Rumus Excel Dasar Untuk Kalian Pelajari dan Wajib Dikuasai

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang terlihat sederhana, namun cukup banyak rumus excel dasar yang belum kalian ketahui. Sejujurnya, gue juga masih kurang begitu lancar dengan beberapa rumus dasar atau formula yang ada didalam Ms. Excel itu sendiri. Tapi, gue akan share beberapa formula sederhana yang harus banget kalian kuasai.

Kenapa gue bilang harus banget? Sebenarnya rumus sederhana yang gue gunakan ini cukup terpakai sampai nanti kalian bekerja. Untuk beberapa orang memang tidak perlu yang cukup rumit, karena biasanya dipakai untuk membuat laporan harian, mingguan atau bulanan.

8 Rumus Excel Sederhana Yang Wajib Kalian Kuasai

Rumus Excel

Sebenarnya, ada cukup banyak formula dalam microsoft excel yang ada. Tapi, gue akan berikan 10 formul excel yang akan terpakai sampai nanti kalian bekerja. Apa saja rumus atau formula excel yang wajib kalian kuasai?

1. Rumus Excel SUM

Contoh Rumus Excel SUM

Fungsi dari rumus atau formula SUM ini adalah untuk untuk menjumlahkan data-data di cell file excel yang kalian buat. Fungsi ini bisa kalian gunakan untuk menambahkan semua data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus. Contoh penggunaannya adalah seperti gambar diatas.

2. Rumus Excel IF

Contoh Rumus Excel IF

Rumus IF excel biasanya digunakan untuk menampilkan suatu nilai jika sebuah kondisi menghasilkan BENAR atau SALAH. Fungsi IF juga bisa digunakan untuk banyak kondisi dengan cara menggabungkan beberapa fungsi IF sekaligus atau yang disebut dengan IF bersarang (fungsi IF di dalam IF).

Contoh rumus if kalian bisa lihat seperti gambar diatas. Untuk penggunaan tanda “;” bisa kalian sesuaikan dengan format excel kalian. Biasanya, menggunakan tanda “,” untuk menggantikannya.

3. Rumus Excel LOOKUP

Fungsi dari rumus LOOKUP excel ini biasanya digunakan untuk mencari sebuah nilai data pada suatu kolom ataupun baris. Tapi sebenarnya, fungsi ini sudah jarang digunakan dan banyak yang beralih menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

Syntax yang digunakan =LOOKUP(lookup_value,array)

4. Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari suatu nilai data pada sebuah range atau tabel, kemudian setelah nilai tersebut ditemukan, akan memanggil atau menampilkan nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom (index kolom) yang diinginkan. Salah satu contoh penggunaannya adalah untuk menampilkan nomor telpon dari tabel data base nasabah.

Syntax yang digunakan =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

5. MATCH

Rumus match ini fungsinya adalah untuk mencari suatu nilai tertentu pada range, list atau tabel, untuk kemudian menghasilkan atau menampilkan posisi relatif nilai tersebut di range, list atau tabel tersebut. Output dari fungsi ini adalah berupa nomor urutan nilai yang dicari. Misalnya ada urutan nama A, B, C, maka posisi relatif atau urutan C ada di nomor 3.

Syntax yang digunakan =MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

6. DATE

Fungsi DATE digunakan untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang merepresentasikan suatu tanggal tertentu. Fungsi ini sangat berguna jika kita menemukan kondisi dimana tahun, bulan dan tanggal ada pada cell terpisah.

Syntax yang digunakan =DATE(year,month,date)

7. DAYS

Fungsi DAYS digunakan untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal. Fungsi ini antara lain bisa digunakan untuk melakukan hitung mundur (count down) event tertentu, atau mengetahui masa kadaluarsa suatu bahan makanan.

Syntax yang digunakan =DAYS(end_date, star_date)

8. Rumus Terbilang Excel

Terakhir adalah rumus yang biasa digunakan untuk menghitung atau mengubah hasil hitungan dari bentuk angka menjadi tulisan. Menggunakan rumus terbilang excel jauh lebih mudah dibandingkan kalian harus mengetik manual satu persatu.

Dari ketujuh rumus excel sederhana diatas, yang cukup sering digunakan adalah SUM, IF, dan Vlookup. Selebihnya, kalian bisa menggunakannya dalam waktu tertentu saja. Untuk rumus IF sendiri, kalian bisa menggabungkan dengan beberapa logika yang kalian butuhkan.

Nantinya, rumus excel IF tersebut akan berubah menjadi IF bersarang atau IF didalam IF. Selain itu, rumus excel dasar ini akan kalian gunakan juga untuk menggunakan rumus terbilang excel, karena masih dalam satu kesatuan. Semoga kalian tidak pusing dengan rumus excel ini ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA