Beberapa Tips Memilih Sepeda Harian Untuk Kalian Gunakan

Tips Memilih Sepeda Harian

Akhir-akhir ini sepeda mulai banyak digunakan untuk aktifitas harian penggunanya, ada beberapa tips dalam memilih sepeda harian untuk kalian agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian hari. Banyak kasus dimana ketika para pengguna pemula membeli hanya dikarenakan mengikuti trend yang berkembang dan menjual kembali sepeda yang sudah dibelinya.

5 Tips Memilih Sepeda Harian Untuk Digunakan

Daripada kalian menyesal kemudian karena salah memilih bahan yang digunakan seperti memilih bahan carbon padahal untuk digunakan hari tertentu saja, atau memilih merk united dengan harga yang cukup mahal, dll. Dibawah ini ada beberapa tips untuk para pemula yang ingin menggunakan sepeda untuk aktifitas harian kalian:

Lihat Merek Terlebih Dahulu

Betul sekali, yang paling pertama kalian lihat adalah merek. Ini akan berpengaruh pada harga sepeda yang akan kalian beli. Secara umum, ada beberapa merek yang bisa kalian pilih untuk sepeda harian kalian, diantaranya Polygon, United, London Taxi, Thrill, Pacific dan lain sebagainya.

Untuk para pemula, jangan langsung tergiur dengan harga yang murah namun mengenyampikan kualitas bahannya. Pastikan, kalian memilih sesuai dengan kantong kalian dan kebutuhan kalian seperti apa.

Kenali Jenis dan Ukuran Frame

Tips Memilih Sepeda Harian

Tips memilih sepeda untuk harian yang kedua adalah mengenai frame. Ada beberapa jenis dan ukuran frame yang bisa kalian lihat. Dari segi bahan, umumnya sepeda mountain bike (MTB) sudah memiliki standard menggunakan bahan Alloy atau Alluminium Alloy. Untuk penggunaan besi/steel, biasanya sudah cukup jarang beredar dipasaran.

Selain bahan, kalian juga harus tahu ukuran frame sepeda yang akan kalian gunakan sehari-hari. Sedikit panduan untuk memilih frame yang tepat untuk kalian seperti dibawah ini:

  • Apabila tinggi kalian dibawah 170cm, kalian bisa gunakan frame ukuran 16 inch atau S.
  • Apabila tinggi kalian diantara 171-175cm, kalian bisa gunakan ukuran 18 inc atau M
  • Apabila tinggi kalian diatas 176cm, kalian bisa gunakan ukuran 20 inch atau L.

Ada baiknya apabila kalian ingin membeli sepeda harian, silahkan datang langsung dan mencobanya agar tidak sia-sia. Kalian bisa melihat bahan seperti apa yang digunakan, apakah menggunakan besi atau aluminium alloy, ukuran frame bagaimana, warna dll. 

Ukuran Diameter Ban

Tips ketiga yang bisa kalian lakukan untuk memilih sepeda harian kalian adalah diameter ban. Secara umum, ada 3 ukuran diameter ban pada sepeda MTB ini, yaitu 26 / 27,5 / 29. Untuk ukuran standar biasanya ban yang digunakan 27,5 dan sudah cukup untuk penggunaan harian. Namun, apabila kalian cukup tinggi bisa memilih ukuran ban 29.

Group Setnya

Hal terpenting dalam memilih sepeda adalah group set. Biasanya, hal ini terdiri dari operan tangan, pengoper gigi depan, pengoper gigi belakang, gir dan juga bagian pedal. Untuk yang paling dikenal secara umum pada sepeda harian adalah merek Shimano.

Untuk sepeda harian merek polygon dan thrill terkenal mahal namun cukup disayangkan terbilang agak pikir-pikir pada bagian ini. Sedangkan Pacific dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda, mereka memberikan groupset yang agak sedikit lebih mahal. Semuanya, tergantung pilihan kalian ya.

Kenali Jenis Forknya

Terakhir adalah fork atau bagian suspensi. Secara umum, terbagi menjadi 2 tipe. Pertama, berisi grease atau pelumas dengan harga yang terbilang murah. Kedua, berisi angin atau yang biasa disebut air shock. Harganya terbilang cukup mahal, tergantung kalian ingin menggunakan tipe apa pada sepeda harian kalian.

Dari kelima tips memilih yang gue berikan diatas, kalian bisa cari mana yang terbaik. Apakah ingin menggunakan sepeda merek polygon dengan berbahan aluminium alloy untuk harian, atau menggunakan yang agak sedikit mahal dengan merek united atau london taxi.

Pesan gue, silahkan sesuaikan dengan budget yang kalian miliki atau bisa baca artikel sebelumnya yang sudah gue berikan terkait rekomendasi sepeda harian yang bisa kalian gunakan.

Sekian dulu 5 tips memilih sepeda yang bisa gue berikan untuk kalian. Kalau ada kekurangan dan ingin ditambahkan mengenai cara memilih sepeda harian menurut kalian, silahkan tuliskan dikolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *