Ukuran Thumbnail Youtube Beserta Cara Membuatnya Dengan Mudah!

Thumbnail Youtube

Bagi sebagian orang, tentu sudah tahu betapa pentingnya thumbnail youtube untuk menambah penonton (viewers) pada video yang kalian upload. Beberapa artikel yang pernah gue tulis juga cukup sering mengatakan hal tersebut. Namun, artikel kali ini gue akan membahas hal tersebut lebih detail terkait ukuran thumbnail yang sesuai dan bagaimana cara membuat thumbnail youtube tersebut.

Panduan Mengenai Ukuran Thumbnail Youtube

Apa sih thumbnail video yang ada pada channel youtube itu? Thumbnail ini adalah sebuah gambar yang menunjukan mengenai isi dari sebuah video. Fungsinya agar orang tahu sebelum mereka menonton video tersebut sampai selesai. Dengan kata lain, thumbnail berfungsi agar orang banyak menonton video kita setelah tahu apa isinya sebelum mereka menonton videonya.

Sebenarnya, berapa pixel sih ukuran thumbnail youtube yang sesuai? Format gambar seperti apa yang digunakan? Tenang, kalau kalian malas mencari tahu mengenai hal tersebut kalian datang ke artikel yang tepat untuk kalian baca mengenai ukuran thumbnail youtube video yang kalian unggah.

Menurut website official mereka, untuk YouTube sendiri merekomendasikan ukuran thumbnail youtube memiliki resolusi 1280px × 720px, dengan lebar minimum berukuran 640px. Format yang bisa kalian gunakan untuk gambar thumbnail video kalian harus berbentuk JPG, PNG, GIF, atau BMP.

Syarat Menggunakan Custom Thumbnail Untuk Youtube

Fitur Youtube

Setelah tahu hal tersebut, kalian pasti akan bertanya apa saja syarat yang harus kalian lakukan untuk menggunakan thumbnail youtube secara custom pada video yang kalian unggah? Sebenarnya, kalian cukup melakukan verifikasi nomor telepon yang kalian gunakan untuk dihubungkan dengan channel youtube kalian.

Setelah melakukan verifikasi hal tersebut, secara otomatis kalian sudah bisa menikmati beberapa fitur youtube lainnya selain menggunakan custom thumbnail seperti yang kalian inginkan. Silahkan kalian lihat gambar diatas untuk fitur yang bisa kalian nikmati setelah melakukan verifikasi nomor telepon kalian diatas.

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Membuat Thumbnail Youtube

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membuat thumbnail video youtube kalian agar lebih menarik dan banyak penonton video youtube melakukan klik setelah melakukan pencarian di halaman youtube. Berikut ini beberapa cara membuat thumbnail youtube yang bisa kalian lakukan:

Screenshot Dari Video Asli

Untuk membuat thumbnail youtube yang pertama, kalian bisa melakukan screenshot dari video yang akan kalian unggah. Caranya:

  1. Buka file video setelah kalian edit dan siap untuk tayang di channel youtube kalian,
  2. Pilih frame atau bagian yang sesuai dengan yang kalian inginkan,
  3. Screenshot video tersebut dengan menekan tombol fn + prt sc pada laptop kalian,
  4. Edit thumbnail tersebut dengan menambahkan teks ataupun logo yang kalian inginkan.
  5. Upload thumbnail video youtube dari HP atau laptop kalian dengan menggunakan youtube studio.

Cara membuat thumbnail youtube ini bisa kalian lakukan dari HP, laptop atau desktop kalian. Beberapa aplikasi membuat thumbnail youtube bisa kalian dapatkan secara online dengan gratis dalam penggunaannya.

Membuat Thumbnail Youtube Sendiri

Cara membuat thumbnail youtube untuk video kalian yang berikutnya adalah dengan membuat thumbnail sendiri dari hp ataupun laptop. Caranya, kalian harus menyesuaikan ukuran thumbnail youtube video kalian seperti yang sudah gue jelaskan diatas berapa pixel yang bisa kalian gunakan.

Setelah itu, kalian bisa menggunakan photoshop atau aplikasi online yang tersedia untuk membuat gambar dalam bentuk JPG, PNG dan lain sebagainya. Cara ini terbilang tidak begitu mudah karena tergantung dengan tingkat kreatifitas kalian agar banyak yang melakukan klik pada video yang kalian unggah.

Sampai disini, ada yang ingin kalian tanyakan terkait hal tersebut? Semoga kalian sudah tahu berapa ukurannya dalam satuan pixel dan membuat video kalian semakin banyak yang menonton. Kalau masih ada yang bingun terkait hal tersebut, kalian bisa tanyakan di komentar mengenai thumbnail youtube itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *