Beberapa Penyebab Iklan Facebook Menjadi Mahal

Beberapa Penyebab Iklan Facebook Menjadi Mahal

Bagi para pengguna iklan facebook atau facebook ads, sudah menjadi keharusan untuk selalu memonitoring iklan yang sedang dijalankan. Mulai dari menganalisa harga bidding, analisa brand kompetitor sampai dengan menganalisa bagaimana performa iklan tersebut sesaat setelah dijalankan dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Kali ini saya ingin sedikit share mengenai ilmu yang saya pahami mengenai dunia periklanan facebook yang sedang saya tekuni beberapa waktu ini. Tetapi, saya tidak akan memberikan strategi apa yang saya gunakan ketika menjalankan sebuah kampanye iklan melainkan saya hanya ingin memberikan beberapa pengalaman saya ketika harga likes yang terjadi menjadi sangat mahal.

Penyebab Mahal

Mungkin teman-teman semua sudah lebih ahli dibandingkan dengan saya, karena sejujurnya saya masih pemula dalam dunia periklanan facebook atau facebook ads ini. Jadi, mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam analisa saya mengenai apa saja yang menyebabkan iklan yang kita jalankan menjadi sangat mahal. Berikut ini adalah analisa saya mengenai penyebab iklan facebook menjadi mahal :

  • Brand kompetitor sedanga menjalankan campaign yang sama, dan berani melakukan bidding yang lebih besar dibandingkan dengan iklan yang kita jalankan.
  • Materi iklan yang kurang menarik, sehingga performa iklan yang kita jalankan tidak begitu efektif.
  • Target audiences yang sangat spesifik / mengerucut.
  • Umur dari target audiences.
  • Budget harian yang kita set terlalu rendah / terlalu sedikit.
  • Placement iklan yang kita gunakan terlalu banyak, misalkan menggunakan news feed, right column & mobile news feed sekaligus.

Nah, sekarang pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara mengoptimasi iklan yang kita jalankan mendapatkan harga perlikes yang sangat murah? Semua tergantung strategi yang kita gunakan, dan balik kepada personal masing-masing untuk menjalankan iklan tersebut agar hasil yang kita dapatkan sangat maksimal.

Berdasarkan pengalaman, yang sangat berpengaruh pada harga iklan yang kita jalankan ada pada 2 point. Yang pertama adalah umur dari target audiences kita. Sebenarnya ada 3 kategori umur yang membuat iklan kita menjadi murah, apa saja? 

  • Umur 13 – 24 Tahun (murah),
  • Umur 25-24 Tahun (sedang), dan
  • Umur 35++ (mahal/relatif).

Nah, diatas adalah pembagian umur yang saya kelompokan berdasarkan performa iklan dari yang murah sampai dengan yang mahal. Untuk umur 35 tahun keatas, harga iklan yang terjadi memang menjadi sangat mahal. Namun, menjadi relatif murah tergantung dengan optimasi apa yang kita lakukan pada iklan tersebut, berdasarkan pengalaman (lagi) kita bisa meminimalkan harga menjadi sangat murah. Bagaimana caranya? Masih saya rahasiakan, silahkan dicoba optimasi sendiri ya, sahabat.

Well, diatas adalah hasil analisa sederhana saya mengenai beberapa penyebab iklan facebook menjadi mahal. Mungkin, teman-teman semua ada yang memiliki pengalaman dalam menjalankan campaign facebook ads? Silahkan dishare dikolom komentar yang sudah saya sediakan ya, sahabat. Selamat beriklan.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Beberapa Penyebab Iklan Facebook Menjadi Mahal

    • By the way, ini di facebook lho. Kalau search bukannya di google kah? Sebenarnya, kalau untuk awarness di facebook itu ngefek sih. Asalkan, target audiences-nya tepat aja.

      Kalau search di google, permainan keywordnya cari yg Low/Medium competition :)

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *