Cara Membersihkan DNS Cache Untuk Blog dan Windows Server

Cara Membersihkan DNS Cache

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara membersihkan DNS cache untuk teman-teman semua yang belum mengetahui mengenai bagaimana caranya untuk membersihkan DNS cache ini. Sebenarnya untuk membersihkan cache ini digunakan ketika teman-teman habis memindahkan hosting blog teman-teman dari server yang 1 ke yang lainnya.

Pengertian DNS Cache

Pada dasarnya, DNS cache ini adalah database sementara pada sistem operasi komputer yang menyimpan rekaman data IP dari nama domain yang sebelumnya telah dikunjungi oleh pengguna komputer.

Cara kerja DNS cache ini akan bekerja sebelum web browser melakukan permintaan ke Internet atau ke DNS Server dari nama domain, sistem operasi komputer akan mengecek terlebih dahulu apakah nama domain tersebut sudah pernah dikunjungi atau tidak dan jika pernah dikunjungi sebelumnya, sistem operasi komputer akan melakukan pencarian data di database DNS Cache.

Cara Membersihkan DNS Cache

Cara Membersihkan DNS Cache

Cara membersihkan DNS cache ini sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi bagi orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara melakukan hal ini tentunya pastilah dianggap sulit. Saya akan memberikan beberapa beberapa cara membersihkan DNS cache pada beberapa sistem operasi mulai dari windows sampai dengan linux.

Daripada kita berlama-lama berikut ini adalah sedikit cara membersihkan DNS cache yang bisa kalian lakukan:

Membersihkan DNS Cache Pada Windows

  • Masuk kedalam Command Prompt dengan cara menekan tombol start kemudian pillih command prompt.
  • Ketikan ipconfig /flushdns
  • Setelah selesai ketikan kembali net startservice
  • Setelah selesai mengetikan diatas dilanjutkan dengan mengetikan net stop dnscache
  • Setelah selesai ketikaan yang terakhir adalah net start dnscache
  • Selesai sudah.
Untuk membersihkan DNS cache pada linux silahkan berkunjung kesini agar lebih jelas dalam pembacaannya sendiri. Semoga bermanfaat apa yang dapat saya berikan disini untuk teman – teman semuanya yang kesulitan dalam mengakses blognya sendiri setelah berpindah server karena tentu DNSnya otomatis akan berubah dan kita harus menghapus cachenya.

Sekian informasi sederhana saya ini mengenai bagaimana cara membersihkan DNS cache. Semoga dengan adanya informasi sederhana ini, teman-teman tidak kebingungan lagi bagaimana membersihkan DNS cache setelah blog berpindah server atau hosting.

Jika teman-teman masih bingung atau ingin bertanya seputar artikel sederhana ini, silahkan berkomentar dikolom yang disediakan setelah artikel cara membersihkan DNS cache.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Cara Remote Desktop di Windows 7

Cara Remote Desktop di Windows 7 - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Sistem Operasi.Banyak yang bertanya mengenai bagaimana melakukan Remote Desktop di...
aLdyputRa
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *