Sampai disini kalian akan bertanya, berapa sih harga line official account ini? Ada beberapa paket untuk harga line official ini, detailnya seperti dibawah ya.

Harga Line Official Account

  • Paket Free. Bebas biaya bulanan dan mendapatkan 500 pesan gratis setiap bulan. Diluar itu, kalian diharuskan upgrade paket.
  • Paket Basic. Biaya bulanan sebesar Rp. 275ribu, dan mendapatkan 2500 pesan setiap bulannya. Kalau sudah lewat, dikenakan Rp. 80/pesan.
  • Paket Pro. Biaya bulanan sebesar Rp. 825ribu, dan mendapatkan 10.000 pesan setiap bulannya. Lewat dari itu, dikenakan Rp. 60/pesan.
  • Paket Universitas. Biaya bulanan sebesar Rp. 150ribu, dan mendapatkan 40.000 pesan setiap bulannya. Syaratnya, kalian cukup scan kartu mahasiswa yang ingin menjadi admin dan mengisi surat pernyatan dengan kop surat organisasi. Kalian bisa cek disini bit.ly/suratmedia.

Sampai disini, adakah yang tertarik untuk menggunakannya? Kalau tertarik, kalian bisa langsung ke line official account web yang bisa kalian kunjungi disini. Kalau mau tahu line official account gue, kalian bisa langsung ke halaman kontak aja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini