Cara Membuat Donat

Cara Membuat Donat Lembut, Empuk dan Mengembang

Cara Membuat Donat

Cara membuat donat supaya lembut dan mengembang perlu tips dan pengetahuan tentang teknik pembuatan donat yang benar. Tips kali ini akan membahas pembuatan donat dengan ragi agar mendapatkan donat yang lembut dan empuk.

Perhatikan resep untuk membuat donat empuk dan mengembang berikut ini:

  • Teknik pengolahan adonan donat penting agar ragi dan bahan lain bercampur rata. Sebaiknya memasukan air hangat dulu kedalam wadah, taburkan ragi tersebut baru masukan adonan lain kedalamnya.
  • Gunakan tepung terigu Bungasari.
  • Gunakan air hangat dengan suhu 26–28° C. Air terlalu panas akan membuat proses fermentasi terlalu cepat sehingga justru membuat adonan donat punya tekstur yang tidak bagus, keras, dan mudah gosong apabila digoreng. Dapat juga digunakan air susu hangat sebagai alternatif lain.

  • Proses fermentasi penting untuk membuat adonan lembut dan mengembang. Sebaiknya dilakukan pada suhu kamar. Gunakan kain penutup untuk menjaga kelembaban adonan, didiamkan kurang lebih 1-1,5 jam.
  • Pembuatan donat saat membagi donat menjadi kecil untuk dijadikan bentuk donat pastikan adonan donat apabila ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Ini menunjukkan elastisitas, dan akan mengembang nantinya.
  • proses penggorengan suhu minyak menjadi penting juga. Suhu ideal dalam menggoreng donat adalah 190° C. Suhu tepat akan membuat donat kuning keemasan sewaktu digoreng.

Demikianlah cara membuat donat empuk dan lembut, semoga bermanfaat!

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *