Perbedaan KYT NFR dan TT Course, Jangan Sampai Salah Beli Helm!

Desain Helm TT Course

Sebelum membeli helm KYT NFR atau TT Course, tentu kalian harus tahu beberapa perbedaan KYT NFR dan TT Course agar kalian tidak salah. Sekilas, kedua helm ini memang terlihat serupa tetapi performa saat kalian menggunakannya akan terasa berbeda. Mulai dari bobot helm, ventilasi udara dan kenyamanan saat digunakan berkendara sehari-hari

Bedanya KYT NFR dan TT Course

Melihat maraknya penggunaan helm ini untuk berkendara sehari-hari, memang tidak salah. Selain desain yang cukup menarik, kedua helm ini memiliki bobot yang hampir sama. Bedanya KYT NFR dan TT Course sendiri dalam hal bobot hanya berbeda 50 gram saja, lebih ringan TT Course dibanding NFR.

Selain itu, berikut ini beberapa perbedaan KYT NFR dan TT Course yang bisa menjadi pertimbangan kalian sebelum membelinya:

Spesifikasi KYT NFR dan TT Course

Untuk lebih jelas terkait perbedaan kedua helm ini, silahkan kalian lihat tabel perbandingan yang sudah gue buatkan dibawah ini:

 Spesifikasi Helm NFR TT Course
MaterialADT resin injection (Thermoplastic)ADT resin injection (Thermoplastic)
Berat1500 +- 50 gram1450 +- 50 gram
ChinstrapDouble D RingDouble D Ring
Jenis & Material Visor(Polycarbonate)

Flat Visor

(Polycarbonate)

Flat Visor

Mekanisme Visor(ratchet) quick release(ratchet) quick release
Visor Optic Class 1YesNo
Antifog Ready / pinYesYes
Double VisorYesN/A
Shell Size22
Removable Inner LinerYesYes
Removable Cheek PadsYesYes
Multipoint VentilationYesYes
Mouth VentYesYes
Front VentN/AYes
Top VentYesYes
Rear VentYesYes
StandarisasiSNI, DOT, ECESNI, DOT, ECE
Glasess FitYesYes
Nose GuardYesYes
Chin CurtainYesYes
SpoilerYesYes

Dari tabel perbandingan kedua helm ini sudah terlihat jelas. Ada beberapa kelebihan helm KYT NFR dibandingkan dengan TT Course. Letak keunggulannya yang gue berikan warna merah, yaitu KYT NFR sudah dibekali dengan double visor dan memiliki visor optic class 1. Sedangkan KYT TT Course belum dilengkapi kedua hal tersebut.

Sebaliknya, kelebihan KYT TT Course dibandingkan dengan NFR ada pada bagian front vent dan bobot helmnya. Seperti gue bilang diatas, bobot KYT TT Course lebih ringan 50 gram dan sudah memiliki front vent yang membuat ventilasi udara saat berkendara lebih nyaman dibandingkan dengan KYT NFR itu sendiri.

Desain Helm

Desain Helm KYT TT Course

Perbedaan kedua yang cukup mendasar adalah desain kedua helm ini sendiri. Sama-sama memiliki top vent, tetapi pada NFR posisinya lebih tepat ditengah dibandingkan dengan TT Course yang lebih disamping dan agak sedikit kebelakang. Kedua helm ini memiliki mode aerodinamis yang cukup baik dan terlihat seperti helm yang digunakan diajang balap motogp.

Apabila kita melihat bagian depan kedua helm ini, terlihat cukup jelas bedanya NFR dan TT Course sendiri. KYT NFR tidak dilengkapi dengan front vent dan untuk membuka visor helm berada dibagian samping. Sedangkan KYT TT Course sudah dilengkapi dengan front vent ditambah letak buka tutup kaca helm motor berada ditengah.

Selain itu, bentuk dagu kedua helm ini juga berbeda. Bagian dagu NFR terlihat lebih lebar dibandingkan dengan TT Course yang lebih tirus. Kedua helm motor ini bisa kalian gunakan untuk harian, balap atau sekedar untuk sunday morning ride bersama teman-teman komunitas atau lainnya.

Harga Helm NFR dan TT Course

Desain Helm KYT NFR

Perbedaan ketiga adalah adalah dari kedua helm itu sendiri. Sebenarnya, untuk helm KYT yang berjenis ini ada 3 varian yang serupa. KYT TT Course, NFR dan terakhir adalah NX Race yang sudah pernah gue review di blog ini. Kalian bisa baca sendiri reviewnya.

Untuk tingkatan tersebut, bedanya KYT NFR dan TT Course dari sisi harga terbilang cukup jauh hampir 1 juta rupiah. Helm KYT NFR polos beberapa toko online atau offline memberikan harga sekitar Rp. 1.800.000, sedangkan KYT TT Course polos berada diharga Rp. 800.000. Begitupun dengan beragam motif helm KYT NFR atau TT Course. Kalian sudah bisa tebak berapa perbedan harganya.

Kalian Pilih NFR atau TT Course?

Setelah melihat beberapa kelebihan atau keunggulan helm KYT NFR, apakah kalian akan membelinya? Bagaimana dengan kelebihan KYT TT Course? Semua tergantung pilihan kalian masing-masing. Beda harga yang cukup signifikan hanya memberikan perbedaan pada penggunaan double visor semata. Apakah kalian akan membeli NFR?

Balik lagi, hal yang perlu kalian pertimbangkan dalam memilih helm motor full berbeda-beda. Tetapi, kalian bisa baca tips memilih helm motor yang tepat agar kalian bisa menentukan ingin membeli helm yang mana setelah tahu apa saja perbedaan KYT NFR dan TT Course itu sendiri, semua ada ditangan kalian ya!


ARTIKEL MENARIK LAINNYA