Rumus Kimia Alkohol

Rumus Kimia Alkohol

Pada dasarnya alkohol terbagi menjadi 2 jenis dan rumus kimia alkohol tersebut antara 1 dan lainnya. Gue akan jelaskan diartikel ini. Sebelum menjadi lebih jauh terkait rumus kimia yang satu ini, ada baiknya gue akan menjelaskan kepada kalian apa saja sih jenis alkohol yang harus kalian ketahui. Apa perbedaan kedua jenis tersebut? 

Jenis-Jenis Kimia Alkohol!

Secara umum, alkohol itu terbagi menjadi 3 bagian. Alkohol primer, alkohol sekunder dan alkohol tersier. Alkohol primer adalah metanol dan etanol. Alkohol sekunder adalah propan-2-ol, dan alkohol tersier sendiri adalah 2-metilpropan-2-ol

Perbedaan Etanol dan Metanol

Meskipun keduanya disebut sebagai alkohol, lantas apa perbedaan keduanya? Etanol atau disebut juga etil alkohol memiliki rumus kimia C2H5OH, sedangkan metanol atau metil alkohol memiliki rumus kimia CH3OH. Yang terakhir ini biasa dipakai sebagai pelarut industri, bukan untuk dikonsumsi.

Rumus Kimia Alkohol

Apa Saja Sifat Dasar Kimia Alkohol ini?

  1. Mudah terbakar
  2. Mudah tercampur dengan air, hal ini karna kemiripan struktur alkohol (R-OH) dan air (H-OH)
  3. Berupa gas dan air jika jumlah atom karbon sebanyak satu sampai empat karbon, sedangkan jika jumlah atom karbon berjumlah lima sampai sembilan akan kental seperti minyak
  4. Alkohol memiliki titik didih melebihi titik didih alkana, dikarenakan gugus fungsi -OH yang sangat polar, sehingga daya tarik menarik antar molekul menjadi sangat kuat
  5. Alkohol bersifat heteropolar, panjang rantai alkil mempengaruhin sifat polar nya,semakin panjang rantai alkilnya maka berkurang sifat polarnya, hal ini menjaadikan berkurangnya sifat kelarutanya. alkohol seperti metanol dan etanol menjadi mudah larut ke pelarut seperti air.

Apa saja pengaruh alkohol dalam tubuh manusia? Seperti yang kalian sudah ketahui bersama, apabila alkohon digunakan dan masuk kedalam tubuh manusia, akan membuat mabuk si penggunanya. Hal ini disebabkan adanya gejala intosikasi alkohol tersebut. Apabila kita Mengkonsumsi alkohol berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, diantaranya:

  1. Tekanan darah tinggi,
  2. Kerusakan jantung,
  3. Stroke,
  4. Kerusakan hati,
  5. Kanker saluran pencernaan,
  6. Impotensi dan berkurangnya kesuburan,
  7. Meningkatnya risiko terkena kanker payudara,
  8. Kesulitan tidur,
  9. Kerusakan otak dengan perubahan kepribadian dan suasana perasaan,
  10. Sulit dalam mengingat dan berkonsentrasi.

Sampai disini, kalian sudah tahu dong ya apa saja pengertian kimia alkohol, perbedaan alkohol, sifat dasar kimia alkohol ini. Kalau mau lebih mudah lagi, kalian bisa menggunakan aplikasi rumus kimia yang sudah gue tuliskan juga. Semoga kalian bisa mempelajari lebih banyak lagi mengenai rumus kimia yang lain. Gue rasa, rumus kimia alkohol cukup sampai disini dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *