Cara Membersihkan Kaca Helm Motor Yang Mulai Buram dan Bergaris

Cara Membersihkan Kaca Helm Motor

Helm merupakan peralatan yang wajib digunakan bagi para pengendara motor, bagaimana cara membersihkan kaca helm motor yang setiap hari kalian gunakan ketika sudah mulai buram? Ketika hal kaca helm sudah buram dan cukup banyak goresan yang terjadi, hal ini akan membuat pandangan kalian tidak lagi bagus.

Membersihkan Kaca Helm Motor Yang Buram

Salah satu caranya adalah dengan mengganti kaca helm motor yang baru. Eits, jangan terburu untuk menggantinya kalau kalian masih bisa membersihkan kaca helm kalian yang sudah buram. Dibawah ini ada sedikit cara membersihkan kaca helm motor yang sudah mulai buram dan banyak goresan:

Siapkan Peralatan

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum membersihkan kaca helm motor kalian adalah peralatan. Untuk membersihkan kaca pada beberapa helm yang ada, kalian harus menggunakan obeng untuk membuka baut yang terdapat pada kaca. Selain itu, kalian harus menyipkan peralatan lainnya, yaitu:

  • Kain halus. 1 buah kain untuk kalian membersihkan kain dengan cairan pembersih kaca, dan 1 lainnya merupakan kain kering untuk membersihkan setelah dicuci.
  • Cairan pembersih. Kalian bisa menggunakan beberapa cairan yang dijual ditempat aksesoris  helm motor.
  • Wadah dan Air. Sebelum membersihkan kaca helm motor yang sudah buram, siapkan terlebih dahulu agar kalian tidak bolak-balik untuk membersihkannya.

Lepaskan Kaca Helm

Jangan pernah lakukan dengan terburu-buru untuk membersihkan kaca helm tersebut. Namun, jika dirasa tidak perlu melepaskan kaca helm untuk membersihkannyam kalian bisa biarkan terpasang dengan resiko bagian dalam helm kalian ikut menjadi basah.

Cuci Kaca Helm

Perlu diingat, ketika membersihkan kaca helm motor kalian yang sudah mulai buram ataupun masih bagus. Kalian perlu menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang ada didalam kaca helm tersebut tidak menambah bekas goresan yang disebabkan oleh gesekan pada kaca helm motor kalian.

Untuk kaca yang sudah mulai buram, kalian bisa rendam terlebih dahulu dalam wadah yang sudah disiapkan. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang lengket pada kaca helm kalian. Setelah itu, barulah membersihkan kaca motor tersebut dengan cairan yang kalian siapkan tadi.

Lap Dengan Kain Halus

Setelah proses diatas selesai, proses membersihkan kaca helm motor selanjutnya adalah dengan membersihkannya dengan kain halus yang kalian sediakan diawal tadi. Usahakan dengan kain microfiber yang benar-benar halus. Ini mencegah kaca helm kalian tergores saat membersihkannya.

Berikan Cairan Pembersih Kaca Helm

Setelah proses pengeringan tadi selesai, kalian harus memberikan cairan pembersih kaca helm motor yang sudah kalian siapkan. Tujuannya adalah untuk memberikan anti bakteri agar kaca helm motor kalian tidak mudah terkena jamur dan menyebabkan kaca menjadi buram.

Lap Secara Menyeluruh

Setelah semua proses selesai, silahkan kalian keringkan dengan menggunakan kain bersih lainnya yang sudah kalian siapkan. Lakukan hal ini dengan perlahan agar tidak ada bekas yang tertinggal dari proses pencucian yang kalian lakukan tadi. Untuk hasil yang lebih maksimal, silahkan kalian lakukan proses dari awal tadi beberapa kali.

Membersihkan Kaca Helm Motor Dengan Odol

Cara Membersihkan Kaca Helm Motor

Untuk beberapa kaca yang sudah mulai buram, kalian bisa menggunakan odol yang ada di kamar mandi kalian untuk membersihkan kaca helm motor kalian ini. Berikut ini cara membersihkan kaca helm motor dengan odol:

  • Lepas kaca helm agar lebih mudah dibersihkan. Pastikan odol yang kalian gunakan bukan berbentuk gel atau sejenisnya.
  • Oleskan odol ke bagian yang terjadi goresan pada kaca helm motor kalian.
  • Usap secara searah dengan sedikit menekan pada bagian kaca helm yang terkena goresan.
  • Diamkan beberapa saat hingga odol mengering.
  • Bersihkan bekas odol yang mengering dengan air bersih, kemudian lap dengan kain kering.

Apabila cara membersihkan kaca helm dari goresan diatas tidak membuat goresan hilang, itu pertanda goresan yang terjadi pada kaca helm sudah cukup dalam. Sehingga, kalian tidak bisa melakukan hal apapun selain mengganti kaca helm dengan yang baru. Kalian bisa baca beberapa tips merawat helm motor agar hal ini tidak terjadi.

Untuk mencegah agar kaca kalian tidak mudah tergores karena batu ataupun hal lainnya, kalian bisa menggunakan yang namanya tear off. Kalian bisa baca artikel gue yang lain mengenai tear off agar lebih detail.

Sekian dulu beberapa tips untuk membersihkan kaca helm motor kalian ini. Semoga kalian tahu bagaimana cara membersihkan kaca helm motor yang sudah buram atau tergores pada helm yang kalian gunakan saat ini.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA