Rekomendasi Tools SEO YouTube Untuk Kalian Gunakan

Tools SEO YouTube

Penting untuk kalian yang membuat konten di youtube mengatahui beberapa tools seo youtube untuk membantu perkembangan channel kalian. Tujuannya sudah pasti untuk menaikan jumlah subscribers ataupun jumlah viewers saat video kalian diupload. Karena hal itulah, gue mencoba memberikan beberapa rekomendasi tools seo youtube yang biasa gue gunakan untuk channel gue.

Tools SEO YouTube

Rekomendasi Tools SEO Youtube Untuk Digunakan

Kalau kalian belum pernah menggunakan atau tahu dengan tools seo youtube, artikel ini akan membantu kalian meningkatkan performa video kalan sendiri. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa gue kasih untuk kalian:

Google Trend

Salah satu tools seo yang gue gunakan untuk youtube ataupun blog ini adalah tools google yang bernama google trends. Kenapa gue menggunakan tools google trend ini?

  1. Untuk riset konten. Tentu sebelum kalian membuat konten youtube, kalian harus riset terlebih dahulu konten apa yang sedang trending atau banyak dicari pada waktu tertentu.
  2. Untuk perbandingan topik konten. Setelah kalian tahu konten apa yang akan dibuat, kalian pasti ingin membandingkan antara konten satu dengan yang lainnya. Tujuannya untuk memberikan gambaran topik mana sih yang lebih baik.

Untuk menggunakan tools seo youtube ini kalian bisa gunakan secara gratis. Kalian tinggal masuk ke halaman google trends kemudian cukup mengetik topik yang ingin kalian cari lalu persempit pencariannya pada kolom wilayah.

Selain untuk youtube, kalian juga bisa menggunakan google trends untuk melakukan optimasi seo blog yang kalian punya.

VidlQ

Selanjutnya, tools seo youtube yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan ektensi chrome bernama VidiQ. VidlQ sendiri punya beberapa kegunaan, yaitu untuk menaikan peringkat video dan juga bagaimana optimasi video youtube tersebut.

Saat kalian menggunakan tools seo youtube yang satu ini, kalian bisa mengetahui jumlah penonoton per jam kalian, engagement terhadap video kalian, bahkan bisa tahu kemungkinan video kalian masuk ke halaman pencarian youtube itu sendiri.

Untuk menggunakan tools seo youtube yang satu ini, sangat disayangkan tidak gratis. Kalian harus membayar paketnya mulai dari USD 7.50 per bulan untuk versi pro dan USD 30 per bulan untuk versi boost.

YouTube Analytic

Saat kalian menulis blog atau website, ada yang namanya google analytics. Begitu juga dengan youtube, ada yang namanya youtube analytics. Tools ini bisa kalian akses melalui youtube studio channel kalian sendiri. Kalian bisa baca artikel tentang youtube studio yang sudah gue buatkan.

Beberapa bagian penting yang perlu kalian tahu adalah semakin lama waktu tonton pada video kalian, makan akan semakin bagus juga dalam youtube analytics. Gak perlu takut untuk menggunakan tools seo youtube yang satu ini, karena tools ini gratis disediakan oleh youtube.

TubeBuddy

Sama halnya dengan VidlQ, kalian bisa menggunakannya sebagai ekstensi google chrome yang kalian gunakan. Tools seo youtube yang satu ini juga dapat diakses melalui smartphone kalian juga kok, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat artikel tubebuddy yang gue buatkan dengan lengkap.

Kalian bisa menggunakan tools seo yang satu ini secara gratis, tapi untuk fitur yang lebih lengkap kalian bisa berlangganan USD 9 – USD 49 per bulan tergantung fitur apa saja yang kalian gunakan nantinya.

Serpstat

Rekomendasi tools seo untuk youtube yang terakhir adalah Serpstat. Fungsi tools ini terbilang hampir mirp dengan google trend. Selain itu, tools ini memberikan beberapa fitur tambahan seperti  analisis backlink, research keyword dan lain sebagainya. Kalian bisa lihat sendiri pada halaman resmi mereka.

Menggunakan Serpstat kalian bisa menemukan kata kunci yang sesuai dengan video youtube yang kalian buat. Ditambah lagi kalian bisa mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan niche channel youtube kalian yang lebih potensial.

Dari 5 rekomendasi tools seo youtube yang gue sebutkan diatas, tubebuddy yang membuat gue nyaman ketika membuat konten video. Fitur yang cukup lengkap, bahkan saat menggunakan versi gratis yang mereka sediakan. 

Masih banyak tools yang bisa kalian gunakan kalau memang dirasa kurang dengan list yang gue berikan diatas. Beberapa rekomendasi diatas gue berikan berdasarkan pengalaman gue memakainya dan melihat perkembangan dari hasil saat melakukan optimasi video baik yang lama ataupun yang baru gue tayangkan. Silahkan ditambahkan ya kalau kalian ada tools seo youtube yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *