Cara Membuat Donat Lembut, Empuk dan Mengembang

Cara Membuat Donat

Cara Membuat Donat

Cara membuat donat supaya lembut dan mengembang perlu tips dan pengetahuan tentang teknik pembuatan donat yang benar. Tips kali ini akan membahas pembuatan donat dengan ragi agar mendapatkan donat yang lembut dan empuk.

Perhatikan resep untuk membuat donat empuk dan mengembang berikut ini:

  • Teknik pengolahan adonan donat penting agar ragi dan bahan lain bercampur rata. Sebaiknya memasukan air hangat dulu kedalam wadah, taburkan ragi tersebut baru masukan adonan lain kedalamnya.
  • Gunakan tepung terigu Bungasari.
  • Gunakan air hangat dengan suhu 26–28° C. Air terlalu panas akan membuat proses fermentasi terlalu cepat sehingga justru membuat adonan donat punya tekstur yang tidak bagus, keras, dan mudah gosong apabila digoreng. Dapat juga digunakan air susu hangat sebagai alternatif lain.

  • Proses fermentasi penting untuk membuat adonan lembut dan mengembang. Sebaiknya dilakukan pada suhu kamar. Gunakan kain penutup untuk menjaga kelembaban adonan, didiamkan kurang lebih 1-1,5 jam.
  • Pembuatan donat saat membagi donat menjadi kecil untuk dijadikan bentuk donat pastikan adonan donat apabila ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Ini menunjukkan elastisitas, dan akan mengembang nantinya.
  • proses penggorengan suhu minyak menjadi penting juga. Suhu ideal dalam menggoreng donat adalah 190° C. Suhu tepat akan membuat donat kuning keemasan sewaktu digoreng.

Demikianlah cara membuat donat empuk dan lembut, semoga bermanfaat!


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Dagi Stylus Bikin Menulis dan Menggambar di iPad Jadi…

Di era digital ini, menulis atau menggambar tidak lagi hanya bisa dilakukan di atas kertas. Seiring dengan berjalannya waktu, para pengembang teknologi menciptakan inovasi...
Bagas Dharma
1 min read

4 Replies to “Belanja Online Aman dan Terpercaya di Blanja.com Aja!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *