Rumus Excel IF dan VLookup Jika Digabung Bersamaan, Begini Caranya!

Penggunaan Rumus Excel IF dan VLookup

Dalam penggunaan rumus excel, suatu saat kalian perlu untuk menggabungkan penggunaan rumus excel IF dan VLookup secara bersamaan. Masih cukup banyak yang belum mengerti untuk penggunaan keduanya jika digabungkan. Secara umum, kalian akan merasa cukup sulit dalam praktiknya. Namun, silahkan kalian lihat contoh dalam artikel ini.

Sebagaimana kita ketahui, fungsi if pada rumus excel atau yang lainnya berguna sebagai rumus logika pada suatu kondisi. Untuk lebih jelas terkait rumus excel IF ini, kalian bisa pelajari dari rumus IF tunggal sampai bertingkat.

Sedangkan rumus VLookup sendiri, hampir sama dengan rumus if excel yang kalian ketahui. Perbedaannya adalah untuk rumus vlookup tidak boleh menggunakan angka atau nilai yang sama pada suatu kolom atau cell. 

Contoh Rumus VLookup

Rumus Excel IF dan VLookup

Berikut ini contoh penggunaan rumus vlookup secara bersamaan:

Pada gambar diatas, terdapat data yang berisi mulai dari Nama, ID, Tanggal Lahir dan No KTP yang kita asumsikan sebagai sebuah data master. Untuk memudahkan, saya berikan tanda yang berbeda pada setiap kolom diatas.

Penjelasan rumus excel dari gambar diatas:

  1. Rumus excel yang berwarna kuning digunakan untuk mencari No. ID dari yang memiliki nama Agus. Sehingga, untuk melakukan hal tersebut rumus excel yang digunakan adalah =VLOOKUP(B11;$B$4:$F$7;2). Dimana untuk menyatakan no urut kolom yang ada pada tabel bagian no ID.
  2. Rumus kedua adalah rumus yang saya beri warna Hijau. Dimana rumus ini berfungsi untuk mencari tanggal lahir dari yang memiliki nama Tono. Sehingga, kalian bisa menggunakan rumus sebagai berikut =VLOOKUP(B11;$B$4:$F$7;3). Angka tiga menyatakan no urut yang tercantum pada tabel bagian tanggal lahir.

Pertanyaannya adalah bagiamana jika kita menggabungkan rumus excel IF dengan vlookup? Berikut ini contoh penggunaannya:

Penggunaan Rumus Excel IF dan VlookUp

Setelah kalian mengetahui dua rumus excel yaitu rumus excel if dan juga vlookup, sekarang gue akan ajarkan apabila kedua rumus excel tersebut digabungkan. Pada gambar diatas dua table yang kita gunakan.

Tabel sebelah kiri kita gunakan sebagai tabel sumber, dan tabel yang sebelah kanan adalah tabel yang menggunakan rumus excel IF dan vlookup:

  1. Silahkan buat dta master sesuai dengan yang saya beri nama DATA.
  2. Gunakan sheet lain untuk memunculkan hasil sebagai penggunaan rumus excel IF dan vlookup.
  3. Gunakan rumus seperti berikut:
 =IF(B3=VLOOKUP(B3;DATA!$B$3:$E$6;1);
VLOOKUP(B3;DATA!$B$3:$E$6;4);
"Cek Nama")

Apabila kalian perhatikan gambar diatas, jika kalian emasukan nama Dedi maka yang akan dihasilkan adalah “cek nama”. Itulah cara penggunaan rumus excel if  yang digabungkan dengan rumus vlookup yang bisa kalian gunakan dan praktikan.

Kalau masih ada yang kurang jelas, silahkan kalian tanyakan terkait rumus excel if dan vlookup yang gue berikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *