Riset Hashtag Instagram: Cara Menemukan Hashtag Yang Powerfull

Riset Hashtag Instagram

Salah satu tantangan pengguna Instagram adalah bagaimana melakukan riset hashtag instagram yang akan digunakan saat memposting foto. Harus diakui ketika mengupload sebuah foto, penggunaan hashtag yang tepat adalah cara termudah untuk meningkatkan reach organik dari konten Instagram kalian.

Sebenarnya, apa sih untungnya menggunakan hashtag di Instagram? Ada beberapa yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan hashtag Instagram dengan tepat. Apa saja?


Riset Hashtag Instagram

Keuntungan Menggunakan Hashtag Yang Tepat

  1. Meningkatkan engagement. Engagement disini berarti, kalian akan mendapatkan jumlah likes dan juga komentar yang kalian dapat. Meskipun, semua tergantung juga dengan relevansi hashtag dengan konten kalian nantinya.
  2. Mengetahui tingkat kompetisi. Ketika kalian melakukan riset, kalian akan menjadi tahu apa saja hashtag yang akan kalian gunakan. Apakah hashtag tersebut masuk ke dalam kategori popular, tidak begitu popular, terlalu tinggi kompetisinya, atau masuk kategori spam.
  3. Mendongkrak popularitas konten. Saat konten yang kalian post masuk ke top post, maka akan semakin mudah mendatangkan orang entah untuk membeli produk atau bahkan melihat profile kalian.
  4. Menciptakan konten feed berkualitas. Selain kalian membuat hashtag yang relevan dengan konten kalian, tentu dengan sendirinya kalian akan membuat konten kalian semakin berkualitas nantinya.

Cara Melakukan Riset Hashtag di Instagram

Ada beberapa tingkatan untuk melaukan riset hashtag di Instagram. Mulai dari yang paling mudah, menengah dan cukup sulit. Lebih gampangnya kalian bisa lihat penjelasan dibawah ini untuk riset hashtag instagram ya.

Membagi Kategori Hashtag – Bisnis atau Produk

Tips sederhana untuk menggunakan riset dengan cara ini adalah membagi kategori berdasarkan kegunaannya. Apakah hashtag tersebut untuk bisnis kalian, produk yang kalian jual atau sebatas untuk hobi yang kalian senangi. Contoh sederhananya adalah dengan membagi dari bagian yang paling umum, sampai dengan yang paling spesifik.

Menggunakan Instagram Autocomplete

Cara riset cepat yang super praktis dan sering digunakan user adalah dengan memanfaatkan  pencarian hashtag di bar pencarian Instagram itu sendiri. Misalnya, dengan mengetikan 1 kata yang sesuai dengan konten kalian disana. Nantinya, akan muncul deretan hashtag lainnya mulai dari yang paling populer hingga yang biasa saja.

Tapi, saat sebuah tag yang kalian gunakan sudah diposting sebanyak ratusan ribu kali, bukan berarti tag tersebut juga sudah dikunjungi sebanyak itu. Hashtag yang sudah digunakan jutaan kali, bukan berarti sudah dikunjungi pengguna sebanyak jutaan kali juga. Cara umum yang digunakan setelah mengetahui hashtag apa yang ingin kalian gunakan, adalah menggunakan related tag yang muncul di bawah tag yang kalian klik nantinya.

Cara yang gue ajarkan ini adalah sebuah cara yang memberikan saran berdasarkan prediksi kata yang akan kalian ketik. Gampangnya, tool ini didesain untuk user Instagram, bukan marketer atau kalian yang mencari penghasilan disana.

Menggunakan Tool dari Pihak Ketiga

Bagian terbaik dari sebuah riset adalah selalu ada pihak ketiga yang bisa membantu kalian menyelesaikan riset yang kalian mulai. Kalau sudah gue sebut pihak ketiga, berarti sudah menjadi pasti akan adanya tambahan fitur yang membuat riset kalian menjadi lebih mudah dan lengkap.

Karena pihak ketiga ini bisa menjadi beberapa pilihan dan setiap tool bisa mempunyai fitur yang berbeda- beda, maka kalian bisa menentukan sendiri aplikasi pihak ketiga apa yang nyaman kalian gunakan. Entah hashtag generator atau yang bisa kalian dapatkan secara gratis atau berbayar.

Ternyata, bukan hanya hashtag youtube yang perlu kita pikirkan untuk melakukan posting video. Instagram juga menarik dengan melakukan riset terlebih dahulu. Apakah bisa hasil riset hashtag instagram digunakan ke youtube, kalian coba saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *