Inilah Cara Live Streaming Youtube di PC Tanpa Kamera

Streaming Youtube di PC

Bagi para content creator, streaming youtube di PC kini makin diminati karena profesi itu bisa menghasilkan uang dengan jumlah fantastis. Tak heran saat ini banyak orang ingin mengetahui cara live streaming Youtube di PC tanpa kamera. Metode itu digemari karena tidak membutuhkan banyak biaya.

Streaming Youtube di PC

Begini Cara Live Streaming Youtube di PC Tanpa Kamera

Youtube kini bukan hanya sebagai media hiburan saja sebab siapapun bisa berkarya menggunakan platform tersebut. Namun, tidak semua orang memiliki dana yang cukup guna membeli webcam. Untungnya, ada cara terbaik live streaming tanpa menggunakan alat itu. Berikut ialah panduannya:

1. Mempersiapkan Segala Hal

Salah satu cara agar live streaming lebih nyaman yaitu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan antara lain: laptop dan headset. Selain itu, pastikan koneksi internet nyaman sehingga siaran langsung bisa dilakukan secara lancar. Jika wifi Anda tak baik, ini akan mengakibatnya terganggunya pembuatan video.

Tak hanya laptop, Anda perlu mengunduh software encoder untuk live streaming. Jika mempersiapkan segalanya dengan baik, Youtuber dapat mencegah kegagalan saat siaran ulang seperti sambungan terputus. Oleh karena itu, diharapkan menyiapkannya secara teliti sebelum melakukannya.

2. Buka Situs Youtube

Langkah kedua yang harus dilakukan ialah membuka Youtube. Anda dapat langsung mengaksesnya dengan mengetikkan www.youtube.com di laman pencarian. Selanjutnya, pengguna harus klik menu Live Streaming. Lalu diperhatikan pada atas video, maka ada tanda Offline.

Itu menandakan bahwa Anda sedang tidak melakukan siaran ulang via Youtube. Hal ini diperjelas dengan tulisan “Live Streaming offline” yang bisa ditemukan pada video. Nah, sebelum melakukan streaming, pemilik akun diwajibkan untuk mengisi beberapa data penting terkait materi pada video.

3. Pengisian Data

Pengisian ini untuk memberikan tampilan pertama pada pengunjung sebelum streaming. Selain melakukan pengisian data, Anda juga diperbolehkan mengganti thumbnail. Tak hanya mengisi judul siaran, pengguna harus melengkapi informasi seperti deskripsi serta kategori video milik pengguna.

Selain informasi dasar, terdapat menu Monetisasi yang bisa diisi apalagi Anda telah memilikinya. Sebelum beralih ke tahap berikutnya, pastikan info lainnya telah dilengkapi. Dengan melengkapi data tersebut, diharapkan pengunjung akan mengetahui tentang isi streaming secara singkat.

4. Menyiapkan Software Encoding

Cara live streaming Youtube di PC tanpa kamera bisa dilakukan dengan menyiapkan software terlebih dahulu. Jika tidak memahaminya, maka baca bagian Panduan secara teliti. Di sana akan terlihat beberapa pilihan aplikasi gratis untuk melakukan siaran langsung.

Selanjutnya, silakan download terlebih dahulu aplikasi yang akan dipakai untuk streaming, semisal XSplit Broadcaster. Kemudian, daftarkan data diri Anda pada software tersebut dnegan mengisi beberapa info. Agar bisa mengaktifkannya, pastikan telah mengonfirmasi email.

5. Mengatur XSplit

Setelah itu, buka aplikasi tersebut kemudian klik Output dilanjutkan Youtube Live. Selanjutnya muncul Authorize. Setelah itu, masukkan email channel Anda serta password. Lalu, tekan Izinkan hingga tampilan di layar laptop terisi dengan informasi yang diisikan pada channel Youtube tadi.

Apabila dirasa datanya sudah sesuai, segera klik OK. Jika akan memulai siaran, maka harus mengetahui terlebih dahulu berbagai fungsi menu di XSplit. Salah satunya bila Anda ingin menampilkan layar komputer, pilih screen capture. Aturlah seberapa besar bagian yang ditampilkan saat live streaming.

6. Memulai Streaming

Apabila telah mengatur bagian layar, maka segera klik Output dan tekan Youtube Live tepat pada ikonnya. Selanjutnya akan muncul beberapa data berupa judul, deskripsi serta privasi yang harus dilengkapi sebelum siaran. Di sini Anda pun bisa memilih kapan waktu streaming akan dilakukan.

Nah, setelah semuanya siap, maka pengguna hanya perlu klik Start Broadcast. Streaming dengan cara ini sangat praktis karena tidak membutuhkan kamera. Untuk mengetahui apakah sudah live streaming atau belum, silakan cek bagian kanan bawah sebab notifikasi akan dimunculkan di bagian tersebut.

Dapat dikatakan, cara live streaming Youtube di PC tanpa kamera ini sangat mudah. Tak hanya hemat biaya, prosesnya pun relatif gampang dan tidak membutuhkan banyak waktu. Selain itu, Youtuber perlu mengunduh software khusus terlebih dahulu agar prosesnya lancar.

Semoga sampai disini kalian tahu bagaimana proses atau cara live streaming youtube di PC tanpa kamera ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *