Review Helm KYT NX Race Untuk Harian Berdasarkan Pengalaman Gue!

Setelah kurang lebih 5 tahun menggunakan helm full face NHK, akhirnya gue memutuskan untuk membeli helm kyt nx race untuk digunakan sebagai pengganti helm harian gue saat ini. Ada beberapa pertimbangan saat memilih tipe helm yang akan gue gunakan, mulai dari bobot helm, ukuran helm sampai tali pengikat helm yang disematkan pada helm kyt nx race ini.

Review Helm KYT NX Race

helm kyt nx race

Sebenarnya, ada cukup banyak jenis helm kyt yang bisa gue gunakan dengan dana yang mendekati harga helm kyt nx race ini. Tapi, seperti yang gue bilang diatas ada cukup banyak pertimbangan yang gue pikirkan saat itu. Mulai dari berat helm kyt nx race yang hanya 1.350g+50 seperti yang tercantum pada helm, sampai tali pengikat helm yang sudah menggunakan tipe ddring.

Selain itu, visor helm kyt nx race sudah menggunakan tipe visor flat yang membuat pandangan gue semakin luas tanpa harus takut ada perbedaan pandangan saat menutup kaca helm dengan membuka kaca helm tersebut.

Tingkat Keamanan Helm NX Race

Mari kita review helm kyt nx race dari hal yang pertama, tingkat keamanan helm ini. Seperti kita ketahui bersama sesuai dengan nama helm ini, memang diperuntukan untuk keperluan balap. Oleh karena itu, helm ini bisa dibilang lebih aman dibandingkan dengan tipe helm kyt biasa meskipun jenis helm kyt nx race ini dibuat secara massal.

Selain itu, karena diperuntukan untuk kegiatan balap. Helm ini sudah dilengkapi dengan emergency release yang memungkinkan untuk membuka busa secara langsung ketika kita mengalami kecelakaan dan mengharuskan menjaga leher tetap pada posisinya.

Selain hal itu, ukuran busa yang digunakan terbilang cukup baik dan membuat kepala kita tetap aman karena benar-benar menggunakan ukuran yang sesuai. Untuk saat ini, gue menggunakan ukuran M pada helm helm kyt nx race, yang dimana ukuran tersebut untuk lingkar kepala yang memiliki ukuran 57cm – 58cm. Untuk hal ini, kalian bisa melihat tips memilih helm yang gue berikan.

Tingkat Kenyamanan Saat Digunakan

Hal kedua yang gue rasakan saat menggunakan helm kyt nx race ini adalah tingkat kenyamanan yang diberikan oleh pihak KYT sendiri, mulai dari busa, tingkat kebisingan, fitur visor lock dan tear off post yang disematkan pada kaca helm kyt nx race.

Mari kita bahas dari busa helm kyt nx race. Hal yang gue rasakan ketika menggunakan helm kyt nx race ini dengan menggunakan balacalava bahannya terbilang akan lebih kesat dibandingkan tidak menggunakan balacalava.

Berbeda pengalaman gue ketika menggunakan ukuran yang terbilang cukup press pada bagian kepala saat tidak menggunakan balacalava. Busa pipi terasa lebih lembut dan halus saat menyentuh pipi kalian. Bahkan, ketika kalian berkeringat bahan yang terbuat pada bagian busa kepala atas cukup menyerap keringat. Ini mengharuskan kalian untuk rajin mencuci busa helm apabila tidak mengguakan balacalava.

Bagaimana dengan tingkat kebisingan, visor dan fitur lainnya? Menurut gue pribadi, KYT NX Race sendiri terbilang tidak terlalu bising ketika kaca helm tertutup rapat dan menggunakannya pada kecepatan yang sedikit lebih cepat, 80km/jam. Untuk fitur visor lock, terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan tenaga lebih saat menutupnya.

Bobot & Bahan Helm Yang Ringan

Review helm kyt nx race berikutnya adalah terkait dengan bobot helm itu sendiri. Seperti gue bilang diatas, bobot helm nx race hanya 1.350g + 50 sesuai yang tertera pada bagian belakang helm. Ketika helm kyt nx race untuk digunakan untuk harian, hal yang gue rasakan terbilang cukup ringan. Padahal, bahan yang digunakan pada helm ini belum menggunakan bahan carbon.

Untuk kalian ketahui, helm ini memiliki 2 jenis bahan yang digunakan. Pertama adalah bahan carbon dan yang kedua adalah tri composite fibre (gabungan kevlar, fibreglass dan carbon), helm yang gue gunakan saat ini, bukan helm kyt nx race carbon.

Hal diatas adalah beberapa hal yang bisa gue berikan sebagai pengalaman saat menggunakan helm balap kyt untuk harian ini. Sebenarnya, ada tipe helm kyt yang bisa digunakan untuk harian dan bukan berjenis tipe balap, yaitu KYT NFR. Apa perbedaan antara kedua tipe helm ini?

Perbedaan NX Race dan NFR

Perbedaan NX Race dan NFR
source: kotakhelm.com

Ada beberapa perbedaan kyt nx race dengan kyt nfr, beberapa diantaranya adalah seperti dibawah ini yang bisa kalian ketahui:

Material Shell Helm

Seperti yang gue bilang diatas, material yang digunakan pada kyt nx race ada 2 jenis. Pertama adalah full carbon dan yang kedua menggunakan tri composite fibre (gabungan kevlar, fibreglass dan carbon). Sedangkan pada helm kyt NFR, bahan material yang digunakan adalah thermoplastic resin. Hal ini membuat bobot helm kyt nfr mencapa 1.600g.

Ventilasi Helm

Ventilasi adalah hal yang membuat kalian lebih nyaman saat menggunakan helm. Kedua helm ini memiliki posisi ventilasi yang sama, namun yang membedakan ventilasi nx race dengan nfr adalah pada posisi bagian jidat. Untuk kyt nx race sendiri sudah dilengkapi pada bagian tersebut, sedangkan pada nfr belum ada.

Visor Helm

Kedua helm ini sama-sama sudah menggunakan visor flat pada bagian helm tersebut. Jadi, keduanya sudah memungkinkan untuk menggunakan tear off post dan juga antifog untuk menghilangkan embun saat hujan. Kalian bisa baca pengalaman gue menggunakan antifog pada helm yang gue miliki sebelumnya.

Perbedaan dari visor pada kedua helm ini hanyalah penggunakan double visor. Karena memang peruntukannya untuk balap, kyt nx race tidak dibekali oleh double visor seperti pada helm kyt nfr yang memang peruntukannya digunakan untuk harian kalian.

Sertifikat Keamanan

kedua helm ini sama-sama sudah berstandar SNI, namun untuk KYT NX Race tidak hanya SNI tetapi juga sudah ECE approved yang artinya sudah berstandar helm race. Ini diperlukan untuk semua pembalap yang akan berlaga pada ajang balapan resmi. Itulah mengapa, gue bilang diatas tingkat keamanannya sudah terjamin.

Tali Pengikat Helm

Ini yang membedakan antara KYT NX Race dengan NFR. Penggunaan tali pengikat seperti yang gue bilang, nx race sudah menggunakan ddring sedangkan nfr masih menggunakan tipe microlock yang biasa digunakan untuk helm harian ataupun touring santai. Lebih aman mana? Menurut gue pribadi, menggunakan ddring lebih aman, itulah mengapa helm gue yang dulu gue ganti tali pengikatnya.

Spesifikasi Helm KYT NX Race

Merk: KYT
Model: NX Race
Tipe Helm: Full Face
Berat: Full Carbon 1.3Kg, Tri Composite Fibre 1.35Kg
Tahun Rilis: 2018
Manufacture: Indonesia
Kisaran Harga: 2.700.000 – 3.700.000
Size: S,M,L,XL
Strap: Double D Ring
Tipe Visor: Flat Visor
Warna Visor: Clear, Dark Smoke
Visor Lock: Yes
Tear Off Ready: Yes
Antifog Ready: Yes
Standar Keamanan: DOT, SNI
Removable Liner: Yes
Removable Cheek Pads: Yes

Sampai disini, semoga kalian bisa mendapatkan dengan cukup review helm kyt nx race yang gue gunakan saat ini. Pilihan ada ditangan kalian, apakah ingin menggunakan helm kyt nx race yang memiliki harga 3-4jutaan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *