Tips Untuk Menghasilkan Uang Dari Youtube Selain Google Adsense

Menghasilkan Uang

Bagi para pengguna internet, tentu ingin menghasilkan uang dari youtube dan beberapa platform lainnya yang ada di internet. Mulai dari menulis blog seperti ini, atau mengunggah video ke dalam channel youtube yang mereka punya. Banyak juga yang beranggapan, dengan seperti itu kita akan mendapatkan uang dari google adsense dengan mudah.

Pada kenyataannya, untuk menghasilkan uang dari video youtube yang kita unggah tidak semudah membalikan telapak tangan. Penghasilan yang akan didapat saat baru memulai channel youtube tidak akan sebanding dengan apa yang sudah kalian lakukan.

Tips Menghasilkan Uang Dari Youtube

Untuk kalian yang baru saja memulai channel youtube, tentu ada beberapa pemikiran yang kalian dapat dari internet untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense ini. Padahal, penghasilan dari youtube tidak semata dari google adsense saja. Berikut ini sedikit tips untuk kalian yang ingin mendapatkan penghasilan dari video youtube, yaitu:

Perhatikan Konten Video

Tips pertama untuk mendapatkan penghasilan dari video yang kalian unggah adalah perhatikan konten seperti apa yang kalian buat. Darisana, kalian bisa tahu apakah video yang kalian buat kedepannya memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan atau tidak.

Setelah kalian melihat dan membuat konten video tersebut, buatlah strategi konten yang sekiranya bisa mendukung kalian untuk mendapatkan penghasilan dari apa yang kalian lakukan menggunakan internet yang kalian gunakan.

Pikirkan Sumber Penghasilan

Menghasilkan Uang Selain Adsense

Setelah kalian membuat konten video dan mengunggahnya kedalam channel youtube kalian, tips berikutnya adalah harus memikirkan ingin menghasilkan uang dari sumber yang mana. Ada beberapa sumber penghasilan yang bisa kalian dapat dari video yang kalian unggah, setidaknya seperti dibawah ini:

  • Google Adsense. Bekerjasama menjadi partner youtube yang nantinya video kalian dapat menghasilkan uang dari iklan yang muncul pada video kalian.
  • Penjualan Barang. Sumber penghasilan ini dapat termasuk menjadikan kalian sebagai dropshipper ataupun reseller terhadap sebuah barang.
  • Paid Partnership. Sumber penghasilan yang ini biasanya kalian dapatkan dengan bekerjasama dengan sebuah brand untuk membuat video yang sudah kalian sepakati bersama.
  • Menjadi Streamer. Untuk yang ini, sudah pernah gue bahas bagaimana cara mendapatkan uang dari streaming, silahkan kalian baca sendiri caranya. 

Dari beberapa sumber penghasilan untuk video yang kalian buat, tentu memiliki strategi dan cara pembuatan konten video itu sendiri. Tergatung apa yang ingin kalian lakukan di channel youtube kalian. Untuk strateginya sendiri, akan gue bahas di artikel lainnya.

Promosi Dengan Tepat

Tips menghasilkan uang dari youtube berikutnya adalah dengan melakukan promosi yang tepat. Maksudnya seperti apa? Kalian harus tahu bagaimana cara melakukan promosi konten dimasing-masing platform yang kalian gunakan. Apakah menggunakan facebook, instagram atau twitter.

Platform yang kalian gunakan untuk melakukan promosi konten video yang kalian buat, tentu memiliki kriterianya tersendiri, seperti penjelasan gue dibawah ini:

  • Facebook. Apabila kalian menggunakan facebook untuk melakukan promosi konten yang kalian buat, pastikan kalian membuat pada waktu yang tepat. Biasanya, jeda posting yang kalian lakukan berbeda 6 jam untuk dilihat cukup banyak orang.
  • Instagram. Apabila kalian menggunakan Instagram, pastikan kalian bisa menceritakan apa yang kalian lakukan di video kalian pada bagian caption. Typical pengguna Instagram saat ini lebih menyukai tipe story telling pada bagian tersebut, tentu digabungkan dengan hashtag yang sesuai. Untuk menentukan hashtag, silahkan kalian riset hashtag sendiri ya.
  • Twitter. Apabila kalian melakukan promosi video menggunakan twitter, pastikan apa yang kalian lakukan dapat memancing interaksi untuk followers kalian. Entah menggunakan tanya jawab atau yang lainnya.

Tentukan Ingin Dikenal Sebagai Apa

Personal Branding

Tips untuk menghasilkan uang berikutnya adalah kalian harus menentukan kalian ingin dikenal sebagai apa pada channel youtube dan video yang kalian unggah di internet. Hal ini berkaitan dengan sumber penghasilan yang ingin kalian gunakan sebenarnya, namun dari semua sumber yang gue sebutkan diatas ada baiknya pikirkan hal ini terlebih dahulu.

Sebagai contoh yang terjadi pada channel youtube gue. Saat ini, orang akan mengingat gue sebagai seseorang yang suka membagikan trik sulap kartu dan juga melakukan review kartu yang beredar dipasaran. Ketika kalian sudah dikenal seperti itu, kalian bisa melakukan hal apapun untuk menghasilkan uang dari video youtube kalian.

Jangan Langsung Jualan

Ini tips paling penting untuk menghasilkan uang dari youtube yang harus kalian lakukan. Jangan langsung menjual apapun dalam video yang kalian buat, apalagi saat video pertama kalian unggah. Ada baiknya kalian membuat sebuah funnel mulai dari awareness, interest, engagement barulah sales.

Begitu juga dengan konten video youtube yang kalian unggah. Buat orang mengenal siapa kalian, apa yang kalian bisa, dll. Setelah itu, bikin konten yang membuat orang tertarik pada video yang kalian unggah. Buat orang berinteraksi diluar channel youtube atau video yang kalian buat, barulah kalian menjual sesuatu pada video kalian.

Sampai disini, semoga kalian bisa paham apa saja tips untuk menghasilkan uang dari youtube selain google adsense. Dengan begini, kalian tidak akan jenuh dalam membuat konten video pada channel kalian. Dibandingkan, kalian harus memikirkan bagaimana menghasilkan uang dari youtube saat pertama kalian membuat konten video.

2 Replies to “Tips Untuk Menghasilkan Uang Dari Youtube Selain Google Adsense”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *