Ketahui Dahulu Jenis dan Warna Kaca Helm Untuk Siang dan Malam Hari

Warna Kaca Helm Motor Full Face

Untuk para pecinta helm, tentu akan mencari beberapa warna kaca helm yang cocok untuk siang ataupun malam. Sebenarnya, ada beberapa pilihan warna yang bisa mereka gunakan untuk helm kesayangannya mulai dari light smoke, dark smoke, iridium silver, iridium blue dan lainnya. Lantas, apa sebenarnya perbedaan antara light smoke dan dark smoke?

Jenis Visor Helm Full Face Motor

Sebelum membahas hal tersebut, masih banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya visor helm ada 2 jenis, yaitu flat visor dan visor biasa (cembung). Apa bedanya atau perbedaan flat visor dan visor biasa (cembung) ini? Perbedaan yang cukup mendasar antara keduanya adalah flat visor sendiri memiliki permukaan yang rata atau datar, sedangkan visor cembung terlihat melengkung.

Sebagai aksesoris helm full face, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan flat visor yang dimiliki. Salah satu kekurangan flat visor adalah tingkat aerodinamika yang kurang baik dibandingkan dengan visor biasa (cembung). Ini sudah pernah gue bahas lengkap di artikel sebelumnya mengenai visor helm.

Untuk helm yang sudah menggunakan flat visor sejak awal pembelian ada beberapa merek lokal seperti NHK dan KYT. Selebihnya, helm full face 3 jutaan atau lebih yang terbilang cukup mahal seperti AGV, Shoei, HJC, Shark, Arai dan lain sebagainya. Tetapi, beberapa helm yang ingin mengganti dari visor biasa (cembung) ke flat visor juga bisa, seperti helm NHK terminator yang gue miliki.

Warna Kaca Helm Motor Full Face

Untuk warna kaca helm, lebih bervariasi apabila kalian menggunakan flat visor dibandingkan dengan visor biasa (cembung). Mulai dari light smoke dan dark smoke, sampai iridium silver, iridium blue dan juga iridium gold. Lantas, visor yang cocok untuk siang dan malam saat berkendara? Berikut beberapa warna kaca helm yang bisa kalian gunakan:

Light Smoke

Warna Kaca Helm Motor Full Face

Apa bedanya visor light smoke sama dark smoke? Berdasarkan pengalaman, menggunakan visor light smoke lebih nyaman digunakan baik siang ataupun berkendara pada malam hari. Hal ini disebabkan kandungan gelap pada visur light smoke sekitar 50% sampai 60% saja, yang membuat kalian masih bisa melihat jalanan atau benda sekitar pada saat malam hari.

Sampai saati ini, visor light smoke masih terbilang cukup aman sebagai kaca helm untuk malam hari. Untuk siang hari? Masih sangat baik, kalian tidak merasa terlalu gelap disaat mendung dan tidak terlalu silau saat matahari cukup terik.

Dark Smoke

Warna Kaca Dark Smoke

Apa perbedaan light smoke dan dark smoke? Untuk kalian yang lebih suka pandangan saat berkendara lebih redup, gue bisa menyarankan penggunaan dark smoke visor. Kadar gelap dari dark smoke visor sendiri berkisar antara 80% sampai 90% tergantung dari pabrikan yang mengeluarkannya.

Sebagai contoh, ketika gue menggunakan dark smoke pada kyt nx race, masih bisa ditolerir untuk kadar gelap dibandingkan dengan kepunyaan kyt R10. Untuk dark smoke sendiri, lebih cocok sebagai kaca helm untuk siang hari untuk yang tidak ingin merasa silau saat matahari terik.

Iridium

Warna Kaca Helm Iridium

Pilihan terakhir ada pada kalian apakah ingin menggunakan flat visor iridium atau tidak, karena pada dasarnya visor iridium adalah visor berwarna yang memiliki 3 varian yang gue ketahui yaitu gold, silver dan blue. Apa bedanya visor iridium dan dark atau dark smoke? Ketiganya sama dengan dark smoke, namun pada bagian depan memiliki warna yang membuat tampilan helm kalian menjadi ciamik.

Sebenarnya, ada 1 warna kaca helm yang cukup sering ditemukan di jalan raya yaitu mirror visor. Kurang lebih sama dengan iridium silver, gold ataupun blue. Hanya saja, ketika kalian melihat dari luar tidak akan terlihat bagian dalamnya tetapi dari dalam tetap terlihat jernih ke bagian luarnya.

Kesimpulan

Dari beberapa warna kaca helm diatas, kalian sudah bisa tahu perbedaan visor light smoke dan dark smoke begitupun dengan perbandingan kaca iridium dengan dark smoke. Untuk penggunaan siang dan malam hari, gue lebih menyarankan penggunaan light smoke dibandingkan dengan yang lainnya. Tergantung dengan kesehatan mata yang kalian gunakan, tetapi akan lebih nyaman menggunakan warna kaca helm light smoke.