5 Rekomendasi Helm Sepeda Lipat Untuk Kalian Gunakan

Bicycle Helmet Avand A-20

Kegiatan bersepeda merupakan sebuah kegiatan olahraga yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang, lantas rekomendasi helm sepeda lipat seperti apa yang layak digunakan? Bagi para pengendara sepeda ataupun sepeda motor, helm merupakan sebuah benda wajib yang digunakan untuk melindugi kepala dari hal yang tidak diinginkan ataupun saat kalian terjatuh dari sepeda.

7 Rekomendasi Helm Sepeda Lipat

Cukup banyak brand atau merek yang memberikan beberapa rekomendasi helm sepeda lipat saat kalian membeli sepeda untuk pertama kali. Namun, jangan sampai salah pilih helm sepeda yang akan kalian gunakan ya. Apa saja helm yang cocok untuk sepeda lipat? Berikut ini beberapa rekomendasi helm sepeda lipat yang bisa kalian gunakan untuk penggunaan harian atau saat berolahraga:

Helm Sepeda Kids Wave

Helm Sepeda Kids Wave

Rekomendasi helm sepeda lipat yang pertama adalah helm sepeda kids wave. Mengapa gue rekomendasikan helm ini? Hal yang paling penting adalah helm sepeda yang satu ini sudah memenuhi standar CE (Chartered Engineers).

Helm ini memiliki sepuluh lubang ventilasi udara yang membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Shell pada helm sepeda ini digabung dengan foam yang ringan dan mampu meminimalisir efek benturan yang terjadi. Salah satu helm yang cocok untuk sepeda lipat yang satu ini memiliki ukuran 52 cm – 56 cm. 

Bicycle Helmet Avand A-20

Bicycle Helmet Avand A-20

Rekomendasi helm sepeda lipat yang berikutnya adalah keluaran dari Avand. Helm yang cocok untuk sepeda lipat ini Terbuat dari bahan serat EPU yang membuat helm sepeda lipat ini mampu meredam guncangan ataupun benturan menjadi lebih maksimal. Ditambah lagi dengan busa yang terbilang cukup empuk, membuat helm ini cukup nyaman digunakan.

Untuk kalian yang memiliki lingkar kepala sebesar 57 cm sampai dengan 61 cm, helm sepeda lipat yang satu ini terbilang cocok untuk kalian gunakan. Ditambah lagi, harga yang terbilang cukup masuk akal menjadikan helm ini pilihan tepat untuk kalian yang ingin mencari helm ekonomis namun terbilang masih aman untuk kepala kalian.

Helm Sepeda Genio G16

Helm Sepeda Genio G16

Rekomendasi helm sepeda lipat yang ketiga jatuh kepada helm sepeda genio G16. Sudah dilengkap dengan visor yang membuat mata kalian tidak terkena sinar matahari langsung, dan juga sudah disematkan scottlite yang membuat kalian tetap terlihat saat berkendara menggunakan sepeda kalian pada malam hari.

Helm sepeda lipat yang satu ini merupakan salah satu helm yang ramah di kantor, namun memiliki kualitas yang cukup tinggi. Kalian tidak perlu memikirkan ukuran yang ada pada helm ini, karena bersifat all size yang siapa saja bisa menggunakannya.

Bicycle Helmet Gloss Titanium Aerogo

Untuk kalian yang memiliki lingkar kepala cukup kecil berkisar antara 51 cm sampai 54 cm, gue bisa memberikan rekomendasi helm sepeda lipat terbaik yang satu ini. Bahkan, ukuran terbesar yang dikeluarkan oleh mereka bisa mencapai ukuran 58 cm sampai dengan 62 cm, yang membuat kalian pemilik kepala cukup besar bisa tetap aman.

Shell bagian dalam terbuat dari micrshell yang terbilang cukup tahan lama. Ditambah dengan foam bagian dalam dicetak langsung ke bagian microshell yang membuat daya tahan helm ini semakin tinggi. Kalian cukup membeli 1 buah helm sepeda lipat yang bisa digunakan untuk bertahun-tahun.

Core Bike Helmet Inbike MX-3

Core Bike Helmet Inbike MX-3

Rekomendasi helm sepeda lipat terbaik yang terakhir adalah keluaran dari pabrikan Inbike beripe MX-3. Untuk mengenai ukuran helm sepeda lipat yang satu ini, cocok untuk kalian yang memiliki ukuran lingkar kepala dari 56 cm sampai dengan 62 cm saja. Masih terbilang cukup untuk kalian yang terbiasa dengan helm ngepress di kepala.

Bahan yang digunakan untuk membuat produk ini adalah kombinasi dari PVC shell plus EPS foam yang membuat helm sepeda lipat ini cukup empuk dan bisa menahan kepala kalian dari benturan. Windproof lens-nya juga akan melindungi mata Anda dari angin dan debu saat bersepeda.

Cara Memilih Helm Sepeda Lipat

Diatas adalah beberapa helm yang cocok untuk sepeda lipat yang bisa gue berikan untuk kalian semuanya. Namun, jangan sampai rekomendasi helm sepeda lipat yang gue berikan diatas untuk kalian ikuti mentah-mentah. Kalian juga harus tahu bagaimana cara memilih helm sepeda lipat yang cocok untuk kalian gunakan. Berikut ini beberapa tips memilih helm sepeda lipat untuk kalian ketahui:

Sesuaikan Dengan Bentuk Kepala

Cara pertama dalam memilih helm sepeda entry level adalah dengan menyesuaikan dengan jenis kepala kalian. Pada umumnya, jenis kepala yang ada pada orang rata-rata di Asia berjenis lonjong ataupun bulat. Tentu, setelah kalian menyesuaikan dan tahu akan jenis kepala kalian, memilih helm sepeda menjadi sangat mudah tanpa harus bertanya kepada orang lain.

Lihat Kelebihan Helm Sepeda Tersebut

Cara memilih helm sepeda yang kedua adalah dengan melihat beberapa fitur kelebihan yang ada pada helm yang akan kalian beli. Apakah busa lebih halus, foam yang ringan, ataupun shell yang memiliki ventilasi udara sesuai dengan kebutuhan kalian.

Selain itu, yang perlu kalian lihat adalah desain dan material yang digunakan pada helm sepeda yang akan kalian beli. Terakhir adalah kesesuaian harga dengan dana yang kalian miliki saat ingin membeli helm sepeda lipat harian kalian.

Lihat Sertifikasi

Apabila kalian ingin mengikuti sebuah perlombaan sepeda, helm yang memiliki sertifikasi sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena saat kalian berlomba dan menggunakan sepeda dengan kecepatan tinggi ataupun mengikuti perlombaan di hutan, kalian memiliki resiko terjatuh yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, apabila sudah mendapatkan sertifikasi untuk lomba, helm yang memang dirancang khusus untuk perlombaan dan mampu memberi perlindungan lebih sangat direkomendasikan untuk kalian gunakan.

Tabel Perbandingan Helm Sepeda Lipat

Untuk mempermudah kalian semuanya melihat rekomendasi helm yang cocok untuk sepeda lipat yang gue berikan diatas, kalian bisa melihat tabel perbandingan yang gue berikan dibawah ini:

Helm Sepeda LipatHargaUkuranKelebihanBerat Helm
Helm Sepeda Kids WaveRp175.000,00M (52-56 cm)Sudah bersertifikasiTidak disebutkan
Bicycle Helmet Avand A-20Rp160.000,00M/L (57-61 cm)Helm ekonomis yang kuatTidak disebutkan
Helm Sepeda Genio G16Rp135.000,00L (all size)Harganya sangat ramahTidak disebutkan
Bicycle Helmet Gloss Titantium AerogoRp350.000,00S-M (51-54 cm), M-L (54,5-57,5 cm), dan L-XL (58-62 cm)Super durable untuk digunakanTidak disebutkan
Core Bike Helmet Inbike MX-3Rp390.000,00M (56-59 cm) dan L (59-62 cm)Fungsional230 gram

Apabila kalian ingin melihat beberapa rekomendasi sepeda lipat yang bisa kalian miliki, silahkan dilihat artikel gue sebelumnya untuk kalian baca. Ada juga beberapa merek sepeda lipat dibawah 3 Jutaan yang bisa kalian miliki untuk sebatas menyalurkan hobi ataupun berkumpul dengan teman komunitas kalian.

Sekian dulu informasi terkait helm sepeda lipat yang cocok untuk digunakan harian yang bisa gue berikan kali ini untuk kalian. Apabila kalian memiliki rekomendasi helm sepeda lipat lainnya, silahkan tuliskan dikolom komentar di bawah ya.