Beberapa Rekomendasi Oli Mesin Motor Untuk Digunakan Harian

TOP 1 SMO Action Plus

Oli mesin yang kalian gunakan akan membuat motor bebek atau matic kalian semakin nyaman digunakan, ada beberapa rekomendasi oli mesin motor yang bisa kalian sesuaikan dengan spesifikasi motor harian kalian tentunya. Mulai dari yang memiliki SAE 15W-20 sampai 20W-50 yang memiliki kriteria berbeda saat menggunakannya.

5 Rekomendasi Oli Mesin Motor Untuk Harian

Sebenarnya, penggunaan oli motor harus sesuai peruntukannya. Apakah digunakan pada motor bebek harian atau balap, ataupun penggunaan oli mesin motor untuk motor matic. Berikut ini beberapa rekomendasi oli  mesin motor bebek dan matic yang bisa kalian gunakan untuk keperluan penggunaan harian:

Shell Advance AX7

Rekomendasi Oli Mesin shell advance ax7 10w-40

Oli mesin motor shell advance AX7 ini merupakan salah satu rekomendasi pertama yang bisa gue berikan. Selain karena memiliki harga terjangkau, oli mesin shell ini juga pernah gue gunakan saat mengganti oli mesin dari penggunaan oli motor pabrikan yang gue punya. Jenis oli motor shell ini terbilang jenis semi sintetis dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp. 45.000 – Rp. 55.000 tergantung tempat penjualan.

Memiliki 2 jenis SAE yang bisa kalian pilih, yaitu 10W-40 dan 10W-30 dan sudah memiliki sertifikasi JASO MB dengan API SM, membuat motor kalian terasa halus saat digunakan. Untuk lebih jelas masalah review shell AX7 ini, bisa kalian baca sendiri di artikel gue yang lainnya ya.

Yamalube Super Sport Oil

Rekomendasi Oli Yamalube Super Sport Oil

Untuk kalian yang menggunakan motor sport, salah satu rekomendasi oli mesin motor yang bisa kalian gunakan adalah oli Yamalube Super Sport yang satu ini. Salah satu keunggulan yang dimiliki oli ini adalah dapat membersihkan celah sempit pada mesin motor dan juga melumasi bagian tersebut agar menghasilkan gesekan yang cukup halus.

Sama seperti yang sebelumnya, oli ini memiliki jenis oli mesin sintetis dan memiliki SAE 10W-40. Dari sisi sertifikasi, oli mesin motor sport yang ini memiliki API SL dan juga JASO MA yang dapat memaksimalkan kinerja mesin pada motor sport Yamaha. Kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 70.000 – Rp. 85.000 saja.

TOP 1 SMO Action Plus

Oli Mesin TOP 1 SMO Action Plus

Apabila kalian menggunakan jenis motor bebek seperti Revo atau Supra X 125 dan juga menggunakan motor sport CB 150 atau CBR 250, salah satu rekomendasi oli mesin motor yang bisa kalian gunakan adalah pabrikan yang satu ini. Kenapa? Selain menggunakan jenis oli sintetis, SAE oli ini juga terbilang cocok dengan motor bebek dan motor sport yaitu 10W-30.

Selain itu, harga yang terbilang murah hanya sekitar Rp. 43.000 kalian bisa membuat mesin motor kalian menjadi semakin halus dan semakin nyaman saat digunakan.

Castrol Power 1 Racing 4T

Castrol Power 1 Racing 4T

Untuk rekomendasi oli motor bebek berikutnya terbilang cukup mahal harganya, sekitar Rp. 155.000 yaitu castrol power 1 racing. Biasanya, oli mesin motor ini digunakan untuk kebutuhan balap, namun tidak menutup kemungkinan digunakan pada motor bebek harian atau motor sport harian yang kalian miliki.

Merek oli ini termasuk salah satu jenis oli sintetis yang memiliki SAE 10W-40 dan sudah memiliki API SL dan JASO MA-2 yang akan meningkatkan tenaga mesin motor kalian untuk berkendara melewati batas kecepatan yang maksimum.

AHM Oil MPX-1

AHM Oil MPX-1

Sebenarnya, banyak juga yang menggunakan oli mesin motor yang satu ini dan gue memberikan kalian rekomendasi untuk digunakan apabila kalian menggunakan motor yang memiliki tipe kopling basah baik itu motor bebek ataupun motor sport. Salah satu keunggulan dari penggunaan oli AHM MPX-1 ini adalah penguapan yang sangat minim.

Jenis oli yang ini sama dengan yang lainnya, yaitu oli sintetis dengan SAE 10W-30. Selain itu, sudah memiliku API SL dan juga JASO MA yang membuat motor kalian semakin nyaman untuk digunakan sehari-hari. Kalian bisa mendapatkan rekomendasi oli mesin motor ini dengan harga Rp. 40.000 saja.

Dari ke 5 oli mesin motor baik untuk motor bebek ataupun motor matic diatas, bisa kalian gunakan sesuai dengan spesifikasi motor harian kalian tentunya. Apabila kalian tidak menemukan oli motor yang sesuai, kalian bisa mencarinya sendiri dengan membaca beberapa tips memilih oli motor yang sudah pernah gue tuliskan juga di blog ini.

Lantas, oli mesin apa yang gue gunakan pada motor Honda revo yang gue gunakan? Kalian yang sudah sering melihat tulisan gue pasti tahu, kalau motor gue menggunakan oli pertamina fastron techno (hijau) yang notabene oli mesin tersebut diperuntukan untuk mesin mobil.  Kenapa akhirnya gue menggunakan oli mesin mobil untuk motor gue? Kalian bisa baca artikelnya sendiri disana ya.

Setelah melihat ulasan yang gue berikan diatas, pasti kalian bertanya-tanya sebenarnya, seberapa penting sih memikirkan SAE yang tepat dan harus mengganti oli mesin tepat waktu? apa yang bisa terjadi akibat jarang ganti oli? Ini juga kalian bisa ketahui dari tulisan gue mengenai oli motor lainnya, jadi jangan pernah sepelekan mengganti oli mesin motor tepat waktu.

Lantas, bagaimana dengan kalian? Silahkan kalian tulis beberapa rekomendasi oli mesin motor yang biasa kalian gunakan di kolom komentar ya.