Cara Menghitung Persen Diskon Beserta Rumus Perhitungannya

Beberapa orang yang suka berbelanja online, masih cukup banyak yang salah dalam menghitung persen dari harga yang sudah mendapatkan diskon. Sebagai contoh, ketika kalian mendapatkan sebuah harga promo bertuliskan 50%+20%. Bagaimana cara menghitung yang benar untuk menentukan berapa yang harus kalian bayar?

Apa Itu Persen (%)?

Sebelum lebih jauh untuk menggunakan rumus perhitungan yang benar, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan persen itu sendiri. Persen biasanya kita gunakan untuk menggambarkan suatu data dalam bentuk persentasi.

Persen sendiri biasanya digunakan untuk menghitung persentase suku bunga, kenaikan jumlah penduduk, diskon, penurunan hasil dan lain sebagainya. Tanda persen digambarkan dengan sebuah lambang, yaitu %.

Cara Menghitung Persen (%) Menggunakan Rumus

Sebenarnya, untuk menghitung persen sendiri dapat menggunakan sebuah rumus matematika. Hal ini akan membuat kalian menjadi lebih mudah dalam menghitungnya. Kalian bisa mengganti bentuk pecahan, desimal ataupun bentuk lainnya yang memungkinkan untuk diubah menjadi bentuk persen (%) dengan rumus seperti dibawah ini:

Menghitung Persen

Dari rumus diatas, kita bisa menggunakannya untuk menghitung diskon dari sebuah harga. Bagaimana contoh menghitung persentasenya? Contohnya adalah ketika kalian ingin membeli sebuah baju yang berharga Rp 50,000. Kemudian ada tulisan bahwa baju tersebut mendapatkan diskon 10%. Berapa harga baju setelah mendapatkan diskon tersebut?

Pertama-tama, kalian harus menghitung besaran harga yang mendapatkan diskon 10% tersebut. Caranya, silahkan lihat gambar dibawah ini:

Potongan Diskon Persen

Setelah kalian mengetahui harga yang didapatkan dari diskon 10% tersebut. Barulah kalian menghitung harga awal dari baju tersebut dikurangi dengan harga diskon yang sudah kalian hitung sebelumnya. Jadi, kalian harus membayar baju tersebut setelah diskon sebesar:

Rp. 50.000 (harga baju awal) dikurangi dengan Rp. 5.000 (potongan diskon 10%), berarti harga baju setelah mendapatkan diskon adalah Rp. 45.000.

Cara Menghitung Persen (%) Dua Kali

Maksudnya seperti apa nih? Kok persen dua kali? Begini, siapa disini yang pernah melihat sebuah iklan promosi atau gambar yang bertuliskan diskon 50%+20%? Apakah itu berarti kalian mendapatkan diskon sebesar 70 persen? Ternyata, masih banyak lho yang salah menghitung persen dengan tulisan seperti ini.

Gue akan kasih contoh kepada kalian, masih soal baju dengan harga Rp. 50.000 seperti contoh diatas. Namun, disini kalian akan mendapatkan potongan harga diskon sebesar 50%+20%. Untuk menghitung harga yang kalian dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kalian harus tahu terlebih dahulu potongan harga dari diskon 50%.

Sekarang, kalian sudah tahu jumlah potongan harga dari 50 persen adalah Rp. 25.000. Berarti, harga yang harus kalian bayarkan adalah Rp. 50.000 dikurangi Rp. 25.000, yaitu Rp. 25.000

  • Kedua, kalian hitung lagi angka 20 persen-nya. Tetapi, bukan dari Rp. 50.000 melainkan dari harga setelah mendapatkan diskon yaitu Rp. 25.000.

Potongan Diskon 20 Persen

Sekarang diskon 20 persen dari harga setelah diskon 50% adalah Rp. 5.000. Berarti, kalian harus membayarkan sebesar Rp. 25.000 dikurangi Rp. 5.000, yaitu Rp. 20.000

Apabila kalian menggunakan rumus perhitungan langsung dengan menjumlahkan diskon 50%+20% maka hasil yang akan didapatkan untuk membayar baju tersebut adalah Rp. 12. 500 yang dimana itu adalah salah.

Pada kehidupan nyata, cara menghitung persen seperti ini masih banyak yang salah. Entah karena sudah tergiur dengan harga yang cukup murah setelah diskon, atau mereka memang lupa cara menghitung persen saat masih sekolah dulu.

Semoga, adanya artikel ini bisa mengingatkan kalian lagi dalam menghitung persen sebuah harga, apalagi saat diskon mulai banyak bertebaran. Jangan sampai ketipu lagi ya sama angka persen seperti ini, kan kalian sudah tahu bagaimana cara menghitung persen yang benar.

2 Replies to “Cara Menghitung Persen Diskon Beserta Rumus Perhitungannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *