Tips Memilih Charger Smartphone Yang Tepat Untuk Digunakan

Memilih Charger Smartphone

Ukuran volt yang tepat saat memilih charger smartphone yang kalian gunakan saat mengisi daya, akan membuat proses pengisian daya lebih cepat. Selain proses pengisian daya yang lebih cepat, tentu apabila kalian melihat ukuran charger yang tertera akan membuat smartphoone kalian tidak cepat rusak karena perbedaan volt dengan charger original.

Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas Bagus

Biasanya, kalian akan mengganti charger hp kalian disaat charger original yang kalian dapatkan saat pembelian sebuah smartphone telah rusak. Untuk menggantinya, silahkan kalian ikuti cara memilih charger smartphone (HP) dibawah ini agar smartphone kalian tidak cepat rusak:

Lihat Pengisi Daya

Salah satu cara memilih charger HP yang terbaik adalah dengan memilih pengisi daya yang memiliki amplifier nyata. Bagaimana cara melihatnya? Untuk melihat hal ini, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi Android yang bisa didapatkan gratis dari Google Play store kalian masing-masing.

Cukup banyak beredar di internet untuk aplikasi yang gue sebutkan diatas. Tentu, penggunaan aplikasi ini untuk melihat seberapa besar volt yang dihasilkan saat melakukan proses pengisian daya pada hp yang kalian gunakan.

Melihat Spesifikasi Ampere

Cara memilih charger yang bisa kalian lakukan berikutnya adalah dengan melihat spesifikasi ampere yang tertera pada charger yang akan kalian beli. Semakin besar ampere yang diberikan, maka akan semakin cepat pula proses pengisian daya pada baterai hp kalian.

Untuk diperhatikan, apabila ampere bisa kalian naikan besarannya. Sedangkan volt tidak bisa kalian ubah, karena satuan volt adalah paten. Pada semua jenis perangkat sebenarnya telah ditentukan satuan voltnya, namun satuan ampere dapat dirubah sesuai kebutuhan si perangkat tersebut.

Jangan Cari Murah

Memilih Charger Smartphone

Tips memilih charger berikutnya dan yang terakhir adalah dengan tidak membeli charger dengan harga yang lebih murah. Bahkan, banyak yang menjual charger HP dengan harga yang jauh dari harga charger original yang kalian miliki.

Setiap harga charger yang kalian lihat, biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas dari charger tersebut. Selain itu, apabila kalian melihat proses pengisian daya saat menggunakan charger dengan harga murah akan terkesan kurang baik.

Selain itu, kalian juga harus benar-benar memperhatikan tulisan pada charger terutama voltage pada charger itu. Apabila tidak sesuai dengan charger original yang kalian gunakan, usahakan jangan membelinya karena akan membuat smartphone kalian cepat rusak.

Permasalahan Karena Salah Memilih Charger HP

Biasanya, apa sih yang akan terjadi ketika kalian salah menggunakan charger pada HP kalian? Berikut ini beberapa permasalahan yang akan terjadi:

Pengisian Daya Terlalu Lama

Permasalah yang sering terjadi adalah proses pengisian daya pada smartphone kalian akan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena nilai ampere pada charger terlalu kecil, sedangkan kapasitas baterai hp kalian cukup besar.

Selain karena ampere atau volt, yang menyebabkan pengisian daya menjadi lama bisa disebabkan oleh kabel USB. Kalian bisa mencoba untuk mengganti kabel USB dengan yang lain apabila ini masih terjadi saat menggunakan charger original. 

Layar Sentuh Bergerak Sendiri

Pada umumnya, kondisi ini terjadi karena nilai ampere yang kalian gunakan pada charger terlalu besar. Tetapi, bisa juga terjadi karena nilainya terlalu kecil. Apabila ampere kalian tidak stabil saat melakukan proses pengisian daya pada smartphone kalian, maka dapat mengakibatkan layar smartphone kalian bergerak sendiri.

Jadi, sampai disini kalian sudah tahu ya bagaimana cara memilih charger yang berkualitas untuk kalian gunakan pada HP kalian? Kalau cara diatas masih ada yang kurang, tulis dikolom komentar ya bagaimana cara kalian untuk memilih charger smartphone yang akan kalian gunakan sehari-hari.