aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Membuat Custom Report Google Analytics, Begini Caranya!


By on July 14th, 2018 in Tips And Trik

Custom report google analytics, salah satu fitur yang berada didalam google analytics. Ini merupakan salah satu media aplikasi yang paling sering digunakan, namun masih banyak juga yang belum menggunakannya. Padahal, media yang satu ini terbilang cukup bermanfaat untuk melihat performa website atau blog yang kita kelola. Selain google analytics, ada beberapa media aplikasi lainnya yang serupa.

Custom Report Google Analytics

Apabila kalian menggunakan CMS seperti wordpress atau blogspot, tentu mereka memiliki media aplikasi laporan tersendiri. Namun, apabila kalian bekerjasama dengan sebuah brand berupa paid review, atau apapun itu mereka akan menanyakan laporan dalam bentuk google analytics.

Baca Juga  Tips Membeli Tablet Computers

Bagaimana ketika kalian mendapatkan permintaan berapa jumlah “users” dihalaman sesuatu? Sedangkan dalam laporan google analytics yang biasa, hanya tersedia “pageviews” untuk sebuah halaman tersendiri. Lantas, bagaimana caranya? Iya, gunakan custom report google analytics. Bagaimana cara membuatnya?

Buat Custom Report

Untuk membuat custom report google analytics yang baru, kalian harus klik pada “Custom Report” di kolom bagian kiri. Kemudian klik “Manage Custom Reports” kemudian klik Create new custom report” di sudut kanan atas halaman.

Berikan Nama Pada Laporan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memasuki halaman custom report google analytics ini adalah membuat nama laporan. Buatlah judul yang sederhana agar mudah diingat, namun bisa teridentifikasi jenis laporannya seperti apa. Gue, lebih terbiasa menggunakan format seperti ini (jenis laporan – sumber). Ketika selesai, silahkan klik “apply” pada halaman tersebut.

Pilih Dimensi Laporan Kalian

Untuk memilih dimensi, langkah yang harus dilakukan adalah drag dan drop setiap dimensi ke dalam slot yang sesuai. Google telah membuat hal ini mudah dilakukan karena memiliki kode warna di mana dimensi dan metrik harus ditempatkan.

Custom Report Google Analytics Dashboard

Bagian berwarna biru adalah metriks apa yang ingin kalian lihat, ada cukup banyak pilihan disana. Sebagai contoh, gue mau melihat berapa banyak “users” yang ada pada sebuah halaman website atau blog. Sedangkan bagian hijau adalah sumber yang ingin kita lihat, contoh diatas adalah landing page atau 1 halam dari sebuah website atau blog.

Preview Laporan Yang Sudah Dibuat

Kalian dapat melihat laporan setiap saat selama proses pembuatan custom report google analytics ini. Cukup klik Preview Report dan sebuah jendela baru akan muncul dan menampilkan laporan sesuai yang kalian inginkan.

Buat Laporan Anda

Setelah Anda puas dengan laporan yang kalian buat, kemudian klik pada Create Report pada bagian bawah halaman. Jika kalian melakukan klik pada sebuah halaman, maka kalian akan dibawa menjuju sekumpulan kata kunci yang membawa pengunjung mendatangi halaman tersebut.

Mengelola Laporan Anda

Setelah membuat custom report google analytics, maka laporan akan disimpan ke Manage Custom Report list. Dari sini kalian dapat kembali dan mengedit laporan setiap saat. Jika merasa bahwa itu tidak cukup memberikan informasi yang kalian butuhkan, maka kalin bisa menambah, menghapus, atau mengatur ulang salah satu metrik atau dimensi.

Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk menggunakan media aplikasi laporan yang satu ini ya. Karena, cukup banyak juga yang belum paham akan hal ini, apalagi menggunakan custom report google analytics seperti ini. Mau tahu artikel lainnya selain membuat laporan custom report google analytics?

Baca Juga  Cara Mengganti Cartridge Pada Printer Canon Pixma MX7600

2 thoughts on “Membuat Custom Report Google Analytics, Begini Caranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *