Tips Memilih Sepatu Lari Yang Tepat Untuk Pemula

Detail Sepatu

Untuk memilih sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan olahraga kalian, ada cukup banyak hal yang harus kalian perhatikan. Seperti kalian harus memikirkan ketebalan foam yang ada pada sepatu, bobot yang dimiliki sepatu tersebut sampai dengan ukuran lingkar kaki kalian sendiri. Hal ini untuk mencegah cidera pada kaki kalian saat melakukan jogging atau lari kecil.

Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Tidak jauh berbeda dengan cara memilih sepatu olahraga, kalian harus memikirkan hal yang serupa dengan yang sudah gue berikan. Beberapa tips memilih sepatu lari yang cukup berbeda diantaranya sebagai berikut:

Periksa Detail Sepatu

Detail Sepatu

Hal pertama dalam memilih sepatu lari yang akan kalian gunakan ada baiknya kalian memeriksa detail sepatu yang dipajang di toko sepatu. Mulai dari foam yang ada pada sepatu tersebut, seberapa ringan bobot sepatu tersebut dan yang terpenting adalah bagian tumit kalian menempel atau tidak pada bagian sepatu tersebut.

Saat kalian mencoba sepatu tersebut, hal yang harus diperhatikan adalah ibu jari dan bagian tumit pada kaki kalian harus benar-benar menempel pada bagian sepatu. Itulah kenapa kalian harus memeriksa detail dari sepatu yang akan kalian beli.

Cek Keseimbangan dan Stabilitas Sepatu

Keseimbangan dan Stabilitas Sepatu

Tips memilih sepatu lari yang jarang orang awam ketahui adalah tingkat keseimbangan dan stabilitas sepatu yang digunakan. Apabila kalian ingin mementingkan hal ini, cobalah kalian lihat sepatu tersebut dari atas.

Saat kalian melihat sepatu dari atas dan bagian sol sepatu terlihat lebih lebar daripada bagian atas sepatu (upper), hal ini bertanda bahwa sepatu tersebut memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik saat lari karena fondasinya cukup kuat.

Sedangkan jika sol sepatu tersebut tidak melebar, atau bahkan menekan ke bagian atas itu menandakan sepatu yang kalian pilih tersebut lebih kaku.

Periksa Bagian Upper Sepatu

Bagian Upper Sepatu

Cara ketiga untuk memilih sepatu lari yang nyaman untuk kalian gunakan adalah dengan memeriksa bagian atas (upper) dari sepatu tersebut. Apabila bagian tersebut terbuat dari bahan yang cukup kaku, kedepannya kaki kalian akan menjadi lecet saat menggunakannya.

Ada baiknya, kalian memilih bagian upper dari sepatu yang akan kalian gunakan berbahan yang cukup lembut dan bisa direnggangkan. Ini akan membuat kaki kalian lebih nyaman saat digunakan olahraga lari dan tidak membuat kaki kalian menjadi sakit.

Perbedaan Sepatu Lari dan Sepatu Training

Dari ketiga tips memilih sepatu diatas, kalian juga harus bisa membedakan antara sepatu lari dan sepatu training. Berikut ini beberapa perbedaannya yang harus kalian ketahui sebelum salah membeli untuk olahraga kalian:

Foam Lebih Tebal

Perbedaan pertama yang paling mendasar ada pada bagian foam sepatu. Untuk beberapa sepatu training, biasanya beberapa merek seperti Adidas, Nike, Reebok dll. memiliki foam yang lebih tebal dibandingkan sepatu untuk olahraga lari. Hal ini bertujuan agar menghindarkan pengguna dari resiko saat berlari dan membuat kalian lebih nyaman dalam menggunakannya.

Perbedaan Bobot Sepatu

Olahraga lari saat ini memang sudah menjadi gaya hidup, bahkan sudah cukup banyak komunitas yang dibuat oleh para pecinta olahraga ini yang berisikan anak muda. Cukup banyak yang sudah mengetahui perbedaan dari kedua jenis sepatu ini.

Pada umumnya, sepatu ini memiliki berat sepatu yang terbilang lebih ringan dibandingkan sepatu training. Hal ini bertujuan selain memberikan rasa nyaman saat menggunakannya, hal ini memberikan kemudahan dalam gerakan lari saat berolahraga.

Sepatu ini memang dibuat dengan desain yang lebih ringan, karena hal ini akan membuat seseorang penggunannya lebih mudah bergerak. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah bahwa beban yang diberikan pada kaki akan mempengaruhi kecepatan seseorang saat berlari.

Tapak Sepatu Lebih Halus

Perbedaan ketiga dari kedua jenis sepatu ini terlihat dari segi tapak pada sepatu. Kalau kalian detail dan memperhatikan bagian sol luar terasa lebih kasar dibandingkan dengan sepatu lari. Meskipun begitu apabila kalian menggunakan sepatu training, daya cengkram yang dihasilkan oleh sepati ini lebih baik.

Sekarang, kalian sudah tahukan bagaimana cara memilih sepatu lari dari tips yang gue berikan diatas? Kalau masih ada yang kurang lengkap, kalian bisa tuliskan bagaimana tips kalian dalam memilih sepatu lari di kolom komentar di bawah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *