Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Ketika melihat judulnya, kalian akan bertanya emang apa manfaat kopi bagi kesehatan? Ternyata, selain untuk kantuk ini beberapa menfaatnya. Bagi sebagian orang akan berkata, kopi hanya memberikan efek negatif saja dibandingkan positif. Begitupun sebaliknya, bagi para pecinta kopi akan berkata kopi itu baik.

Sebenarnya, apa sih manfaat kopi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kalian? Beberapa diantaranya ada dibawah ini, ya!

Manfaat Kopi Selain Untuk Menahan Kantuk

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

Diabetes

Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan.

Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Kanker

Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

Sirosis

Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

Penyakit Parkinson

Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Penyakit jantung dan stroke

Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke.  Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Fungsi kognitif

Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Menekan risiko munculnya penyakit Parkinson

Minum kopi sebanyak empat gelas kecil per harinya, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit Parkinson hingga lima kali lipat. Kafein yang ada di kopi juga mampu membantu penderita Parkinson dalam mengontrol pergerakan tubuh.

Organ hati jadi terlindungi

Rutin minum kopi sebanyak empat gelas per hari dapat menurunkan risiko terjadinya sirosis hati hingga 80 persen. Sirosis adalah kondisi dimana terbentuknya jaringan parut akibat kerusakan organ hatiyang disebabkan oleh adanya berbagai gangguan hati yang lain, seperti hepatitis dan perlemakan hati.

Membuat lebih bahagia

Di balik rasanya yang pahit, kopi ternyata bisa memberikan manfaat yang manis untuk Anda. Minum kopi, dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena depresi dan mengurangi risiko bunuh diri.

Menekan risiko kanker hati

Salah satu manfaat minum kopi yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan risko kanker hati, hingga 40 persen. Bahkan, minum kopi sebanyak tiga gelas per harinya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 50 persen.

Sekarang, kalian sudah tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan kopi untuk kesehatan kalian? Tapi, tetap saja. Sebisa mungkin dikurangi jumlah kalian meminum segelas kopi ya. Karena, kata banyak orang sesuatu yang berlebihan itu tetap bahaya. Meskipun, kalian melihat beberapa manfaat kopi bagi kesehatan.

4 Replies to “Manfaat Kopi Bagi Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini