Rekomendasi Velg Motor Jari-Jari dan Racing Beragam Merk!

Merawat Velg Motor

Beberapa rekomendasi velg motor dalam artikel ini bisa kalian jadikan acuan untuk memilih velg yang akan kalian gunakan. Ada beberapa merk yang beredar dipasaran, diantaranya V-Rossi, DID, TDR, OZ Racing dan lain sebagainya. Tetapi, semua tergantung dari jenis dan merk motor yang kalian gunakan. Karena, tiap motor memiliki ukuran ring berbeda mulai dari 14, 15, 16, 17 sampai 18 inch.

Tips Memilih Velg Motor Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Velg Motor

Sebelum lebih jauh untuk mengetahui velg motor mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian, tentu kalian harus tahu terlebih dahulu bagaimana tips memilih velg motor yang sesuai dengan motor kalian. Berikut beberapa cara memilih velg motor untuk digunakan:

Sesuaikan Ukuran Velg Motor

Tips pertama dalam pemilihan velg motor yang akan kalian gunakan dengan mempertimbangkan ukuran ban velg motor tersebut. Ada beberapa ukuran velg motor yang umum digunakan, ukuran velg 14 inch, 17 inch dan ukuran ban velg 18 inch. Kalian harus tahu terlebih dahulu ukuran ban velg motor kalian, barulah menentukan apakah ingin menggunakan V-Rossi, DID, TDR atau OZ Racing.

Perhatikan Ban Motor Kalian

Sebelum membeli velg motor, kalian harus tahu ukuran ban yang akan kalian gunakan pada motor kalian nantinya. Apakah akan menurunkan ukuran ban untuk meningkatkan akselerasi motor kalian, atau menaikan ukuran ban agar terlihat lebih gagah? Semua ada pada tangan kalian.

Umumnya, apabila kalian menggunakan velg jari jari ring 17 seperti kebanyakan motor lainnya dan akan mengganti ban lebih besar seperti ukuran 90/80 kalian harus mengganti velg motor dengan ukuran 2.50 atau minimum 1.85 agar terlihat sesuai dengan motor kalian.

Apabila kalian menggunakan velg motor jari-jari ring 14, yang paling umum menggunakan ukuran ban 2.75 atau 3.50 untuk ukuran ban 120/70 ring 14. Apabila kurang atau lebih dari itu, motor terlihat kurang enak dipandang.

Jangan Salah Pilih Material

Dalam memilih velg motor, kalian harus mengetahui velg tersebut terbuat dari bahan apa. Apakah stainless seperti velg DID yang merupakan bawaan motor honda, atau kalian ingin menggunakan bahan aluminium seperti yang ada pada merk V-Rossi, TDR dan OZ racing?

Namun, semua tergantung kebutuhan kalian ya. Apabila motor kalian diperuntukan untuk balap drag race, ada baiknya velg racing depan menggunakan bahan stainless yang terbilang lebih berat dan ban velg belakang menggunakan bahan aluminium. Ini dikarenakan untuk memberikan daya dorong ke bawah pada bagian depan akibat torsi yang dihasilkan pada motor drag.

3 Rekomendasi Merk Velg Motor Untuk Harian

Merk Velg Motor

Setelah mengetahui beberapa cara memilih velg motor baik untuk motor bebek, racing ataupun merk beat. Berikut ini beberapa rekomendasi velg motor bebek yang bisa kalian gunakan sehari-hari atau untuk balap sekalipun:

Velg V-Rossi

Rekomendasi velg yang pertama adalah V-Rossi. Berbicara masalah kualitas, tentu sudah tidak diragukan lagi kekuatannya. Honda revo gue sendiri menggunakan merek v-rossi ring 17 ukuran 1.85 bagian depan dan 2.10 untuk belakang. Keduanya menggunakan ban FDR MP 76 90-80 untuk sehari-hari.

Selain untuk motor bebek harian, velg motor v-rossi juga menyediakan untuk motor matic seperti velg motor beat dan yang lainnya. Ada beberapa kelebihan velg motor v-rossi ini, diantaranya:

  1. Terbuat dari bahan cast wheel.
  2. Banyak pilihan warna velg untuk disesuaikan dengan karakter motor kalian.
  3. Dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan merek velg motor lainnya.

Velg TDR

Rekomendasi velg motor yang kedua datang dari merk TDR. Selain menyediakan helm dan jari-jari, merek yang satu ini juga menyediakan velg motor dengan beragam varian mulai dari hitam, silver, titanium sampai gold.

Biasanya, para pengguna velg motor TDR ini adalah pebalap drag race seperti yang gue bilang sebelumnya. Wajar apabila harga velg motor TDR ini dijual lebih mahal dibandingkan dengan merk lainnya. Selain karena kualitas yang sudah teruji, bahan yang digunakan juga cukup kuat untuk digunakan sehari-hari atau kebutuhan balap.

Velg OZ Racing

Untuk yang mencari velg racing motor berkualitas, velg OZ Racing ini bisa kalian jadikan rekomendasi untuk dibeli. Kebanyakan, motor yang menggunakan velg ini adalah motor sport. Itulah alasannya velg OZ racing ini dikenal sebagai velg motor termahal yang ada dipasaran Indonesia. Selain karena ukuran velg yang terbilang cukup besar yaitu 3,5 inch, tidak banyak juga yang menjual velg motor yang satu ini.

Apa kelebihan velg motor OZ Racing ini? Berikut diantaranya:

  • OZ Racing di kenal sebagai produsen velg premium untuk motor balap atau sport.
  • Kualitas velg OZ Racing sangat bagus dan sudah sangat terbukti dan teruji.
  • Velg OZ Racing di buat dari bahan khusus yang membuat bobotnya jadi lebih ringan.
  • OZ Racing menyediakan berbagai tipe velg untuk berbagai macam jenis motor.
  • Velg OZ Racing sangat cocok di pakai pada motor balap atau motor sports.

Selain ketiga merek rekomendasi diatas, ada 1 merk lainnya untuk velg motor ring 16 jari jari. Kalian bisa menggunakan DID karena pabrikan V-Rossi, TDR dan lainnya cukup jarang yang mengeluarkan velg ring 16. Biasanya, kalian harus memesan online untuk velg motor dengan ukuran 16 seperti itu.

Tips Merawat Velg Motor

Merawat Velg Motor

Untuk kalian yang menggunakan beberapa velg motor dengan merk ternama, tentu akan merawat velg motor tersebut dengan hati-hati. Berikut ini beberapa cara merawat velg motor agar terlihat tetap enak dipandang dan nyaman digunakan:

  1. Menjaga kebersihan velg. Dalam hal ini, kalian harus merawatnya dari karat. Ketika sudah berkarat, kalian harus segera bersihkan karat pada velg tersebut agar tidak menjadi korosi.
  2. Menjaga tekanan udara pada ban. Untuk penggunaan velg motor modifikasi seperti diatas, kalian harus menjaga tekanan ban antara 28 psi sampai 30 psi tergantung kegunaan motor kalian.
  3. Menggunakan velg yang sesuai dengan ban. Ini untuk membantu kalian ketika membuka dan mengganti ban ketika terjadi kebocoran apabila kalian belum menggunakan ban tubeless seperti honda revo gue saat ini.
  4. Hindari lubang dan offroad. Penting dilakukan untuk menghindari kerusakan pada velg motor.
  5. Gunakan alat yang tepat ketika membuka ban. Jangan dipaksakan membuka motor apabila tidak memiliki alat yang tepat karena akan merusak bagian pinggir velg motor kalian.

Setelah mengetahui beberapa point penting untuk velg motor yang akan kalian beli. Apakah kalian memiliki rekomendasi velg motor yang kalian gunakan saat ini?