Tips Memilih Sepatu Olahraga Sebelum Membeli Dengan Harga Mahal

Pilih Sepatu Olahraga Yang Sesuai

Sepatu olahraga, sepertinya menjadi salah satu hal yang penting untuk kalian gunakan. Baik saat kalian melakukan jogging kecil atau lari sore untuk menambah stamina kalian. Perlu kalian perhatikan, penggunaan sol pada sepatu olahraga menjadi hal yang krusial. Apalagi, penggunaan tali pada sepatu tersebut untuk membuat aktivitas kalian semakin nyaman.

Mengapa memilih sepatu olahraga dengan memperhatikan beberapa hal ini sangat penting? Apabila kalian salah dalam memilih sepatu yang akan kalian gunakan, akan memunculkan beberapa keluhan setelah memakainya. Mulai dari jari kaki yang lecet, sakit pada bagian betis sampai terasa nyeri pada pergelangan kaki kalian.

Tips Memilih Sepatu Olahraga Harian

Oleh karena itu, sol dan tali sepatu menjadi hal yang sangat krusial seperti gue bilang sebelumnya. Berikut ini beberapa cara atau tips memilih sepatu olahraga yang sesuai selain kedua hal yang sudah gue sebutkan:

Pembelian di Toko Sepatu Olahraga

Toko Sepatu

Tips atau cara memilih sepatu untuk kebutuhan olahraga kalian yang paling utama adalah dengan membeli pada toko khusus sepatu olahraga. Kenapa? Biasanya, staff atau penjaga toko tersebut sudah memahami kebutuhan sepatu kalian sesuai dengan olahraga yang sesuai.

Seperti penggunaan sol yang seperti apa, tali sepatu yang bagaimana dan hal lainnya sesuai dengan olahraga yang akan kalian lakukan dengan sepatu tersebut. Jadi, kalian tidak sampai salah pilih sepatu yang akan kalian gunakan untuk berolahraga.

Ukuran Sepatu Olahraga Saat Kaki Maksimal

Ukuran Sepatu

Tips kedua untuk memilih sepatu olahraga yaitu dengan menggunakan ukuran sepatu yang maksimal. Hal ini bisa kalian lakukan pada malam hari atau setelah kalian melakukan aktivitas seharian penuh. Dengan melakukan cara ini, kalian akan merasakan apakah sol sepatu yang digunakan membuat kalian nyaman atau tidak layak digunakan.

Sekedar informasi tambahan untuk kalian yang ingin menggunakan sepatu untuk berolahraga lari, bulutangkis atau olahraga apapun jangan pernah menggunakan sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit atau terlalu pas, usahakan memberikan celah sebesar 1cm saat kalian gunakan.

Selain itu, jangan paksakan sepatu tersebut terlalu longkar. Tumit kaki kalian harus melekat dengan sepatu yang akan kalian gunakan, hal ini untuk mencegah pergelangan kaki terkilir atau hal lainnya yang tidak kalian inginkan. 

Utamakan Tingkat Kenyamanan

Utamakan Tingkat Kenyamanan

Untuk tingkat kenyamanan, jangan pernah kalian mempercayai bahwa sepatu akan semakin nyaman setelah beberapa kali kalian gunakan. Cara memilih sepatu olahraga ini biasa gue lakukan untuk membeli sepatu bulutangkis dengan mempertimbangkan sol sepatu yang berbahan karet, tali sepatu yang tidak terlalu panjang dan memastikan sepatu tersebut cukup nyaman gue gunakan mulai dari saat mencoba pertama kali.

Gunakan Kaos Kaki

Gunakan Kaos Kaki

Cara berikutnya untuk memilih sepatu olahraga adalah dengan mencoba sepatu tersebut saat kalian menggunakan kaos kaki. Seperti kita ketahui, saat berolahraga kita selalu menggunakan kaos kaki dalam aktivitas tersebut. 

Pastikan tingkat kenyamanan kalian saat mencoba sepatu tersebut dengan menggunakan kaos kaki, tetap nyaman saat dibawa untuk beraktivitas. Mintalah izin pada petugas toko menggunakan kedua sepatunya, dan bawa lari kecil untuk menentukan apakah sepatu olahraga tersebut nyaman kalian gunakan atau tidak.

Pilih Sepatu Yang Sesuai

Pilih Sepatu Yang Sesuai

Tips memilih sepatu olahraga yang terakhir dan perlu kalian pertimbangkan adalah jenis sepatu olahraga apa yang akan kalian beli. Misalkan, kalian menggunakan sepatu tersebut untuk olahraga lari dan intensitas kalian melakukannya cukup sering atau kalian ingin menggunakan sepatu untuk berkendara, itu akan berbeda.

Pastikan, kalian membeli sepatu khusus untuk hal tersebut. Mulai dari pemiliah sol sepatu, bahan alas pada sepatu tersebut, tali sepatu yang digunakan dan lain sebagainya.

Jenis Sepatu Olahraga Sesuai Kebutuhan

Sebenarnya, ketika kalian memilih jenis sepatu yang akan kalian gunakan ada beberapa kategori mulai dari sepatu lari, sepatu bulutangkis dan beberapa sepatu untuk olahraga lapangan. Bagaimana cara memilih sepatu yang tepat untuk jenis olahraga yang kalian lakukan? Berikut ini cara memilih jenis sepatu olahraga sesuai dengan kebutuhan kalian:

Sepatu Untuk Lari

Jenis sepatu yang satu ini cukup flexible, mulai dari penggunaan sol sampai dengan alas kaki yang digunakan. Hal ini membuat kalian nyaman saat menggunakan melangkah. Tetapi, ketika membeli sepatu jenis ini tidak akan cocok dengan olahraga yang membutuhkan banyak gerakan kesamping seperti tenis.

Sepatu Aerobik

Apabila kalian memilih jenis sepatu aerobik, kalian harus memikirkan tingkat fleksibilitas dan dapat membantu menopang bada kalian. Hal ini ditujukan untuk meredam sekaligus meminimalisir benturan pada kaki kalian.

Sepatu Basket dan Olahraga Lapangan

Apabila aktivitas olahraga kalian lebih sering untuk melakukan permainan lapangan seperti basket, kalian harus memikirkan antara tingkat fleksibilitas sepatu tersebut dan juga harus mendukung gerakan ke samping. Hal ini ditujukan agar kenyamanan saat bergerak tetap terjaga.

Sepatu Sepak Bola

Sepertinya, untuk memilih sepatu olahraga yang sering kalian gunakan untuk bermain sepak bola kalian sudah paham. Mulai dari penggunaan pull seperti apa, tali sepatu yang lebih pendek, jumlah pull pada alas sepatu dan lain sebagainya.

Jika kalian memaksakan sepatu yang akan kalian gunakan tidak sesuai, biasanya akan terjadi beberapa resiko. Mulai dari terkilir, sampai hal kecil seperti kapalan pada permukaan kulit bagian kaki kalian sendiri.

Sampai sini, semoga kalian sudah tahu ya beberapa cara atau tips memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga kalian. Kalau ada yang kurang terkait bagaimana cara atau tips memilih sepatu olahraga yang gue bagikan, silahkan berkomentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *