Perbedaan Ban FDR Flemmo dan MP76

Flemmo dan MP76

Banyak yang bilang ban FDR Flemmo dan MP76 itu sama apa bila digunakan untuk harian. Apa perbedaan flemmo dan MP76 ini secara mendasar? Secara sekilas, memang kedua ban fdr ini memang terlihat sama, namun kalian akan merasakan perbedaannya setelah kalian mencoba menggunakannya untuk keseharian kalian.

Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa fdr flemmo ini adalah versi hemat kantong dibandingkan MP76. Padahal, secara karakteristik juga sudah berbeda. Secara garis besar, harga dan peruntukannya juga berbeda. Ada 2 jenis dari ban fdr flemmo ini sendiri, yaitu flemmo dan flemmo pro. Apa perbedaan fdr flemmo dan flemmo pro? 

FDR Flemmo lebih diperuntukan bagi kalian yang ingin menggunakannya sehari-hari, sedangkan sport MP76 untuk kepentingan balap road race karena memiliki tipe tubeless atau tanpa menggunakan ban dalam. 

Flemmo dan MP76

Beberapa Perbedaan Ban Flemmo dan MP76

  1. Kegunaan Ban. Sport MP76 seperti gue bilang diatas, lebih digunakan untuk kebutuhan balap. Sedangkan Flemmo, lebih cocok ke penggunaan harian. Tapi, MP76 bisa juga digunakan untuk harian kok, karena gue sudah pakai. Apa kelebihan dan kekurangan ban MP76? Kalian bisa baca sendiri.
  2. Jenis Ban. Ban Flemmo adalah tipe ban yang mengharuskan menggunakan ban dalam (tubetype), sedangkan sport MP76 tidak memerlukan penggunaan ban dalam untuk digunakan, alias tubeless.
  3. Compound Ban. Ini adalah perbedaan mendasar kedua ban ini. Flemmo, menggunakan compound ban reguler seperti ban pada umumnya. Sedangkan sport MP76 menggunakan compound lunak (soft) yang lebih cepat habis tentunya. 

Beberapa perbedaan flemmo dan MP76 diatas bisa kalian jadikan acuan ketika memilih ban motor untuk harian yang akan kalian gunakan. Sayangnya, sampai sekarang gue tulis artikel ini masih nyaman menggunakan MP76 sebagai ban harian gue. Bagaimana dengan ukuran kedua ban FDR ini?

Perbedaan Ukuran Ban Flemmo dan MP76

Untuk ban sport MP76 hanya memiliki 2 ukuran. 1 untuk penggunaan pada motor matic yaitu 90/80 ring 14, sedangkan 1 lagi untuk motor bebek 90/80 ring 17. Sedangkan untuk ban flemmo sendiri terdiri dari 9 ukuran. 3 untuk ring 14, 4 untuk ring 17 dan sisanya untuk ring 18. Untuk lebih jelas, lihat urutan ban flemmo dibawah ini.

  1. Ban fdr flemmo ring 14 ukuran 70/90
  2. Ban fdr flemmo ring 14 ukuran 80/90
  3. Ban fdr flemmo ring 14 ukuran 90/90
  4. Ban fdr flemmo ring 17 ukuran 90/80
  5. Ban fdr flemmo ring 17 ukuran 70/90
  6. Ban fdr flemmo ring 17 ukuran 80/90
  7. Ban fdr flemmo ring 17 ukuran 60/100
  8. Ban fdr flemmo ring 18 ukuran 80/90
  9. Ban fdr flemmo ring 18 ukuran 90/90

Impressi Penggunaan Ban Flemmo dan MP76

Kelebihan atau keunggulan ban fdr flemmo ini sendiri terletak pada harga, seperti diawal gue bilang. Terbilang cukup murah, harga ban fdr flemmo berkisar diangka Rp.180.000-Rp.200.00 setiap itemnya. Berbeda 2 kali lipat dengan MP76 yang mencapai angka Rp.360.000-Rp.400.000 setiap itemnya. Lantas, kekurangan ban flemmo ini apa?

Beberapa orang mengatakan, ban fdr flemmo ini terbilang cukup licin. Baik pada saat penggunaan  di aspal kering, ataupun bahas. Namun, masa penggunaan ban flemmo terbilang cukup awet. Bagiamana ketika gue menggunakan ban ini?

Sejujurnya, gue gak betah karena ban sangat licin ketika gue gunakan dan tidak nyaman sama sekali. Berbeda ketika gue menggunakan ban sport MP76 yang dengan santai gue gunakan meskipun saat hujan sekalipun. Perasaan nyaman saat memilih ban harian terasa tepat meskipun harus mengeluarkan uang cukup banyak.

Kesimpulan

Untuk kalian yang memang memilih ban dikarenakan faktor harga, silahkan kalian pilih ban flemmo untuk kalian coba. Tapi, ketika kalian memiliki dana yang cukup berlebih gue menyarankan menggunakan sport MP76 apabila kalian membandingkan flemmo dan MP76. Berbeda cerita ketika kalian sudah menggunakan jenis ban lainnya ya. Untuk rincian harga ban fdr yang gue sebutkan, kalian bisa lihat sendiri ya

Untuk saat ini, kedua ban ini memang paling banyak digunakan dan semoga kalian terbantu melihat beberapa perbedaan ban flemmo dan MP76 dari gue.