aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Seberapa Besar Efektifitas Media Sosial Untuk Blog Kalian?


By on July 23rd, 2018 in Lain - Lain

Efektifitas , emang bisa dilihat? Oh, ini banyak yang belum tahu berarti gimana caranya. Padahal, kalau kalian sudah menggunakan google analytics harusnya bisa mengimplementasikan juga yang namanya UTM dan darisana, kalian bisa melihat seberapa besar efektifitas yang kalian punya.

Google analytics sama UTM udah tahu kan kalian? Kalau belum tahu, coba baca artikel gue tentang ini. Udah pernah gue share dan cukup sering berbicara hal ini, buat apa? Biar kalian ga pusing juga kalau ada client yang minta laporan menggunakan hal ini.

Baca Juga  Melihat Nomor Resi Proses Pengiriman J&T Express

Media Sosial

Efektifitas Media Sosial

Tracking UTM

Sekarang, sepertinya sudah cukup banyak sekali ragamnya. Mulai dari facebook, twitter, sampai youtube sendiri sudah mulai banyak penggunanya. Tapi, bisa ga kalian mengukur berapa efektifitas ketika kalian menggunakan hal itu? Gue secara pribadi sering mengatakan untuk menggunakan facebook groups, google plus group untuk melakukan promosi kepada teman-teman didunia youtube yang baru memulai. Sayangnya, untuk youtube gue belum terlalu expert untuk menganalisa pengaruhnya.

Media Sosial Google Analytics

Melihat gambar diatas, itu adalah hasil 1 minggu gue melakukan percobaan mengenai efektifitas media sosial gue yang gue lakukan. Semua artikel yang gue share ke salah satu facebook groups yang gue ikuti. Hasilnya? Ada dibagian SharingFBPost, terlihatkan? Bagaimana gue melakukannya? Iya, gue memasang UTM ketika melakukan sharing. Kalian bisa baca artikel tentang UTM disini.

Lantas, setelah memasang UTM tersebut gimana cara melihatnya? Kalian bisa langsung melihat di google analytics kalian, pada bagian sebelah kiri kalian pilih bagian acquisition, kemudian pilih bagian campaign, dan klik di all campaign. Disana, akan terlihat gambar seperti gambar diatas.

Kalau kalian tipe orang yang cukup rajin, kalian membuat UTM untuk masing-masing platfrom media sosial yang kalian miliki, contoh UTM itu seperti ini:

Kalian bisa ubah bagian source, campaign dan medium seperti artikel yang sudah gue jelaskan diatas. Repot? Iya, memang hal ini cukup membuat kalian akan bekerja ekstra untuk membuat masing-masing UTM. Tapi, akan berguna ketika kalian ingin melihat seberapa besar efektifitas media sosial kalian. Apakah layak untuk dilanjutkan, atau tidak perlu kalian lanjutkan caranya.

Menggunakan URL Shortener

Banyak juga yang melihat tingkat efektifitas media sosial menggunakan shortener. Entah itu google shortener, bit.ly atau penyedia jasa layanan ini. Tidak masalah, tetapi apakah orang yang meminta laporan akan mempercayai begitu saja? Karena, pada artikel gue sebelumnya tentang custom report, banyak client yang lebih mempercayai google analytics dibandingkan dengan beberapa fitur lainnya.

Sedikit menjelaskan apabila kalian menggunakan google shortener, data yang terlampir adalah bukan data unique melainkan benar terhitung berapa banyak orang yang klik link tersebut, meskipun 1 orang klik 10 kali, data yang tertera adalah 10, bukan 1.

Baca Juga  Menikmati Persembahan Dari AQUA Temukan Indonesiamu

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, semoga kalian semua paham dan tahu bagaimana caranya untuk melihat efektifitas media sosial kalian masing-masing. Darimana sumber terbaik kalian melakukan posting atau sharing artikel terbaru kalian? Selain itu, menggunakan google analytics, UTM dan tracking lainnya dapat mempermudah kalian membaca perilaku pembaca kalian, mulai dari kota mana, topic apa yang paling disuka, dll.

Sudah ada yang mencoba dan menggunakan cara ini untuk melakukan hal tersebut? So, apa yang bisa kalian ambil dari artikel ini? Seberapa besar pengaruh atau efektifitas media sosial?

6 thoughts on “Seberapa Besar Efektifitas Media Sosial Untuk Blog Kalian?

  1. Wah, artikelnya berat nih buat saya, hehe.. Tapi pastinya bermanfaat yaa buat para blogger :)
    Btw selama ini saya belum mengamati efektivitas media sosial untuk blog. Baca statistik GA biasanya kalau bikin report aja :D

  2. Aku masih bingung soal UTM. Kenapa keingetnya UTS mulu ya? HHaha. Ntar deh aku coba resapi dulu. Tapi memang laporan di GA lengkap sih. Jadi tahu mana yang klik dari FB, dari IG, dan kalau blog post ku malah paling banyak dari google search alias SEO

  3. Dan keduanya belum pernah kulakukan. Utm baru pernah baca di sini, kalau bit.ly sdh tahu dari kapan tapi belum pernah nyoba. Makasih sharingnya Mas Aldy, berguna banget buat mengetahui efektivitas share link postingan blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *