5 Tahun Membuat Video Trik Sulap Kartu di Youtube!

Trik Sulap Kartu

Banyak yang beranggapan, membuat video trik sulap kartu di youtube adalah hal yang kurang baik untuk dunia sulap itu sendiri. Tapi, banyak juga yang beranggapan itu tidak masalah. Hal inilah yang menjadi sebuah perdebatan ketika 5 tahun yang lalu, tepatnya 2014 saat gue memulai mengunggah video tutorial sulap kartu di channel youtube gue.

Bukan cuma itu, banyak juga yang menghujat tidak secara langsung mengenai hal ini. Tapi, tahukah apa yang terjadi berikutnya? Ada beberapa yang meminta tips dan trik memulai di youtube untuk sulap, ada yang mengikuti ide-ide gue buat video mereka, bahkan ada juga yang memulai hal yang gue lakukan 5 tahun yang lalu untuk saat ini. Salah? Enggak juga, tinggal bagaimana kita menyikapi itu semua.

Tutorial sulap kartu mememang menjadi incaran banyak orang awam diluar sana yang tujuannya hanya ingin tahu mengenai dunia sulap kartu sendiri. Namun, gue secara tidak langsung “mendidik” mereka para penonton gue untuk mempraktikan apa yang mereka pelajari. “Tahunya darimana mereka ngelakuin itu?” Iya, gue meminta mereka melakukan sulap yang gue ajarkan untuk diupload di Instagram dengan hashtag #SulapTeRRen yang kalian bisa lihat sendiri hasilnya.

Sekarang, pengalaman membuat video sulap kartu itu sudah bertahan selama kurang lebih 5 tahun di channel gue. Bagaimana hasilnya? Mungkin bisa kalian lihat gambar dibawah ini ya :)

Trik Sulap Kartu

Setelah 5 tahun tetap bertahan mengupload video-, akhirnya sampai juga diangka 25.000 subscribers, yeay. Lama sekali memang untuk mendapatkan angka ini, berbeda dengan pembuat konten lainnya yang dengan mudah mendapatkan 100.000 subscribers, bahkan 1 juta subscribers. Tapi gue tetap bahagia karena penonton gue tetap setia dengan konten apapun yang berhubungan dengan sulap itu sendiri.

Darisini, terlihat mereka semuanya memang tertarik dengan dunia sulap. Bukan hanya ingin mencari tahu bagaimana cara melakukan sulap kartu, tapi ingin mendapatkan ilmu sulap lainnya. Darimana gue tahu hal itu? Gue tetap menghitung konversi penonton yang gue dapat setiap bulannya. Contohnya, seperti gambar dibawah ini ya biar kalian lebih jelas :)

Tutorial Sulap Kartu

Diatas itu adalah statistik channel gue bulan Juni. Dimana, youtube memberikan rekomendasi video gue dan lebih dari 7% yang melakukan klik terhadap video-video gue yang sudah direkomendasikan. Ini masih terbilang cukup baik buat gue, karena ada diambang 5%-10% yang menjadi standar gue untuk konversi. Apakah benar angka itu 7%? Mari kita lihat 1 video yang baru saja gue upload.

Video Trik Sulap Kartu

Kalau kita lihat angka diatas, views yang dihasilkan ada 3,998 penonton dari 25,029 subscribers channel gue. Kalau dihitung, coba kita bagi antara views (3,998) dengan subscribers (25,029) kemudian kita kalikan 100%. Hasilnya? 15,97% untuk 1 video saja. Selain itu, berapa lama orang bertahan melihat video tersebut? Itu adalah hal lainnya yang mungkin akan gue bahas kemudian, karena ini adalah sebuah indikator seberapa tertarik penonton terhadap video yang kita buat.

Sampai saat ini, gue cukup bangga dengan apa yang gue lakukan sekarang. Mulai dari berhasil menempuh 8.000 subscribers tanpa adsense, melakukan penampilan sulap didepan para pembuat konten diacara youtube, sampai saat ini menyentuh angka 25.000 subscribers. Kala ditanya, apa tips dan triknya bisa bertahan sampai dititik ini? Gue akan bahas dan semoga kalian bisa menerimanya, kalau ga bisa ya jangan ditelan mentah-mentah ya :)

Fokus 1 Niche

Youtube berbeda dengan blog, dimana saat memulai sebuah konten yang bisa diisi dengan tulisan bertema apapun. Untuk youtube, kalian memang diharuskan untuk fokus terhadap 1 niche video. Namun, beberapa kali bisa diseling dengan yang kalian suka, dan dihubungkan dengan niche awal yang kalian bangung. Kenapa? Karena, youtube saat ini berbeda algoritma dengan dulu. Channel yang memiliki 1 niche akan lebih disukai dibandingkan dengan yang beragam niche.

Sabar & Jangan Karena Adsense

Ini yang banyak sekali orang lupa, dimana membuat video untuk diupload di channel youtube adalah video yang kita suka, bukan karena adsense atau pendapatan dari video tersebut. Menurut gue, mendapatkan adsense atau pendapatan dari video youtube adalah sebuah bonus yang kalau kalian terima ya bersyukur, kalau ga ya usah marah. Ini yang membuat orang terkadang tidak sabar dalam membangun channel youtubenya, karena berpatok pada uang semata sedangkan idenya sudah banyak dilakukan oleh orang diluar sana.

Mempunyai Karakter Tersendiri

Ini memang susah, tapi kalau kalian sudah menemukan karakter yang kalian bangun akan sangat mudah diingat oleh penonton kalian nantinya. Jujur, sampai saat ini gue belum menemukan karakter untuk gue sendiri (menurut gue). Tapi ga tau menurut orang yang melihat gue dan channel gue ya. Karena, menemukan karakter yang tidak bertentangan dengan hati kalian adalah sebuah hal yang cukup sulit menurut gue :)

Tidak Memaksakan Apapun

Ini paling sering gue lakukan sih, gak mau maksa melakukan sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan dunia sulap (karena channel guecore-nya sulap). Misalnya, ketika kalian punya smartphone baru dan membahasnya di channel memasak. Mungkin, bisa dihubungkan atau dicari benang merahnya yang bisa kalian masukan kedalam video yang berada di channel masuk tersebu. Misalnya, memasak sesuatu dan merekamnya menggunakan smartphone tersebut.

Ikuti Trending dan Rasakan Lelahnya

Konten video yang sedang trending memang menjadi hal yang cukup menarik dibuat, selain berharap mendapatkan penonton yang cukup banyak kalian juga bisa berharap mendapatkan pendapatan yang cukup juga. Tapi, berdasarkan pengalaman dan beberapa tips diatas kalian akan merasakan lelah dan tak punya karakter didalam channel kalian sendiri nantinya. Jadi, kalau mau membuat konten trending di youtube silahkan dipikirkan lagi ya :)

Akhirnya, kesimpulan yang gue dapatkan setelah berjalan selama 5 tahun dan mendapatkan 25.000 subscribers adalah jangan jadikan youtube sebagai penghasilan utama. Namun, kalau kalian siap melakukannya ya silahkan dan gue ga bisa memaksakan untuk kalian. Namun, yang terpenting dari itu semua adalah kesabaran dan tetap berproses untuk membuat konten yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Boleh yuk, gue lihat channel youtube kalian. Tulis dikolom komentar, ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *