Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Ada yang tahu apa manfaat kunyit itu? Mulai dari kunyit putih dan kuning ternyata ada manfaat untuk kecantikan dan lambung kalian lho. Manfaat Kunyit sebenarnya ada sangat banyak seperti yang gue bilang barusan. Tapi, ada beberapa juga yang mungkin kalian baru tahu. Apa saja sih manfaatnya? Silahkan dibaca sampai selesai ya!

Manfaat Kunyit

8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

  1. Pengobatan Diabetes mellitus.  Cara pengobatannya: Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. setelah itu diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
  2. Untuk Sakit Tifus. Caranya: Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Lalu semua bahan  ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau yang paling sederhana ambil 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa diberri air, kemudian air perasan kunyit tadi ditambahi madu aduk rata. Kemudian minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
  3. Untuk Disentri. Caranya ambil 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Lalu semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.
  4. Perut Mulas pada saat Haid. Caranya ambil 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Bisa juga ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid. atau mungkin madu asli.
  5. Memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamdianunakan: Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.
  6. Cangkrang (Waterproken) Caranya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.
  7. Berak Lendir (Disentri) Caranya 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
  8. Mencret Caranya Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Campuran ditumbuk; ditambah air 115 ml dan dididihkan; kemudian disaring, Diminum pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml

Semoga sampai sini kalian bisa mencerna dan mengimplementasikan kunyit untuk kesehatan kalian ya. Sudah gue jelaskan beberapa manfaat yang dihasilkan, lengkap dengan cara penggunaannya. Kalau ada yang punya informasi lain mengenai manfaat kunyit, bisa kalian tambahkan didalam kolom komentar dibawah ya!

2 Replies to “Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan”

  1. nah ini dia, cara mengobati tanpa perlu ke dokter. hahaha
    makasih infonya ya, dengan ini saya tahu lebih banyak tentang manfaat kunyit dan dapat mencobanya.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini